alexametrics
27.9 C
Malang
Monday, 21 September 2020

Poros Golkar-PKB Bakal Tantang Jago PDIP di Pilbup Malang?

- Advertisement -
- Advertisement -

KABUPATEN MALANG – PDIP yang mencalonkan HM Sanusi-Didik Gatot Subroto tak bisa “santai-santai” menatap Pilbup (Pemilihan Bupati) Malang 2020. Sebab, Golkar tengah bersiap membuat koalisi besar bersama PKB (Partai Kebangkitan Bangsa).
Koalisi Golkar-PKB kabarnya tinggal menunggu waktu. ”Pokoknya Juli ini, urusan siapa calon bupatinya, dari PKB atau Golkar, sudah harus klir,” terang fungsionaris Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Ridwan Hisjam kemarin.
Dia menyebut, DPP telah menunjuk Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Malang Siadi sebagai bakal calon bupati Malang. Namun, penunjukan masih berupa surat tugas, belum ada rekomendasi. Tugas dari Siadi adalah mencari pasangan yang tepat dan menggandeng partai koalisi.
”Karena Partai Golkar di DPRD Kabupaten Malang hanya punya 8 kursi, maka mau tidak mau harus koalisi dengan partai lain,” tandas pria yang juga anggota DPR RI ini.
Pernyataan Ridwan ini menunjukkan bahwa Golkar memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Sebab, dari sisi jumlah kursi di DPRD Kabupaten Malang, Golkar masih kalah dari PKB.
PKB seperti diketahui memiliki 12 kursi di dewan. Jumlahnya sama dengan PDIP.
Kalau dari hitung-hitungan kursi, harusnya PKB yang lebih punya hak untuk mengajukan bakal calon bupati. Bukan sekadar bakal calon wakil bupati.
Pembahasan siapa yang jadi nomor satu dan siapa yang nomor dua sepertinya memang a lot.
”Belum deal apakah PKB atau Golkar yang jadi calon bupatinya. Kalau kami sih masih ngotot calon bupati dari Golkar, wakilnya dari PKB,” tegas Ridwan.
Bahkan, tidak menutup peluang, koalisi Golkar-PKB bakal gagal terwujud. Ridwan pun menyiapkan opsi lain.
”Kami cari koalisi partai lain. Saya kira masih cukup waktu kok,” tandas dia.
Terpisah,  Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Malang Muslimin mengaku bahwa pihaknya terbuka untuk berkoalisi dengan partai manapun.
Bahkan, PKB sudah memberi surat tugas ke dr Umar Usman untuk menjaring komunikasi dengan Partai Golkar dan juga partai lain. Hanya, partai yang akan kolaborasi itu harus bisa mendongkrak suara calon dari PKB dalam pilkada mendatang.
Lantas bagaimana dengan keinginan Golkar yang akan jadi calon bupati, sedangkan PKB jadi wakilnya? ”Kami selalu berpatokan pada proporsionalitas saja,” tegas Muslimin.
Berita selengkapnya bisa dibaca di koran Jawa Pos Radar Malang edisi Rabu (1/7). 
Pewarta: Farik Fajarwati
Editor: Indra M

- Advertisement -

Latest news

Baru Dibuka, Taman Wisata Selecta Didominasi Keluarga

KOTA BATU – Taman Wisata Selecta mengalami penurunan pengunjung yang sangat signifikan, terlihat dari tempat parkir yang hanya berisi sekitar 50 sepeda motor dan 20 mobil. Kunjungan hariannya hanya mencapai sekitar 500 pengunjung per hari saat week day dan 3000 pengunjung saat week end. Meski begitu selecta tetap membuka semua wahana kecuali wahana tagada. Karena wahana tersebut tidak memungkinkan untuk menerapkan protokol kesehatan (social distancing).
- Advertisement -

Sambut HUT, Sentral Bangunan Beri Cash Back Hingga Undian Berhadiah

KARANGLO- Pandemi covid-19 memang berdampak signifikan terhadap dunia bisnis. Itu pula yang dirasakan manajemen Sentral Bangunan (SEB) Malang. Walaupun begitu, supermarket bahan bangunan yang berada di wilayah Karanglo, Kabupaten Malang ini tetap berupaya memberikan yang terbaik kepada pelanggan dan konsumennya.

PKM Polinema Beri Latihan Wirausaha Ke Posyandu Disabilitas

MALANG - Pendidikan tinggi vokasi ternama di Kota Malang Polinema pada jurusan teknik kimia menunjukan jati diri dan perannya dalam memberikan kepedulian kepada masyarakat. Hal itu terbukti, dari pelatihan kewirausahaan dan tepat guna yang berbasis kesehatan hasil kerjasama Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Jurusan Teknik Kimia Polinema yang bekerjasama dengan Posyandu Disabilitas Desa Bedali Kecamatan Lawang Kabupaten Malang.

Pelaku Wisata Kota Batu Belum Bebas Narkoba 100 Persen

Kota Batu - Sejak tahun 2012, BNN Kota Batu bekerjasama dengan berbagai tempat wisata dan penginapan untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya narkoba. Daerah yang memiliki obyek wisata potensial dan sering dikunjungi wisatawan, rentan menjadi tempat tujuan narkoba.

Related news

2 Hari Lagi Penetapan Paslon, 33 PPK Petakan Lokasi APK Hari Ini

Menurutnya, pemetaan tersebut dilakukan untuk mencari lokasi strategis APK paslon. Sehingga, sosialiasi visi-misi paslon melalui APK bisa lebih efektif.

JK Minta Pilkada Ditunda, Pilbup Malang Jalan Sesuai Agenda

MALANG - Mantan wakil presiden RI Jusuf Kalla (JK) dalam sebuah acara mengimbau agar pilkada serentak 9 Desember diundur. Salah satu alasannya adalah untuk pencegahan penyebaran covid-19. Karena masa kampanye terbuka (rapat umum terbuka) dinilai relatif sulit menerapkan protap kesehatan.

Arief Budiman Positif Covid-19, KPU Ambil Langkah Ini

MALANG KOTA — Kabar Ketua Komisi Pemilu Umum (KPU) RI Arief Budiman positif covid-19 juga sampai di KPU Kabupaten Malang. Sehingga, KPU Kabupaten Malang akan memaksimalkan konsultasi dan koordinasi dengan pusat melalui media daring.

Tak Bisa Kampanye Awal, Malang Jejeg Andalkan 1.250 Relawan

“Relawan kami tetap bergerak dalam mengenalkan bapaslon Malang Jejeg,” kata Sam HC, sapaan akrab Heri Cahyono, Jumat (18/9).
- Advertisement -