alexametrics
28.8 C
Malang
Saturday, 13 August 2022

Pemilik Bisnis Harus Sederhanakan Proses Bisnisnya, Apa itu Sistem ERP?

Meta: kini, sistem ERP sudah banyak digunakan oleh beberapa perusahaan di Indonesia. Namun, apa itu ERP? Seperti apakah manfaat dan keuntungan menggunakannya? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Pengertian, Manfaat, dan Keunggulan Sistem ERP di Indonesia

Yang memudahkan proses bisnis Anda saat ini adalah ERP Indonesia. Karena teknologi kini semakin berkembang lebih pesat. Oleh karena itu, pemilik bisnis harus dapat menggunakan teknologi untuk menyederhanakan proses bisnisnya.

Semakin besar perusahaan, semakin kompleks proses bisnis yang ada secara alami. Perencanaan dan manajemen antar departemen harus seimbang dengan hati-hati. Salah satu hal yang dapat mempermudah proses bisnis adalah penggunaan sistem ERP.

Anda perlu memahami apa itu sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), memahami ERP, dan memahami penggunaan atau fungsionalitas ERP yang biasa digunakan oleh perusahaan besar. Ada banyak keuntungan dari sistem ini. Jadi seperti apa sajakah itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Sistem ERP Indonesia

Kini, Anda harus memahami apa itu sistem ERP secara umum. ERP Indonesia merupakan kepanjangan dari Enterprise Resource Planning. Sistem ini biasanya digunakan untuk berbagai perencanaan internal, termasuk keuangan, logistik, bakat, penjadwalan, dan penggajian.

Dengan pemahaman tersebut, tentunya sudah jelas apa itu ERP. ERP memiliki tiga komponen: perusahaan adalah perusahaan, sumber daya adalah sumber daya, dan perencanaan berarti perencanaan.

Definisi lain dari ERP adalah perangkat lunak dengan banyak fitur bawaan yang membantu Anda mengelola manufaktur, keuangan, alokasi tenaga kerja, dan banyak lagi, menjaga perusahaan Anda selalu  efisien, gesit, dan menguntungkan.

Software ERP Indonesia

Sering kali banyak orang yang bertanya, apakah itu software ERP? Perlu dipahami bahwa perangkat lunak ERP merupakan sebuah aplikasi perencanaan sumber daya perusahaan. Software ini biasanya berbasis website atau desktop, dan kedua versi tersebut memiliki keunggulan masing-masing.

Salah satu keunggulan software ERP berbasis web adalah tidak perlu diinstal dan dapat diakses dari mana saja menggunakan laptop, PC, atau smartphone. Manfaat perangkat lunak ERP berbasis desktop termasuk kecepatan akses yang unggul dan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Sistem ERP sudah terkenal di berbagai negara dengan teknologi canggih. Jadi jangan ragu untuk menerapkan sistem ini, meskipun perusahaan baru saja merintisnya. Memperkenalkan sistem yang andal sejak awal akan membuat segalanya lebih mudah di masa depan.

Manfaat dan Fungsi ERP

Kini, banyak sekali perangkat lunak ERP Indonesia dan secara tidak langsung membantu sebuah perusahaan untuk beralih dari metode tradisional ke sistem yang memudahkan operasional bisnisnya.

Sistem ERP ini berhasil untuk menggantikan sistem terpisah ini dan dirancang untuk diintegrasikan agar pengelolaannya lebih efektif dan efisien. Sejak 1960-an, ERP telah menjadi  teknologi terkenal yang diinginkan perusahaan untuk lebih kompetitif.

Kemudian di 1990, ERP secara luas diakui sebagai sistem dengan lebih banyak fungsi manajemen serta operasional. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh perusahaan dari keberhasilan penerapan sistem ERP:

1. Integrasi Serta Akurasi Data yang Lebih Baik

Ada berbagai modul serta submodul dalam sebuah sistem ERP dan dapat mewakili berbagai komponen bisnis tertentu. Jika data dimasukkan dalam satu modul, maka data yang lainnya akan diperbarui secara otomatis.

Update ini dapat dilakukan secara real time atau langsung pada saat transaksi. Anda tidak perlu memasukkan data di modul lain karena Anda hanya perlu memasukkan data satu kali selama transaksi. Oleh karena itu, Anda dapat menghilangkan kebutuhan untuk beberapa entri data.

