TikTok Tantang Penggunanya Ubah Penampilan lewat Wipe It Down Challenge

ZETIZEN MALANG – TikTok seolah tak pernah berhenti untuk menjadi tempat ‘lahirnya’ tantangan-tantangan di media sosial. Setelah #PassTheBrushChallenge dan #MagicMirrorChallenge, tantangan mengubah penampilan kembali dihadirkan oleh Wipe It Down Challenge.

Pernah berpikir bagaimana jadinya jika sedang asyik membersihkan kaca, lalu bayanganmu berubah menjadi sosok yang berbeda? Meski terdengar menyeramkan, hal tersebut menjadi poin menarik yang bikin Wipe It Down Challenge jadi viral di kalangan kreator TikTok.

Bahkan, hingga kini, ada lebih dari 587 juta video yang diunggah di TikTok dengan tagar #WipeItDownChallenge. Apa sebenarnya Wipe It Down Challenge itu?

Pada intinya, Wipe It Down Challenge adalah tantangan untuk menyulap bayangan diri di dalam kaca menjadi sosok dengan penampilan yang berbeda lewat aksi mengelap kaca. Biasanya, video ini diawali dengan para kreator yang berpenampilan sederhana bak upik abu yang menyemprotkan pembersih kaca dan mengelapnya.

Setelah beberapa kali usapan, bayangan dalam kaca ‘ajaib’ tersebut menampilkan perubahan pada sang kreator. Biasanya, perubahan penampilan tersebut akan menunjukkan versi make up and dress up. Lalu, usapan selanjutnya akan ‘mengembalikan’ bayangan tersebut seperti semula. Tentunya, hal tersebut dapat terjadi karena bantuan aplikasi video editing.

Meski tren ini diberi nama berdasarkan lagu yang mengiringinya, yakni ‘Wipe It Down’ milik BMW Kenny, mulanya tantangan ini ditemukan oleh seorang kreator yang menggunakan lagu ‘The Box’ oleh Roddy Rich untuk membuat video serupa.

Dilansir dari Time (26/5), tantangan tersebut pertama kali dimulai oleh pengguna TikTok dengan akun bernama rominagafur. Ia mengunggah video dirinya melakukan tantangan tersebut dimana bayangan dirinya tampak berubah mengenakan topeng ketika ia mencoba mengusap kaca. Video tersebut menembus laman For Your Page hingga mendapatkan lebih dari 730 ribu likes.

Namun, tantangan tersebut baru mulai viral dengan lagu ‘Wipe It Down’ ketika komedian Lauren Compton turut berpartisipasi. Dalam tantangan tersebut, dia mengubah penampilannya menjadi Harley Quinn.

Kini, Wipe It Down Challenge tak hanya diikuti oleh segelintir penggemar make up dan komunitas beauty yang merubah driinya dengan tampilan full make up dan dress up saja. Kreativitas sejumlah kreator membawa tantangan ini ke level yang baru. Seperti penyanyi Jason Derulo yang merubah dirinya menjadi Spider-Man dalam video Wipe It Down Challenge terbaru. Sudah nonton?

Penulis: Ananda Triana
Foto: YouTube/Tik Tok It

Editor: Indra M