alexametrics
29C
Malang
Sunday, 17 January 2021

Tiga Ranperda Prioritas Kota Batu Tunggu Evaluasi Pemprov Jatim

KOTA BATU – Tiga rancangan peraturan daerah (raperda) prioritas yang telah didok DPRD dan Pemkot Batu masih belum bisa menjadi payung hukum. Regulasi baru itu masih menunggu hasil evaluasi Pemprov Jatim. Tiga raperda ini sebelumnya dikebut pembahasannya oleh parlemen dan eksekutif akhir tahun lalu.

Tiga raperda itu adalah tentang Desa Wisata, Raperda tentang Fasilitasi Pesantren, dan Raperda tentang Penataan Desa, Kelurahan dan Kecamatan. Raperda tentang Desa Wisata lebih menekankan pada landasan pengembangan pariwisata berbasis desa. Sedangkan Raperda tentang Fasilitasi Pesantren lebih pada aturan tentang bantuan untuk pendidikan pesantren. Sementara Raperda tentang Penataan Desa, Kelurahan dan Kecamatan berisi tentang rencana pemekaran wilayah kecamatan, kelurahan dan desa.

Wakil Ketua I DPRD Kota Batu Nurochman menyampaikan, tiga produk legislasi itu saat ini masih proses di tingkat Pemprov Jatim. ”Pembahasannya sudah tuntas, tinggal menunggu proses dari Biro Hukum Provinsi Jatim,” kata politikus dari Fraksi PKB DPRD Kota Batu ini.

Hanya saja, masih kata dia, pihaknya belum mengetahui penantian tersebut sampai kapan. Karena saat ini wewenangnya ada di Pemprov Jatim. ”Harapannya segera,” jelas dia.

Pewarta: Imam N

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Wajib Dibaca