Selain itu, kemungkinan kesalahan tipe data dan duplikasi data dapat diminimalisir. Struktur database terpusat juga dapat meningkatkan manajemen dan keamanan serta mencegah hilangnya data penting.

2. Bagus Untuk Perencanaan dan Manajemen Sistem Informasi

Ada sebuah alat pendukung keputusan yang sangat baik dalam sebuah sistem ERP Indonesia.

Misalnya, alat perencanaan serta simulasi yang bisa membantu dalam melakukan manajemen sistem informasi serta menggunakan sumber daya seperti personel, material, mesin, dan peralatan kerja dengan cara yang lebih tepat pada sasaran.

Kemudian ketika menyajikan laporan, sistem ERP ini bisa menghasilkan sebuah laporan standar yang sangat dibutuhkan oleh setiap administrator. Bahkan, administrator dapat mengakses laporan setiap saat sesuai dengan kebutuhannya.

3. Meningkatkan Efisiensi serta Produktivitas

Tidak hanya soal perencanaan administratif perusahaan yang menjadi lebih baik, sistem perencanaan sumber daya perusahaan juga bisa meningkatkan pada efisiensi kegiatan sehari-hari.

Diantaranya adalah seperti pengiriman, pemesanan, kinerja pada pemasok. quality control, realisasi penjualan, dan lain sebagainya. Sistem ERP Indonesia bisa dengan mudah untuk mengurangi waktu siklus penjualan tunai dan pembayaran ke pemasok.

4. Membentuk Standarisasi Prosedur

Pada dasarnya, sistem ERP berfokus pada proses praktik terbaik internasional yang kemudian diadopsi oleh banyak organisasi yang menerapkannya pada perusahaan masing-masing.

Dengan ini, pekerjaan Anda akan lebih terstruktur dan independen dari orang atau karyawan tertentu. Sistem ERP perusahaan dapat menjadi lebih efisien serta efektif.

5. Menjembatani Hubungan Pelanggan dengan Perusahaan

Keuntungan berikutnya menggunakan perencanaan sumber daya perusahaan adalah dapat menjadi jembatan untuk mengelola hubungan  pelanggan. Informasi pelanggan dapat dipusatkan untuk akses yang lebih cepat.

Kehadiran ERP Indonesia juga bisa menjadi perpanjangan tangan dari creative marketing. Selain itu, melihat sistem yang ada secara otomatis memantau aktivitas saluran penjualan dan manajemen produk.

6. Keamanan Data Perusahaan Meningkat

Perangkat lunak ERP memang bisa digunakan banyak orang dari departemen lain, namun hal tersebut bisa dengan mudah dipantau secara terpusat di jalan masuk. Ada administrator yang mengelola data untuk memungkinkan akses pemangku kepentingan dengan akses terbatas.

Oleh karena itu, jika data tersebut sensitif dan penting, tidak semua data dapat dilihat oleh departemen lain. Perangkat lunak ERP juga dapat menampilkan data aktivitas pengguna untuk melihat aktivitas apa yang sedang dilakukan dalam perangkat lunak.

7. Membuka Peluang Bisnis

Pada perangkat lunak ERP, ada beberapa hal yang tersedia seperti laporan yang lengkap dan juga akurat, soal pantauan real time dari sumber daya material yang digunakan, sumber daya manusia, mesin, dan lain sebagainya.

Ini dilakukan untuk membantu manajemen merencanakan operasi bisnis di masa depan. Maka dari itu, ERP bisa digunakan untuk memudahkan manajemen dalam mengambil keputusan tentang perkembangan bisnis perusahaan.

8. Menghemat Biaya Operasional Perusahaan

Perlu dipahami bahwa ERP bisa membantu untuk mengurangi biaya operasional sebuah perusahaan karena perangkat lunak ini bekerja secara otomatis dan juga cepat.

Maka dari itu, perusahaan tidak akan mengeluarkan biaya untuk tenaga kerja agar melakukan pendataan secara manual.

Selain itu, berbagai aktivitas seperti pengiriman, pemesanan, memantau kinerja pemasok, pemeriksaan kualitas, serta pembayaran pada pemasok perusahaan dapat disederhanakan sekaligus.

