alexametrics
23 C
Malang
Monday, 21 September 2020

Dibantai Pemburu, Kepala dan Tangan Lutung Jawa Digantung di Pohon

- Advertisement -
- Advertisement -

KEPANJEN – Seekor lutung jawa ditemukan mati di tepi jalur pendakian menuju Cemorokandang, wilayah Dusun Princi, Desa Gadingkulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Satwa yang bernama latin Trachypithecus auratus diduga dibantai oleh pemburu pada Senin (10/8). Saat ditemukan,
hanya tersisa kepala yang ditancapkan di sebatang pohon dan kedua pergelangan tangannya digantung.

”Tadi malam (Senin, 10/8) kami mendapat laporan dari warga dengan memberikan bukti foto,” terang Ketua ProFauna Indonesia Rosek Nursahid saat presscon di Petungsewu Wildlife Education Center (P-WEC), Selasa (11/8).

Namun, saat Tim ProFauna Indonesia bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Jawa Timur dan Perhutani KPH Malang menuju lokasi, hanya ditemukan potongan tangan saja, sedangkan kepalanya sudah hilang.

Dilihat dari kondisi potongan tangannya yang masih relatif baru, lutung jawa yang diperkirakan berusia dewasa ini dibunuh sekitar 3 hari yang lalu.

Hal ini menunjukkan masih adanya aktivitas perburuan di area tersebut.

Kepala Resort Pemangkuan Hutan Oro-Oro Ombo Kota Batu Hadi Mustofa mengatakan, titik lokasi kasus ini ada di petak 212 dengan luas baku 1.116,6 meter persegi dan hutan ini termasuk hutan lindung.

”Kami sangat prihatin atas perburuan ini dan sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh ProFauna,” kata Hadi.

Kemungkinan lutung tersebut diburu dengan cara ditembak menggunakan senapan. ”Karena lutung dikenal adalah satwa arboreal, yakni hewan yang aktivitasnya sebagian besar di atas pohon,” imbuh Hadi.

Kembali Rosek Nursahid menegaskan bahwa perburuan ini dinilai ProFauna Indonesia telah menodai Hari Konservasi Alam Nasional yang baru saja dirayakan Senin lalu (10/8).

Pihak ProFauna menduga perburuan hewan endemik Pulau Jawa, Bali, dan sebagian wilayah Lombok ini kemungkinan untuk dimanfaatkan dagingnya.

Menurut mitos yang beredar, disinyalir dengan mengonsumsi daging lutung bisa meningkatkan vitalitas dan memberikan efek luar biasa bagi penyuka minuman keras.

ProFauna Indonesia bertekad untuk membawa kasus ini sampai tuntas ke jalur hukum melalui penyelidikan pihak yang berwajib.

Di samping itu, untuk mencegah hal ini terulang, dalam seminggu terakhir tim Ranger ProFauna Indonesia rutin monitoring hutan untuk sapu bersih jerat satwa. Hasilnya mereka menemukan jerat kawat melingkar yang terpasang di sebatang kayu yang panjang.

Jerat yang dipasang di atas tanah ini bisa saja menjebak satwa liar, baik ayam hutan atau bahkan macan tutul.

Pewarta: Intan Refa Septiana

- Advertisement -

Latest news

Dijadwal Hari Ini, Tes Kesehatan Malang Jejeg Ditunda, Ini Alasannya

“Masih banyak persyaratan administrasi yang harus kami lengkapi. Makanya, kami minta tes kesehatan ditunda dulu,” kata Ketua Timses Bapaslon Malang Jejeg Soetopo Dewangga, Senin (21/9).
- Advertisement -

Baru Dibuka, Taman Wisata Selecta Didominasi Keluarga

KOTA BATU – Taman Wisata Selecta mengalami penurunan pengunjung yang sangat signifikan, terlihat dari tempat parkir yang hanya berisi sekitar 50 sepeda motor dan 20 mobil. Kunjungan hariannya hanya mencapai sekitar 500 pengunjung per hari saat week day dan 3000 pengunjung saat week end. Meski begitu selecta tetap membuka semua wahana kecuali wahana tagada. Karena wahana tersebut tidak memungkinkan untuk menerapkan protokol kesehatan (social distancing).

Sambut HUT, Sentral Bangunan Beri Cash Back Hingga Undian Berhadiah

KARANGLO- Pandemi covid-19 memang berdampak signifikan terhadap dunia bisnis. Itu pula yang dirasakan manajemen Sentral Bangunan (SEB) Malang. Walaupun begitu, supermarket bahan bangunan yang berada di wilayah Karanglo, Kabupaten Malang ini tetap berupaya memberikan yang terbaik kepada pelanggan dan konsumennya.

PKM Polinema Beri Latihan Wirausaha Ke Posyandu Disabilitas

MALANG - Pendidikan tinggi vokasi ternama di Kota Malang Polinema pada jurusan teknik kimia menunjukan jati diri dan perannya dalam memberikan kepedulian kepada masyarakat. Hal itu terbukti, dari pelatihan kewirausahaan dan tepat guna yang berbasis kesehatan hasil kerjasama Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Jurusan Teknik Kimia Polinema yang bekerjasama dengan Posyandu Disabilitas Desa Bedali Kecamatan Lawang Kabupaten Malang.

Related news

Arief Budiman Positif Covid-19, KPU Ambil Langkah Ini

MALANG KOTA — Kabar Ketua Komisi Pemilu Umum (KPU) RI Arief Budiman positif covid-19 juga sampai di KPU Kabupaten Malang. Sehingga, KPU Kabupaten Malang akan memaksimalkan konsultasi dan koordinasi dengan pusat melalui media daring.

Dukung Kampus Merdeka, Uniga-Unmer Colabs Penerapan Tri Dharma Kampus

MALANG KOTA — Universitas Gajayana (Uniga) Malang berkolaborasi dengan Universitas Merdeka (Unmer) Malang dalam menguatkan pengamalan tri dharma perguruan tinggi di Unmer Malang, Rabu (16/9). Yaitu bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Profil Syekh Ali, Ulama Naturalisasi yang Selamat dari Penusukan

RADARMALANG – Syekh Ali Jaber baru saja mengalami insiden penusukan saat menghadiri kegiatan wisuda hafalan Alquran di Bandarlampung. Akibat kejadian itu, Syekh Ali Jaber harus mendapatkan 10 jahitan di lengan kanan atas.

Kesaksian Syekh Ali Jaber Usai Ditusuk Pemuda Tak Dikenal

RADARMALANG – Ulama kondang Syekh Ali Jaber ditusuk pemuda tak dikenal saat berdakwah di Masjid Falahuddin, Tamin, Bandarlampung. Aksi pemuda nekat tersebut berhasil melukai tangan kanan atas ulama kelahiran Madinah 3 Februari 1976.
- Advertisement -