Untuk menghentikan penyebaran virus corona, pemerintah menganjurkan bagi perusahaan dan juga sekolah untuk melakukan Work Form Home.
Dibutuhkannya media untuk menyambungkan orang satu dengan lainnya membuat zoom menjadi salah satu aplikasi alternatif layanan obrolan video yang banyak membantu selama WFH. Namun belakangan ini maraknya berita mengenai sistem keamanan zoom yang rentan membuat banyak pengguna zoom cemas.
Pihak Zoom sendiri mengakui adanya celah keamanan. CEO Zoom Eric S. Yuan menanggapi temuan masalah keamanan dan privasi yang muncul beberapa waktu belakang ini dan mengakui dirinya salah langkah. Hal ini disampaikan dalam sebuah wawancara yang dikutip The Verge, Minggu (5/4/2020). Yuan mengatakan, “kami bergerak terlalu cepat dan kami salah langkah. Kami telah mempelajari dan kami telah mengambil langkah mundur untuk fokus pada privasi dan keamanan.”
The Intercept juga melaporkan bahwa aplikasi ini ternyata tidak melakukan enkripsi untuk panggilan video yang dilakukan pengguna. Hal tersebut juga dikonfirmasi oleh juru bicara Zoom. Menurutnya, sistem keamanan Zoom hanya mengandalkan protokol Transport Layer Security (TLS).
Jika ragu dengan keamanan Zoom, menghapus akun bisa menjadi salah satu pilihan. Cara menghapus akun zoom tidaklah sulit, berikut langkah langkahnya.
1. Kunjungi situs zoom lalu log in ke akun yang dimiliki.
2. Setelah itu pilih menu admin yang ada di sidebar kiri. Kemudian klik account management.
3. Pilih account profile.
4. Selanjutnya akan muncul opsi terminate my account, klik opsi tersebut. 5. Pilih yes untuk mengonfirmasi bahwa setuju untuk menghapus akun zoom.
Penghapusan tersebut akan dilakukan secara permanen.
5. Setelah itu kita kan diperlihatkan pesan bahwa penghentian akun Zoom berhasil.
Untuk pengguna Zoom gratis, dapat menghapus akun Zoom kapan saja. Namun untuk pengguna Zoom berbayar atau berlisensi, harus membatalkan langganan mereka sebelum dapat mengakhiri akun mereka.
Namun sebenarnya tidak perlu memiliki akun zoom jika sebagai peserta meeting. Hanya tinggal klik join a meeting di aplikasi zoom, kita sudah bisa terhubung.
Penulis : Nabella Devitta