alexametrics
27C
Malang
Thursday, 28 January 2021

Gandeng Tiga Kejaksaan, Ini Rencana Strategis PWI Malang Raya

MALANG KOTA – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya antusias membekali anggotanya agar lebih produktif menghasilkan berita bagus dan bermutu. Karena itu, dalam waktu dekat bakal digelar pelatihan hukum bagi wartawan. Tak main-main, tiga Kejaksaan di Malang raya dirangkul untuk mewujudkannya.

Hal itu terungkap saat pengurus baru PWI Malang Raya mengadakan silaturrahmi dengan tiga Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Malang Raya, Selasa (12/1). Dalam pertemuan yang digelar secara online itu, Ketua PWI Malang Raya terpilih Cahyono mengatakan pentingnya membekali para wartawan ilmu seputar dunia hukum. ”Perlu pelatihan hukum yang nantinya langsung diedukasi oleh Kejaksaan Negeri agar tidak ada lagi kesalahan dalam penulisan kasus maupun pasal,” ungkap Cahyono,

Cahyono menambahkan, di periode kepengurusannya, PWI Malang Raya juga memprioritaskan pelaksanaan UKW (Uji Kompetensi Wartawan) bagi anggotanya. Sehingga para jurnalis bisa menghasilkan berita yang bermutu dan berkualitas. “Ini termasuk pengembangan SDM wartawan yang diharapkan ikut berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang melek hukum,”jelasnya.

Dalam pertemuan secara virtual itu, Kajari Kota Malang, Andi Darmawangsa SH MH mengatakan, sudah semestinya PWI membekali rekan wartawan dengan pengetahuan tentang hukum. “Karena kadang-kadang tidak nyambung antara yang disampaikan pihak Adyaksa dengan yang dipublikasi,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan, Kajari Kabupaten Malang yang diwakili Kasie Intel Ardian Wahyu Eko Hastomo SH.MH. Ia menyatakan jika tugas-tugas pencegahan maupun penindakan juga memerlukan publikasi. “Hal ini sebagai langkah penting dalam memberikan edukasi agar masyarakat tertib hukum,” terangnya.

Sementara itu, Kajari Kota Batu Dr Supriyanto SH MH mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi PWI Malang Raya. Menurut dia, media merupakan salah satu pilar demokrasi, dimana sebaik apapun tugas yang diselesaikan korps Adhiyaksa, tidak akan diketahui masyarakat tanpa kehadiran media. ”Saya harapkan perlu keseimbangan, antara publikasi penindakan dan pencegahaan. Dimana langkah preventif harus dikedepankan, agar tak terulang kejahatan yang sama,” tandas Supriyanto.

PWI Malang Raya memang getol menjalin sinergi kepada seluruh pimpinan daerah dan pemangku kepentingan. Disamping sebagai upaya mengenalkan kepengurusan yang baru, juga menghimpun masukan agar kerja organisasi profesi jurnalis ini semakin baik. Rencananya, pelantikan pengurusan PWI Malang Raya akan digelar 28 Januari 2021 di Taman Indie.

Pewarta : Ulfa Afrian

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Wajib Dibaca