Industri yang Menggunakan ERP 

Setiap bisnis dalam skala kecil atau pun perusahaan besar ternayta menggunakan perencanaan sumber daya perusahaan untuk mengoptimalkan alur kerjanya. Solusi ERP ini juga bisa digunakan pada berbagai jenis industri. Maka dari itu, beberapa industri yang biasanya menggunakan sistem ERP adalah:

  1. Manufaktur
  2. Ritel
  3. Distribusi
  4. Farmasi
  5. Teknologi
  6. Konstruksi
  7. Perhotelan
  8. Pertahanan

Sebuah perangkat lunak dapat disesuaikan atau dikonfigurasi untuk memenuhi persyaratan khusus industri. Tergantung pada industri Anda, ada juga  solusi perencanaan sumber daya perusahaan khusus yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Seperti contohnya jika sebuah perangkat lunak penjualan serta manufaktur disertakan dalam rangkaian perencanaan sumber daya perusahaan.

Keuntungan menggunakan solusi khusus ini untuk distributor atau pabrikan adalah bahwa dengan sistem khusus ini, ada lebih sedikit koordinasi dan konfigurasi untuk menjalankan dan menjalankan sistem.

Berbagai Jenis Sistem ERP

Sistem berbasis ERP ternyata bisa bersumber dari banyak instalasi lokal, solusi berbasis cloud, atau malah dengan kombinasi keduanya.

Sementara, beberapa perusahaan menawarkan metode instalasi atau penerapan hybrid, dan ada juga yang mulai memindahkan solusi tersebut ke dalam sistem berbasis cloud. Hal ini sesuai dengan kecenderungan pembeli. Berikut ini adalah berbagai jenis sistem ERP Indonesia:

1. Sistem On-Premise

On Promise ERP  merupakan sistem yang langsung diinstal pada server yang dimiliki serta dikelola oleh sebuah perusahaan. Dengan kata lain, Anda bertanggung jawab pada pemeliharaan sistem ini.

2. Sistem Cloud

Sistem Cloud ERP digunakan melalui Internet, sehingga pengguna dapat mengakses sistem kapan pun mereka terhubung ke Internet.

Penyedia berbasis cloud biasanya menyebarkan pembaruan serta menangani pemeliharaan sistem. Berbagai opsi penyebaran dan hosting berbasis cloud tersedia-ikhtisar singkat di bawah ini:

a) SaaS ERP

Sistem ini berbasis pada langganan sehingga Anda harus membayar setiap bulan dan bergantung pada banyaknya pengguna

b) Cloud Milik Pribadi

Digunakan pada pusat data situs milik Anda atau penyedia layanan pada pihak ketiga

c) Cloud Milik Publik

Dikelola sepenuhnya oleh penyedia layanan cloud dari pihak ketiga serta dikirimkan lewat internet.

3. Sistem Hybrid

Hybrid ERP menyediakan kombinasi penyebaran dan layanan hosting yang memungkinkan Anda untuk menentukan pengalaman perencanaan sumber daya perusahaan Anda sendiri.

Sistem ini memiliki beberapa keunggulan seperti pengguna dapat terhubung ke Internet dan mengakses sistem kapan pun mereka membutuhkan infrastruktur  terbatas.

Selain itu, para penyedia cloud membagikan setiap pembaruan serta perbaikan pemeliharaan secara teratur agar bisa dengan sigap untuk menjaga sistem Anda tetap mutakhir.

Hasilnya, pengguna cloud ERP dapat menghemat waktu dan uang dengan sistem yang mudah digunakan ini.

Fitur-fitur Wajib pada Sistem ERP Indonesia

Di bawah ini merupakan beberapa perangkat lunak yang memang harus disertakan dalam sebuah software ERP Indonesia baik untuk bisnis besar maupun kecil.

1. Integrasi

Salah satu fitur paling penting ialah integrasi. Sistem ini pada ERP dapat dengan mudah untuk Anda menganalisis, memantau, serta melakukan tugas-tugas penting berbasis data.

Sistem ini memproses hasil melalui satu bagian pemrosesan data dan membagikan hasilnya dengan platform yang ada di semua departemen kerja.

