alexametrics
25.9C
Malang
Friday, 22 January 2021

5 Tanda Kamu Sudah Dewasa Secara Mental

RADARMALANG – Setiap orang pasti tumbuh jadi dewasa, hal itu bisa dilihat dengan jelas dari perubahan fisik yang kita alami dari anak-anak, remaja, dan akkhirnya dewasa spenuhnya. Namun kedewasaan bukan hanya tentang fisik semata tapi juga mental.

Dilansir dari PsychologyToday, Senin (23/11) berbeda dengan dewasa secara fisik, kita tidak bisa menilai seberapa dewasa mental seseorang hanya dari umurnya. Berikut tanda untuk mengetahui dewasa secara mental.

1. Lebih banyak mendengar
Seorang yang sudah dewasa biasanya lebih berhati-hati dalam bicara. Alih-alih banyak bicara mereka lebih memilih untuk banyak mendengar.

2. Menciptakan kebahagiaan
Orang yang sudah dewasa akan menyadari bahwa kebahagiaan tidak tergantung pada barang apalagi seseorang. Kebahagiaan justru datang dari diri sendiri dan hal-hal kecil yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Rela berkorban
Orang yang benar-benar dewasa tidak akan pernah bersikap egois. Mereka mengerti bahwa manusia itu saling membutuhkan. Bahkan tidak jarang mereka rela berkorban dengan menempatkan kepentingan orang lain di atas kepentingannya sendiri.

4. Berpikir sebelum bertindak
Setiap perbuatan akan mendapat balasa, termasuk perbuatan buruk. Mereka yang sudah dewasa secara mental mengerti hal tersebut. Dan itulah alasannya mengapa kebanyakan orang dewasa selalu berhati-hati dalam bertindak.

5. Lebih banyak memaafkan
Semua orang pasti pernah merasa emosi atau marah kepada seseorang. Namun hanya mereka yang sudah dewasa bisa mengendalikan emosinya dengan baik. Mereka tidak mudah marah pada kesalahan sepele dan lebih memilih untuk memberi maaf. Jika mereka benar-benar marah mereka tidak akan melampiaskan emosinya dengan cara yang salah.

Penulis : M. Ubaidillah

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Wajib Dibaca