Biar Lebaran #DiRumahAja Tetep Seru, Lakukan Kegiatan Ini Bareng Keluarga!

ZETIZEN MALANG – Lebaran tahun ini memang berbeda. Tak ada mudik, tak ada silaturahim secara langsung, bahkan banyak tempat yang tak menggelar salat Id berjamaah.

Namun, hal tersebut bukan jadi halangan untuk tetap mendapatkan momen seru bareng keluarga sebagai bentuk Hari Kemenangan setelah menempuh bulan Ramadan.

Meski di rumah saja, banyak kok kegiatan seru yang masih bisa dilakukan untuk mengisi hiburan di saat hari lebaran besok. Intip inspirasi dari Zetizen berikut deh. Beberapa diantaranya terinspirasi dari tren yang merebak di internet baru-baru ini lho!

1. Bikin #ImJustAKidChallenge di TikTok

Jika kamu ingin mengikuti tren tantangan ‘I’m Just A Kid’ yang ramai di TikTok tapi belum pernah kesampaian, mungkin ini jadi waktu yang tepat buat kamu. Coba deh ulik album foto lawasmu dan cari foto bersama keluarga ketika Hari Raya.

Sesuai dengan aturan tantangannya, kamu bisa mengimitasi pose foto tersebut. Ya, #ImJustAKidChallenge adalah tantangan dimana kamu membuat ulang foto lama dan membandingkannya dengan foto yang sekarang. Berasa nostalgia! Eits, jangan lupa juga tambahkan lagu ‘I’m Just A Kid’ oleh Simple Plan dan unggah ke media sosialmu, ya!

2. Dokumentasi Keluarga Besar Lewat Video Call Grup

Setidaknya, ngobrol langsung bareng keluarga jauh di kampung halaman terjadi satu tahun sekali di hari Raya Idul Fitri. Dengan keterbatasan jarak, coba deh tetap lakukan ritual tersebut dengan memanfaatkan aplikasi video conferencing call seperti Zoom atau Google Meet.

Jika telah terhubung, kamu juga bisa mendokumentasikannya dengan cara di screenshot atau seolah sedang melakukan virtual photoshoot. Yap, salah satu kegiatan yang tengah digemari kawula muda itu bisa jadi alternatif untuk mengabadikan momen bersama

3. Nonton Film Bareng

Beruntung jika sepupu atau saudara terdekat masih berada di kota yang sama. Jika punya kesempatan untuk bisa berkumpul bareng, salah satu hiburan yang bisa kalian lakukan bersama adalah nonton film!

Yap, kegiatan ini sudah jadi “ritual” di saat hari lebaran, apalagi biasanya program televisi menyediakan film yang ramah keluarga. Jika memungkinkan, coba deh bikin ala mini theater di rumah. Pasang speaker dan siapkan camilan di depan TV, siap deh buat menikmati film bareng keluarga!

4. Masak Besar dan Bagi-bagi Ke Tetangga

Memasak menu khas lebaran seperti ketupat, opor ayam, dan rendang dalam jumlah besar sudah jadi hal biasa. Namun, dengan perayaan lebaran di tengah pandemi, menikmati makanan bersama keluarga besar jadi hal yang harus dilewatkan tahun ini.

Namun, kegiatan masak besar tetap bisa dilakukan kok! Tak perlu khawatir akan mubadzir, hasil dari masak-masak bisa dibagikan ke tetangga, kan? Ya, sebagai pengganti tradisi menjamu tamu dan sekaligus menjalin tali silaturahmi.

5. Bikin Foto atau Video Kreatif untuk Ucapan Virtual

Lebaran tahun ini tampaknya akan menjadi serba daring dan virtual. Sembari bersilaturahmi secara online, kamu bisa kirimkan kartu ucapan virtual yang telah di-edit dan didesain semenarik mungkin.

Selain memuat foto dan desain sebagai pemanis, coba tambahkan kata-kata ucapan yang menarik, seperti kutipan atau pantun. Pastikan tertulis nama keluargamu juga ya!

Penulis: Ananda Triana
Foto: Istimewa

Editor: Indra M