2. Otomatisasi

ERP harus dapat mengotomatisasi tugas-tugas umum yang dapat dilakukan manusia seperti pengelolaan dalam pesanan serta keuangan Anda karena ini adalah solusi utama.

Ini memberi Anda kebebasan untuk melakukan hal lain yang lebih penting, dan membuat jam kerja Anda lebih produktif. Otomatisasi juga mengurangi kesalahan yang sering dilakukan oleh manusia.

3. Analisis Data

Karena tugas ERP adalah salah satu pemroses data di area bisnis yang ada, perlu ada kemampuan ERP untuk analisis data.

Keberadaan sistem ini menemukan tren dan pola terstruktur dalam sistem perusahaan Anda. Hal ini memungkinkan sistem untuk dengan mudah memberikan hasil laporan yang mencerminkan efisiensi kerja di semua area.

4. Akuntansi

Untuk perusahaan, akuntansi merupakan bagian penting untuk dilacak. Hal ini membuat ERP menjadi penting untuk memiliki fungsi yang satu ini agar dapat memantau transaksi keuangan yang terjadi.

Sistem ERP membantu mengelola proses hutang, manajemen aset tetap, manajemen risiko dan manajemen pajak.

5. Pelacakan serta Visibilitas

Salah satu aspek terpenting yang harus dimiliki ERP adalah kemampuannya untuk memberikan transparansi yang akurat. Integrasi tingkat tinggi memungkinkan Anda menemukan semua informasi produk masuk dan keluar secara lebih rinci.

Transparansi ERP juga memungkinkan pengguna untuk memahami masalah dengan lebih cepat.

Terlepas dari jenis bisnis yang Anda jalankan, sistem ERP Indonesia  dapat beradaptasi dengan proses bisnis  perusahaan Anda. Yang terpenting, bisa terintegrasi antar aplikasi atau modul. Ini akan memudahkan penggunaan data satu sama lain di masa mendatang.

Anda dapat mencoba fitur sistem ERP pada situs Mekari dan mulai menerapkannya di perusahaan Anda. Dalam situs ini, setiap perangkatnya terintegrasi tinggi serta memiliki banyak modul yang bisa disesuaikan dengan bisnis Anda. Lihat semua produk di website Mekari https://mekari.com.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Meta: kini, sistem ERP sudah banyak digunakan oleh beberapa perusahaan di Indonesia. Namun, apa itu ERP? Seperti apakah manfaat dan keuntungan menggunakannya? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Pengertian, Manfaat, dan Keunggulan Sistem ERP di Indonesia

Yang memudahkan proses bisnis Anda saat ini adalah ERP Indonesia. Karena teknologi kini semakin berkembang lebih pesat. Oleh karena itu, pemilik bisnis harus dapat menggunakan teknologi untuk menyederhanakan proses bisnisnya.

Semakin besar perusahaan, semakin kompleks proses bisnis yang ada secara alami. Perencanaan dan manajemen antar departemen harus seimbang dengan hati-hati. Salah satu hal yang dapat mempermudah proses bisnis adalah penggunaan sistem ERP.

Anda perlu memahami apa itu sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), memahami ERP, dan memahami penggunaan atau fungsionalitas ERP yang biasa digunakan oleh perusahaan besar. Ada banyak keuntungan dari sistem ini. Jadi seperti apa sajakah itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Sistem ERP Indonesia

Kini, Anda harus memahami apa itu sistem ERP secara umum. ERP Indonesia merupakan kepanjangan dari Enterprise Resource Planning. Sistem ini biasanya digunakan untuk berbagai perencanaan internal, termasuk keuangan, logistik, bakat, penjadwalan, dan penggajian.

Dengan pemahaman tersebut, tentunya sudah jelas apa itu ERP. ERP memiliki tiga komponen: perusahaan adalah perusahaan, sumber daya adalah sumber daya, dan perencanaan berarti perencanaan.

Definisi lain dari ERP adalah perangkat lunak dengan banyak fitur bawaan yang membantu Anda mengelola manufaktur, keuangan, alokasi tenaga kerja, dan banyak lagi, menjaga perusahaan Anda selalu  efisien, gesit, dan menguntungkan.

