Proses PPDB Kabupaten: Meskipun Online Tapi Anti-Ruwet, Ini Alasannya
KABUPATEN MALANG – Sejak awal Juni 2020 kemarin proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Malang telah dimulai.
Awalnya, PPDB jalur Afirmasi, Perpindahan Dinas Orang Tua, dan Prestasi berlangsung pada 8-11 Juni. Selanjutnya, adapun proses pengumuman hasil penerimaan pada 15 Juni 2020.
Saat ini pun Selasa (16/6) PPDB Kabupaten Malang berlangsung proses pendaftaran Jalur Zonasi.
Selama proses pendaftaran tersebut, dari pantauan wartawan online ini tidak ada keluhan atau pengaduan dari wali Calon Peserta Didik Baru (CPDB) saat mendaftar secara online melalui website https://malangkab.siap-ppdb.com/.
Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Koko Subagyo mengaku lancarnya proses PPDB secara online di Kabupaten Malang karena adanya bantuan langsung kenpada wali CPDB saat kesulitan.
Jadi jika ada wali CPDB yang bingung dengan peoses pendaftaran persyaratan, lanjut Koko, pihaknya sudah menyiapkan sekolah-sekolah untuk membantu mengurus.
“Kalau ada yang bingung langsung dibantu sekolah. Jadi semua proses pendafataran dari scan file sampai mendapat token itu akan diurus pihak sekolah. Wali murid cuma cukup datang ke sekolah dengan membawa surat-surat yang dibutuhkan,” beber Koko ke Radar Malang, Selasa (16/6).
Saat datang ke sekolah pun, Koko mengaku, para wali CPDB juga diarahkan untuk menjaga dan menaati protokol kesehatan.
“Seperti memakai masker dan jaga jarak. Kami terapkan. Jadi alhamdulilah dengan konsep ini tidak ruwet dan lancar semuanya,” tukas Koko.
Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander