Popularitasnya Makin Menanjak, Apa Alasan Running Banyak Digemari Anak Muda?

Lomba lari yang digelar BNS di Kota Batu, beberapa waktu lalu. (Foto: Rubianto/Radar Malang)

KOTA MALANG – Sebagai olahraga, running (berlari) memang bukan hal yang baru. Namun sebagai olahraga sekaligus gaya hidup, running baru melejit, terutama di kalangan milenial dalam beberapa tahun terakhir.

Well, apa aja sih alasan di balik popularitas running? Menjadi dasar dari semua olahraga, berlari gampang banget untuk dilakukan meskipun hanya sendirian. Plus, bisa dilakukan di mana dan kapan aja.

Dengan segala kemudahannya, berlari pun dirasa fleksibel untuk mengisi kebutuhan olahraga millenials di tengah jadwal yang padat. Easy things loved by so many, right? Dari sinilah running banyak diminati tidak hanya sebagai kegemaran namun juga bagian dari gaya hidup sehari-hari alias lifestyLe.

“Meningkatnya kesadaran anak muda tentang pentingnya hidup sehat melalui kegiatan olahraga turut jadi faktor mengapa running bisa menjadi tren saat ini,” jelas Akhmad Nizar dari komunitas lari Run Malang Run.

Di samping healthy life awareness dari dalam diri, faktor eksternal juga berperan buat bikin olahraga lari makin hype! Misalnya, komunitas lari yang sukses bawa spirit berlari di kalangan anak muda.

“Tren lari di Indonesia mulai booming pada 2009 lalu. Ditandai dengan terbentuknya komunitas Indo Runners, komunitas lari terbesar di Indonesia,” ungkap Akhmad Nizar.

Cowok yang akrab disapa Nizar ini juga jelasin kalau komunitas ternyata bisa maksimalin passion seseorang dalam running lho!

“Dengan gabung komunitas, kita bisa ketemu orang dengan interest yang sama. Sehingga, segala informasi tentang lari bisa didapat lebih lengkap dan akurat. Performa pun turut meningkat ” ujarnya.

Minat millenials untuk berlari pun makin meningkat dengan hadirnya event lari atau race yang masif dan beragam di Indonesia. Dari yang atraktif seperti color run atau glow run, menyajikan keindahan alam dan kearifan lokal yakni Bali Marathon dan Borobudur Marathon, hingga berlari untuk amal (charity run) semisal Nusantara Run.

Gak hanya tubuh sehat nan bugar, running enthusiast pun turut mendapat pengalaman yang berkesan yang worth to share ke teman-teman.

After taking a nice, long, and enjoyable run, you will feel RUNderful!

Sekilas Tentang Run Malang Run

Running enthusiast di Kota Malang pasti udah gak asing dengan komunitas Run Malang Run. Sejak terbentuk pada tahun 2013, komunitas lari pertama di Kota Malang ini memang gak pernah berhenti buat nyebarin ‘virus’ lari di masyarakat, khususnya kalangan anak muda.

“Itu memang sudah jadi visi kita sih. Jadi selama lima tahun terakhir, kita ngajakin orang-orang sekitar untuk aktif berlari,” ujar Akhamd Nizar.

Kegigihan ini tentunya menjadi prestasi tersendiri dalam “Running Scene” di Kota Malang yang saat ini sedang berkembang pesat. Dengan ratusan anggota dari berbagai latar belakang, Run Malang Run pun memiliki kegiatan lari yang rutin
diselenggarakan setiap hari Kamis, Sabtu, dan Minggu.

Tertarik dengan agenda lari mereka? Kepoin aja akun Instagram @runmlgrun untuk dapat informasi lebih lanjut!

Penulis: Zhavirra Noor Rivdha
Foto: drootphoto.com dan Instagram @runmlgrun

Editor: Indra M