Software ERP Indonesia

Sering kali banyak orang yang bertanya, apakah itu software ERP? Perlu dipahami bahwa perangkat lunak ERP merupakan sebuah aplikasi perencanaan sumber daya perusahaan. Software ini biasanya berbasis website atau desktop, dan kedua versi tersebut memiliki keunggulan masing-masing.

Salah satu keunggulan software ERP berbasis web adalah tidak perlu diinstal dan dapat diakses dari mana saja menggunakan laptop, PC, atau smartphone. Manfaat perangkat lunak ERP berbasis desktop termasuk kecepatan akses yang unggul dan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Sistem ERP sudah terkenal di berbagai negara dengan teknologi canggih. Jadi jangan ragu untuk menerapkan sistem ini, meskipun perusahaan baru saja merintisnya. Memperkenalkan sistem yang andal sejak awal akan membuat segalanya lebih mudah di masa depan.

Manfaat dan Fungsi ERP

Kini, banyak sekali perangkat lunak ERP Indonesia dan secara tidak langsung membantu sebuah perusahaan untuk beralih dari metode tradisional ke sistem yang memudahkan operasional bisnisnya.

Sistem ERP ini berhasil untuk menggantikan sistem terpisah ini dan dirancang untuk diintegrasikan agar pengelolaannya lebih efektif dan efisien. Sejak 1960-an, ERP telah menjadi  teknologi terkenal yang diinginkan perusahaan untuk lebih kompetitif.

Kemudian di 1990, ERP secara luas diakui sebagai sistem dengan lebih banyak fungsi manajemen serta operasional. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh perusahaan dari keberhasilan penerapan sistem ERP:

1. Integrasi Serta Akurasi Data yang Lebih Baik

Ada berbagai modul serta submodul dalam sebuah sistem ERP dan dapat mewakili berbagai komponen bisnis tertentu. Jika data dimasukkan dalam satu modul, maka data yang lainnya akan diperbarui secara otomatis.

Update ini dapat dilakukan secara real time atau langsung pada saat transaksi. Anda tidak perlu memasukkan data di modul lain karena Anda hanya perlu memasukkan data satu kali selama transaksi. Oleh karena itu, Anda dapat menghilangkan kebutuhan untuk beberapa entri data.

Selain itu, kemungkinan kesalahan tipe data dan duplikasi data dapat diminimalisir. Struktur database terpusat juga dapat meningkatkan manajemen dan keamanan serta mencegah hilangnya data penting.

2. Bagus Untuk Perencanaan dan Manajemen Sistem Informasi

Ada sebuah alat pendukung keputusan yang sangat baik dalam sebuah sistem ERP Indonesia.

Misalnya, alat perencanaan serta simulasi yang bisa membantu dalam melakukan manajemen sistem informasi serta menggunakan sumber daya seperti personel, material, mesin, dan peralatan kerja dengan cara yang lebih tepat pada sasaran.

Kemudian ketika menyajikan laporan, sistem ERP ini bisa menghasilkan sebuah laporan standar yang sangat dibutuhkan oleh setiap administrator. Bahkan, administrator dapat mengakses laporan setiap saat sesuai dengan kebutuhannya.

3. Meningkatkan Efisiensi serta Produktivitas

Tidak hanya soal perencanaan administratif perusahaan yang menjadi lebih baik, sistem perencanaan sumber daya perusahaan juga bisa meningkatkan pada efisiensi kegiatan sehari-hari.

Diantaranya adalah seperti pengiriman, pemesanan, kinerja pada pemasok. quality control, realisasi penjualan, dan lain sebagainya. Sistem ERP Indonesia bisa dengan mudah untuk mengurangi waktu siklus penjualan tunai dan pembayaran ke pemasok.

4. Membentuk Standarisasi Prosedur

Pada dasarnya, sistem ERP berfokus pada proses praktik terbaik internasional yang kemudian diadopsi oleh banyak organisasi yang menerapkannya pada perusahaan masing-masing.

Dengan ini, pekerjaan Anda akan lebih terstruktur dan independen dari orang atau karyawan tertentu. Sistem ERP perusahaan dapat menjadi lebih efisien serta efektif.

5. Menjembatani Hubungan Pelanggan dengan Perusahaan

Keuntungan berikutnya menggunakan perencanaan sumber daya perusahaan adalah dapat menjadi jembatan untuk mengelola hubungan  pelanggan. Informasi pelanggan dapat dipusatkan untuk akses yang lebih cepat.

