Mudah Dibuat, 4 DIY Backdrop Foto Ini Bisa Kamu Coba di Rumah

ZETIZEN MALANG – Photoshoot dari dalam rumah nampaknya sudah jadi ‘new normal’ bagi penggemar fashion atau self fotografi selama pandemi, dan cukup populer di kalangan selebriti.

Metodenya bermacam-macam, mulai dari virtual photoshoot seperti yang dilakukan Dian Sastro hingga Demi Lovato, atau Robert Pattinson dan Jennie ‘Blackpink’ yang memanfaatkan fitur pengatur waktu (timer).

Kamu pun bisa lho mengikuti jejak para seleb untuk photoshoot from home! Agar hasil fotonya standout, tentu butuh backdrop foto yang gak biasa. Nah, artikel dibawah ini bakal mengulas 4 ide DIY backdrop photoshoot yang kamu bisa buat dengan mudah nan murah. Cek yuk!

1. Color on Color

Sesuai judulnya, latar foto ini akan melibatkan banyak warna. Pertama, siapkan kertas sesuai warna yang kamu mau. Misal ingin nuansa, hitam, putih, dan abu bisa dipilih. Atau gunakan warna blue sky, baby pink, atau soft yellow untuk tema pastel.

Sebisa mungkin gunakan kertas yang cukup tebal dan tidak transparan seperti Buffalo, Concorde, atau Karton BW. Selanjutnya, potong beberapa kertas hingga ukuran dan bentuknya variatif, persegi, lingkaran, atau segitiga misalnya.

Sudah deh, silahkan pasang potongan kertas warna-warni secara acak dan bertumpuk di tembok atau tempat lain yang kamu fungsikan sebagai backdrop.

2. Pop Up Cardboard

Dengan sedikit utak-utik, kardus bisa kamu sulap jadi lokasi foto yang apik! Peralatan yang perlu disiapkan antara lain kardus berukuran sedang-besar, alat tulis, gunting atau cutter, serta pewarna.

Siapkan lebih dulu pola unik yang akan jadi latar foto. Pohon cemara, kaktus, atau lanskap gedung perkotaan bisa dicoba. Lanjut gambar pola diatas kardus dalam ukuran besar, gunting, dan warnai sesuai kreativitas.

Tambahkan penyangga di belakang kardus jika ingin efek 3D, tapi membuatnya 2D juga tak masalah. Keduanya sama-sama ‘Pop Up’ atau muncul.

3. Doilies Paper

 

Kertas Doilies yang biasa digunakan untuk pemanis piring ternyata juga oke untuk hiasan backdrop foto. Kamu hanya butuh membeli beberapa pack Doilies paper yang bermotif sama, untuk ukuran dan warna bebas saja.

Selanjutnya kaitkan Doilies Paper satu sama lain dengan benang hingga menjuntai panjang. Buat beberapa untaian dan susun menggantung selayaknya tirai

4. Shining Curtain

Kalau punya kelambu putih transparan jangan ‘dianggurin’ ya! Sebab ia bisa bertransformasi jadi latar foto bertema fairy, menghasilan suasana hangat, elegan, serta magis.

Kamu hanya perlu menambahkan Tumblr Lamp berwarna putih atau kuning di balik kelambu , dan tara! shining curtain backdrop siap digunakan untuk photoshoot.

Penulis: Zhavirra Noor Rivdha
Foto: popshopamerica.com, weddingwire.com, pinterest

Editor: Indra M