KOTA BATU – Konsep edukasi entertainment (edutainment) yang diusung pengelola Museum Angkut saat ini lebih digencarkan untuk menambah daya tarik wisatawan pascabuka kembali di tengah pandemi. Seperti yang dilakukan akhir pekan kemarin, suguhan Show Hollywood Dream Man of Fire dan Parade Dance di Spot Gangster Town, mampu membuat larut wisatawan yang menyaksikan pertunjukan itu. Bahkan, tidak sedikit yang ikut menari.

Operasional Manajer Museum Angkut Endang Ahmad Shobirin mengatakan, animo wisatawan yang menyaksikan pertunjukan di Spot Gangster Town tersebut cukup banyak. ”Mereka (wisatawan) tampak tertarik dan menikmati, bahkan ada juga yang ikutan menari,” kata Endang.

Endang mengungkapkan, meski buka kembali, tapi jumlah pengunjung tidak langsung banyak seperti sebelum adanya pandemi. Karena itu, pihaknya harus menyuguhkan hal-hal yang menarik untuk menambah daya tarik wisatawan.
“Museum Angkut bukan hanya sekadar museum, tapi juga movie star video. Sehingga perlu dibarengi hiburan,” ujarnya.

Menurut dia, sebenarnya dari dulu memang sudah ada show yang seperti itu, hanya saat ini lebih digencarkan. Dengan begitu, dia berharap setidaknya bisa menggaet kunjungan 50 persen dari biasanya.
”Jika dulu per hari biasanya mencapai 1.000 kunjungan, paling tidak sekarang ini bisa tembus 500 pengunjung,” harapnya.

Terlebih, pada masa pandemi ini, juga ada pemangkasan harga tiket masuk. ”Sekarang harga tiket masuk (HTM) tinggal Rp 80 ribu, padahal normalnya biasanya Rp 100 ribu,” terangnya.

Untuk diketahui, untuk sementara ini, Museum Angkut hanya beroperasi Sabtu dan Minggu saja. ”Dan pada minggu lalu, dalam dua hari kami hanya menggaet 600 pengunjung,” tandas dia.

Pewarta: Ulfa Afrian
Foto: Darmono
Editor: Hendarmono Al S