Kehadiran ERP Indonesia juga bisa menjadi perpanjangan tangan dari creative marketing. Selain itu, melihat sistem yang ada secara otomatis memantau aktivitas saluran penjualan dan manajemen produk.

6. Keamanan Data Perusahaan Meningkat

Perangkat lunak ERP memang bisa digunakan banyak orang dari departemen lain, namun hal tersebut bisa dengan mudah dipantau secara terpusat di jalan masuk. Ada administrator yang mengelola data untuk memungkinkan akses pemangku kepentingan dengan akses terbatas.

Oleh karena itu, jika data tersebut sensitif dan penting, tidak semua data dapat dilihat oleh departemen lain. Perangkat lunak ERP juga dapat menampilkan data aktivitas pengguna untuk melihat aktivitas apa yang sedang dilakukan dalam perangkat lunak.

7. Membuka Peluang Bisnis

Pada perangkat lunak ERP, ada beberapa hal yang tersedia seperti laporan yang lengkap dan juga akurat, soal pantauan real time dari sumber daya material yang digunakan, sumber daya manusia, mesin, dan lain sebagainya.

Ini dilakukan untuk membantu manajemen merencanakan operasi bisnis di masa depan. Maka dari itu, ERP bisa digunakan untuk memudahkan manajemen dalam mengambil keputusan tentang perkembangan bisnis perusahaan.

8. Menghemat Biaya Operasional Perusahaan

Perlu dipahami bahwa ERP bisa membantu untuk mengurangi biaya operasional sebuah perusahaan karena perangkat lunak ini bekerja secara otomatis dan juga cepat.

Maka dari itu, perusahaan tidak akan mengeluarkan biaya untuk tenaga kerja agar melakukan pendataan secara manual.

Selain itu, berbagai aktivitas seperti pengiriman, pemesanan, memantau kinerja pemasok, pemeriksaan kualitas, serta pembayaran pada pemasok perusahaan dapat disederhanakan sekaligus.

Industri yang Menggunakan ERP 

Setiap bisnis dalam skala kecil atau pun perusahaan besar ternayta menggunakan perencanaan sumber daya perusahaan untuk mengoptimalkan alur kerjanya. Solusi ERP ini juga bisa digunakan pada berbagai jenis industri. Maka dari itu, beberapa industri yang biasanya menggunakan sistem ERP adalah:

  1. Manufaktur
  2. Ritel
  3. Distribusi
  4. Farmasi
  5. Teknologi
  6. Konstruksi
  7. Perhotelan
  8. Pertahanan

Sebuah perangkat lunak dapat disesuaikan atau dikonfigurasi untuk memenuhi persyaratan khusus industri. Tergantung pada industri Anda, ada juga  solusi perencanaan sumber daya perusahaan khusus yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Seperti contohnya jika sebuah perangkat lunak penjualan serta manufaktur disertakan dalam rangkaian perencanaan sumber daya perusahaan.

Keuntungan menggunakan solusi khusus ini untuk distributor atau pabrikan adalah bahwa dengan sistem khusus ini, ada lebih sedikit koordinasi dan konfigurasi untuk menjalankan dan menjalankan sistem.

Berbagai Jenis Sistem ERP

Sistem berbasis ERP ternyata bisa bersumber dari banyak instalasi lokal, solusi berbasis cloud, atau malah dengan kombinasi keduanya.

Sementara, beberapa perusahaan menawarkan metode instalasi atau penerapan hybrid, dan ada juga yang mulai memindahkan solusi tersebut ke dalam sistem berbasis cloud. Hal ini sesuai dengan kecenderungan pembeli. Berikut ini adalah berbagai jenis sistem ERP Indonesia:

1. Sistem On-Premise

On Promise ERP  merupakan sistem yang langsung diinstal pada server yang dimiliki serta dikelola oleh sebuah perusahaan. Dengan kata lain, Anda bertanggung jawab pada pemeliharaan sistem ini.

2. Sistem Cloud

Sistem Cloud ERP digunakan melalui Internet, sehingga pengguna dapat mengakses sistem kapan pun mereka terhubung ke Internet.

