MALANG KOTA – Maling-maling jaman now makin “kreatif” saja saat menjalankan aksinya. Terbaru, dua pemuda menyaru (menyamar) jadi driver ojol (ojek online) saat menggasak motor Honda CRF milik Eka Putri, 24, warga Jalan Bendungan Batu Jahe, Sumbersari, Lowokwaru, Selasa dini hari (30/6).
Aksi pencurian itu terekam kamera CCTV. Dari rekaman itu, terlihat ada empat pelaku yang beraksi. Dua di antaranya mengenakan seragam ojol.
”Dua orang memakai baju ojol berkeliling mengecek keadaan. Dua orang lagi memakai baju rapi dan semuanya tak melepas helm,” kata dia.
Salah seorang di antaranya menjadi eksekutor. Merusak kontak dengan kunci T lalu membawa kabur motor Honda CRF bernopol N 4906 EAL.
”Di garasi ada tiga motor dan satu mobil, yang CRF dikunci setir, sementara motor yang lain tidak,” kata Eka.
Dia baru menyadari motornya dicuri setelah karyawannya datang ke rumah. ”Karyawan saya karena biasa datang pagi langsung membangunkan saya dan bilang pagarnya terbuka dan satu motor tidak ada di tempat. Baru setelah itu saya cek CCTV,” kata Eka.
Terpisah, Panit I Reskrim Polsek Lowokwaru Ipda Zainul Arifin membenarkan akan laporan kehilangan motor korban tersebut. ”Betul, korban sudah melapor ke kami hari Rabu (1/7) dan sudah naik ke tahap lidik,” kata Zainul.
Untuk modus pelaku memakai pakaian ojek online, pihaknya baru dua kali menangani kasus tersebut. ”Yang sebelumnya hanya curat, orang pakai baju ojek online nyolong handphone. Kalau untuk curanmor baru kali ini,” ujar Zainul.
Pewarta: Biyan Mudzakiy
Editor: Indra M