alexametrics
Friday, August 14, 2020

Semester I Hanya Realisasi 31 Persen, Target Pajak di Kota Batu Pesimistis Tercapai

- Advertisement -
- Advertisement -

KOTA BATU – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kota Batu pesimistis target pajak tahun ini sebesar Rp 250 miliar bisa dipenuhi. Hingga semester l-2020, realisasi penerimaan pajak hanya mencapai 31,65 persen atau Rp 79,1 miliar dari target. Faktor pandemi virus korona (Covid-19) menjadi penghalang utama realisasi capaian pajak di Kota Batu.
Kepala KPP Pratama Kota Batu Dwi Ismurdiono mengakui jika penurunan realisasi pajak ini disebabkan karena pandemi Covid-19. ”Ya, tentu penyebab utamanya karena ada pandemi Covid-19. Sebab, penerimaan utama KPP Pratama Batu adalah di bidang pariwisata,” ujar Dwi.
Menurut dia, usaha pariwisata di Kota Batu dalam beberapa bulan terakhir sempat tutup karena menghindari penyebaran virus Covid-19. “Dengan begitu, otomatis tidak ada pembayaran dari wajib pajak tersebut,” tandasnya.
Selain itu, Dwi melanjutkan, masih rendahnya realisasi juga karena adanya relaksasi pembayaran pajak dari pemerintah. Meski begitu, pihaknya tetap berupaya mengoptimalkan capaian pajak dengan tetap menagih WP yang tidak terdampak pandemi.
Dwi berharap, kondisi sulit ini segera pulih supaya perekonomian bergerak lagi. Dengan begitu, setidaknya target tidak terlalu jeblok.
Dia mengatakan, selama ini realisasi pajak sesuai target memang cukup sulit. Seperti tahun lalu, hanya teralisasi 91 persen atau sekitar Rp 170,6 miliar. “Prognosis sampai akhir tahun realisasinya sekitar 68-70 persenan dari target,” kata Dwi.
Seperti diketahui, dari data Direktorat Jenderal Pajak Jatim III, capaian KPP Pratama Batu pada semester pertama di 2020 capaian pajak Rp 79.148.606.264 (Rp 79,1 miliar). Capaian tersebut dari total wajib pajak (WP) 15.593 WP. Dengan rincian, jumlah WP badan 689, WP orang pribadi (OP) karyawan 12.157, dan WP OP nonkaryawan 2.747.
Pewarta: Ulfa Afrian
Foto: Dokumen JPRM
Editor: Hendarmono Al Sidarto

- Advertisement -

Latest news

Kaget Pengumuman Dimajukan, Peserta SBMPTN Deg-degan

“Deg-degan sampai sekarang. Tahu informasi perubahan dari internet,” kata gadis asal Kelurahan Sawojajar, Kota Malang ini kepada Radar Malang, Kamis (13/8).
- Advertisement -

Layanan Medis Komprehensif RSPH Raih Predikat Terbaik di RMA 2020

Rumah Sakit Prima Husada (RSPH) berhasil menyabet penghargaan sebagai “Type C Hospital with The Most Comprehensive Healthcare Facilities” di Radar Malang Award 2020. Penghargaan diberikan Kamis (13/8) oleh Direktur Radar Malang Kurniawan Muhammad, kepada Komisaris Utama PT Disa Prima Medika (RSHP), dr Sadi Hariono MMRS didampingi Direktur Utama PT Disa Prima Medika Endang Susilowati.

Bawa 32 Tabung Elpiji dan Bensin, Espass Meledak Bakar Pengemudi

Mobil bernopol N 541 DR tersebut tengah mengangkut 32 tabung gas elpiji ukuran 3 kilogram dan 2 buah jeriken berisi bensin.

OJK Malang: Per 30 Juli, Kredit 282.510 Nasabah Direstrukturisasi

Kepala OJK Malang Sugiarto Kasmuri merinci, dari total nilai restrukturisasi kredit tersebut, industri perbankan di wilayah kerja OJK Malang menyasar 85.402 debitor dengan total baki debet sebesar Rp 8,58 triliun.

Related news

Cara Video Call ‘Keroyokan’ di WhatsApp Web Sampai 50 Akun

WhatsApp Web telah memperbarui aplikasi menjadi versi 2.2031. Seri terbaru ini Dilengkapi fitur pintasan yang memudahkan pengguna untuk video call dengan menggunakan messenger rooms.

4 Zodiak yang Susah Minta Maaf, Check!

Jika kita melakukan suatu kesalahan sudah sewajarnya meminta maaf bukan? Tapi mengakui sebuah kesalahan juga memerlukan keberanian yang besar. Maka tidak semua orang bisa dengan mudah mengucapkan minta maaf. Dikutip dari Womentalk, Rabu (12/8), berikut sederet zodiak yang terkenal sulit untuk mengucapkan maaf. Mungkin Anda salah satunya?

Gathering Sambil Beramal, Cara DCAB ID Malang Rayakan Anniversary

PASURUAN - Komunitas pecinta mobil double cabin Indonesia, DCAB ID merayakan anniversary-nya yang ke-6 di Kebun Raya Purwodadi, Sabtu (8/8) dan Minggu (9/8). Selama dua hari, ada berbagai aktivitas yang dilakukan anggota komunitas.

Sukses Cetak Rekor Dunia, BTS Siap Comeback!

RADARMALANG - Penantian ARMY akhirnya terjawab, bulan depan BTS bakal comeback ke layar lebar lewat film keempat mereka "Break the Silence: The Movie"
- Advertisement -