MALANG KOTA – Adanya kesimpangsiuran dalam memaknai indikator statistik dan justifikasi sepihak oleh masyarakat, mendorong Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang gencar mengenalkan aplikasi berbasis Android bernama MBOIStats. Tujuannya, agar aplikasi ini bisa dijangkau lebih luas lagi sehingga indikator statistik bisa dipahami dan diinterpretasikan dengan benar.
Hal itu disampaikan oleh Kepala BPS Kota Malang Sunaryo saat menghadiri Webinar Bertajuk PDB dan Laju Pertumbuhan Ekonomi, Kamis (2/7) pagi. “Aplikasi ini sejatinya telah lama diluncurkan, namun kami berharap penggunaanya bisa dijangkau lebih luas lagi. Agar masyarakat dapat memanfaatkan data BPS secara mudah, murah, dan cepat,” jelas dia.
MBOIStatS merupakan salah satu media diseminasi statistik Badan Pusat Statistik Kota Malang, berorientasi pada informasi statistik strategis. Menyajikan statistik yang menjadi indikator kinerja utama pemerintah, serta memenuhi kebutuhan pengguna data secara cepat dan mudah.
Dia menjelaskan, aplikasi ini sebagai salah satu wujud misi BPS dalam memberikan informasi yang terintegrasi. Indikator-indikator yang disediakan dalam data BPS ini agar bisa digunakan oleh dunia akademi, politik, maupun masyarakat umum.
Selain itu, lanjut Sunaryo, melalui webinar tersebut, dirinya ingin memperkenalkan data statistik lebih luas kepada masyarakat.
Pewarta: Intan Refa Septiana
Foto: Intan Refa Septiana
Editor: Hendarmono Al Sidarto