JAKARTA – Awal 2019 ini, Kota Malang meraih prestasi Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2018 untuk Kategori Kota Besar. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Wakil Pemimpin Umum Kompas Budiman Tanuredjo kepada Wali Kota Malang Sutiaji, kemarin (9/1).

Penghargaan itu diberikan karena Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dinilai berhasil menerapkan konsep Kota Cerdas (Smart City). Malang termasuk satu di antara 12 kota yang meraih penghargaan, dari total 93 kota di Indonesia.

”Kota akan menjadi tujuan terakhir pergerakan manusia. Sekarang sekitar 50 persen penduduk Indonesia tinggal di perkotaan. Perkembangan secara alamiah itu harus disertai dengan pengelolaan kota yang mumpuni bagi warga,” kata Pemimpin Redaksi Harian Kompas Ninuk Mardiana Pambudy di Jakarta.

Kota Malang dalam IKCI 2018 masuk peringkat III setelah Kota Denpasar dan Kota Surakarta. Ada enam indikator yang jadi dasar penilaian. Yakni lingkungan, ekonomi, pemerintahan, kualitas hidup, masyarakat, dan mobilitas.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan, penghargaan hari ini akan menjadi pemacu Kota Malang untuk terus berprestasi. ”Goal dari Kota Cerdas itu kan keduanya, kota dan masyarakatnya,” kata dia.

Di era kepemimpinannya bersama Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Sutiaji akan terus meningkatkan kinerjanya. ”Pemerintah harus bisa menangkap aspirasi masyarakat. Juga harus cerdas menyampaikan apa yang dikehendaki oleh masyarakat,” katanya.

Pewarta             :  Fajrus Shidiq
Copy Editor        :  Amalia Safitri
Penyunting         :  Mahmudan