alexametrics
25.9C
Malang
Friday, 22 January 2021

Jantung Berdebar Usai Ngopi? Begini Cara Mengatasinya

RADARMALANG – Kafein pada kopi mampu merangsang sistem saraf pusat sehingga akan memicu jantung berdebar lebih cepat. Bahkan pada penderita asam lambung, mengonsumsi kopi akan menimbulkan sesak nafas. Kondisi ini disebut dengan palpitasi.

“Jantung berdebar dengan cepat yang diakibatkan oleh kafein ini dinamakan palpitasi, agar tubuh merasa rileks pasca minum kopi, olahraga bisa menjadi pilihan,” ujar dr Suci Dwi Putri, mengutip dari Klikdokter, Rabu (13/1).

Laman American Academy of Sleep Medicine, Rabu (13/1) menyebut, efek kafein akan bertahan 3-5 jam sejak pertama kali masuk ke dalam aliran darah. Periode ini disebut waktu paruh, yaitu lama waktu yang dibutuhkan tubuh untuk menghilangkan sebagian zat yang dikonsumsi.

Jika seseorang yang mengonsumsi 40 mg kafein, maka ia akan memiliki 20 mg sisa kafein di dalam tubuh setelah 5 jam. Kafein yang tersisa inilah yang kemudian dapat bertahan lama di tubuh kita. Namun, efeknya akan memuncak setelah 15 sampai 45 menit dikonsumsi.

Oleh karena itu, di waktu itu orang akan merasa gelisah atau merasa bersemangat. Gejala ini akan hilang ketika kafein sudah hilang atau diolah oleh tubuh.

Penulis : Khrisna Ambar

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Wajib Dibaca