Penyedia berbasis cloud biasanya menyebarkan pembaruan serta menangani pemeliharaan sistem. Berbagai opsi penyebaran dan hosting berbasis cloud tersedia-ikhtisar singkat di bawah ini:

a) SaaS ERP

Sistem ini berbasis pada langganan sehingga Anda harus membayar setiap bulan dan bergantung pada banyaknya pengguna

b) Cloud Milik Pribadi

Digunakan pada pusat data situs milik Anda atau penyedia layanan pada pihak ketiga

c) Cloud Milik Publik

Dikelola sepenuhnya oleh penyedia layanan cloud dari pihak ketiga serta dikirimkan lewat internet.

3. Sistem Hybrid

Hybrid ERP menyediakan kombinasi penyebaran dan layanan hosting yang memungkinkan Anda untuk menentukan pengalaman perencanaan sumber daya perusahaan Anda sendiri.

Sistem ini memiliki beberapa keunggulan seperti pengguna dapat terhubung ke Internet dan mengakses sistem kapan pun mereka membutuhkan infrastruktur  terbatas.

Selain itu, para penyedia cloud membagikan setiap pembaruan serta perbaikan pemeliharaan secara teratur agar bisa dengan sigap untuk menjaga sistem Anda tetap mutakhir.

Hasilnya, pengguna cloud ERP dapat menghemat waktu dan uang dengan sistem yang mudah digunakan ini.

Fitur-fitur Wajib pada Sistem ERP Indonesia

Di bawah ini merupakan beberapa perangkat lunak yang memang harus disertakan dalam sebuah software ERP Indonesia baik untuk bisnis besar maupun kecil.

1. Integrasi

Salah satu fitur paling penting ialah integrasi. Sistem ini pada ERP dapat dengan mudah untuk Anda menganalisis, memantau, serta melakukan tugas-tugas penting berbasis data.

Sistem ini memproses hasil melalui satu bagian pemrosesan data dan membagikan hasilnya dengan platform yang ada di semua departemen kerja.

2. Otomatisasi

ERP harus dapat mengotomatisasi tugas-tugas umum yang dapat dilakukan manusia seperti pengelolaan dalam pesanan serta keuangan Anda karena ini adalah solusi utama.

Ini memberi Anda kebebasan untuk melakukan hal lain yang lebih penting, dan membuat jam kerja Anda lebih produktif. Otomatisasi juga mengurangi kesalahan yang sering dilakukan oleh manusia.

3. Analisis Data

Karena tugas ERP adalah salah satu pemroses data di area bisnis yang ada, perlu ada kemampuan ERP untuk analisis data.

Keberadaan sistem ini menemukan tren dan pola terstruktur dalam sistem perusahaan Anda. Hal ini memungkinkan sistem untuk dengan mudah memberikan hasil laporan yang mencerminkan efisiensi kerja di semua area.

4. Akuntansi

Untuk perusahaan, akuntansi merupakan bagian penting untuk dilacak. Hal ini membuat ERP menjadi penting untuk memiliki fungsi yang satu ini agar dapat memantau transaksi keuangan yang terjadi.

Sistem ERP membantu mengelola proses hutang, manajemen aset tetap, manajemen risiko dan manajemen pajak.

5. Pelacakan serta Visibilitas

Salah satu aspek terpenting yang harus dimiliki ERP adalah kemampuannya untuk memberikan transparansi yang akurat. Integrasi tingkat tinggi memungkinkan Anda menemukan semua informasi produk masuk dan keluar secara lebih rinci.

Transparansi ERP juga memungkinkan pengguna untuk memahami masalah dengan lebih cepat.

Terlepas dari jenis bisnis yang Anda jalankan, sistem ERP Indonesia  dapat beradaptasi dengan proses bisnis  perusahaan Anda. Yang terpenting, bisa terintegrasi antar aplikasi atau modul. Ini akan memudahkan penggunaan data satu sama lain di masa mendatang.

Anda dapat mencoba fitur sistem ERP pada situs Mekari dan mulai menerapkannya di perusahaan Anda. Dalam situs ini, setiap perangkatnya terintegrasi tinggi serta memiliki banyak modul yang bisa disesuaikan dengan bisnis Anda. Lihat semua produk di website Mekari https://mekari.com.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Wajib Dibaca

Artikel Terbaru

/