24.1 C
Malang
Saturday, 28 January 2023

Pastikan Anda Tahu Kelebihan Samsung A21s dan Spesifikasinya

Satu lagi ponsel entry level andalan Samsung yang pertama kali diluncurkan pada bulan Juni 2020. Ini adalah Galaxy A21s.Samsung A21s memiliki keistimewaan karena ini adalah ponsel pintar pertama keluaran Samsung yang dipercaya menggunakan chipset terbaru, yaitu Exynos 850. Ponsel ini menargetkan pasar generasi Z yang gemar membuat beragam konten untuk sosial media. Entah itu foto, video, dan macam konten lainnya. Tetapi selain generasi Z, lewat seri A21s ini Samsung juga menyatakan bahwa mereka menargetkan pasar lain, yaitu para pelaku bisnis online.

Baik generasi Z yang suka menggunakan media sosial maupun pelaku bisnis online, keduanya paling sering menggunakan fitur yang sama pada ponsel. Mereka banyak memanfaatkan fitur kamera, koneksi data yang lancar dan berkualitas, serta kapasitas memori yang memadai untuk menunjang aktivitas mereka. Inilah yang membuat Samsung A21s disediakan dalam beberapa pilihan memori. Samsung telah memiliki posisi kuat di bidang gadget, tak heran hampir semua produknya banyak diincar pecinta gadget. Begitu juga dengan Samsung A21s.

Sedang terpikir untuk mengganti ponsel Anda? Cek detail Samsung Galaxy A21s di bawah ini, siapa tahu cocok dengan kebutuhan Anda.

Kelebihan Samsung A21s yang Ditonjolkan Samsung

Di setiap ponselnya, Samsung selalu mengedepankan beberapa keunggulan tersendiri. Untuk Galaxy A21s, beberapa kelebihannya adalah:

  1. Gratis YouTube Premium 2 Bulan

Dengan membeli ponsel ini, Anda sudah langsung mendapatkan keuntungan dari kerja sama Samsung Galaxy dan YouTube, yaitu berupa gratis YouTube Premium selama 2 bulan penuh! Keuntungan ini sangat cocok untuk para pembuat konten yang biasa mengunduh video ke YouTube. Dengan ini, Anda bisa membuka aplikasi ini dengan bebas iklan, jadi Anda bisa streaming tanpa ada gangguan iklan sama sekali. Jauh lebih nyaman pastinya. Selain itu, YouTube dan YouTube Music juga bisa tetap berjalan di latar belakang sembari membuka aplikasi lain.

2.Fitur Kamera Wide dan Ultra Wide

Seperti disebutkan sebelumnya, ponsel ini ditujukan untuk generasi Z yang mementingkan fitur kamera pada ponsel mereka. Karena itu, seri A21s mengedepankan banyak kelebihan dari segi kameranya. Salah satunya adalah tersedianya kamera Wide dan Ultra Wide. Ini membuat pandangan Anda jadi lebih luas dan bisa mengambil gambar dengan sudut pandang yang lebih menarik.

  1. Kamera Macro yang Akurat

Salah satu kamera belakang di seri A21s adalah kamera Macro beresolusi 2 MP (40 mm). Dengan kamera ini, Anda bisa mendapatkan detail gambar yang lebih menawan untuk pengambilan foto close up. Anda bisa mengaplikasikan latar belakang yang blur atau kabur agar subyek foto Anda bisa tampil dengan lebih menonjol.

4.Hasil Kamera Selfie Lebih Menarik Perhatian

Anda ingin tampil lebih menonjol dalam selfie? Galaxy A21s punya kamera depan sebesar 13 MP yang mampu memberikan hasil foto jernih dan beresolusi tinggi. Kamera selfie ini juga dilengkapi dengan fitur Live focus yang jika diaktifkan bisa menampilkan latar belakang yang blur. Dengan begitu, wajah Anda jadi lebih menonjol.

5.Kapasitas Baterai Besar

Mau menggunakan ponsel untuk merekam konten seharian? Tidak masalah. Samsung Galaxy A21s memiliki kapasitas baterai yang besar, yaitu 5000 mAh. Dengan ukuran sebesar ini, Anda bisa menggunakan ponsel seharian. Namun pemakaian aktualnya tentu tergantung dari masing-masing penggunanya. Selain itu, koneksi internet dan faktor lain juga bisa mempengaruhi usia baterai.

Selain 5 kelebihan yang dikedepankan Samsung di atas, masih banyak hal yang ditawarkan Galaxy A21s. Cek spesifikasinya di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Bodi dan Desain

Dimensi bodi ponsel Galaxy A21s adalah sebesar 163.7 x 75.3 x 8.9 mm dengan bobot sebesar 192 gram. Bobotnya cukup ringan dan cukup nyaman untuk digenggam atau dimasukkan ke dalam kantong. Bagian depannya terbuat dari kaca, sementara bagian belakang ponsel menggunakan bahan plastik polikarbonat. Sama seperti seri A lainnya dari Samsung Galaxy, meski terbuat dari plastik, tapi desain bodi belakangnya tidak terkesan murah.

Dengan finishing warna glossy yang mengilap, bila terkena cahaya cover belakangnya ini akan memberikan efek pantulan cahaya yang terkesan elegan. Selain itu, ada motif di beberapa bagian berupa arsiran garis asimetris. Motif arsiran ini terdiri dari beberapa jenis, ada yang berbentuk vertikal, horizontal, dan diagonal. Pola ini selain menarik juga membuat cover belakang Galaxy A21s jadi tidak licin dan tidak mudah selip saat digenggam. Untuk desain peletakan kamera sudah mengikuti gaya terkini yaitu panel segi empat. Ketiga kamera belakang dan lampu flash diletakkan di panel persegi warna hitam yang trendi. Sementara untuk kamera depannya juga sudah mengadopsi bentuk pucnh hole atau 1 titik yang diletakkan di bagian kiri atas layar. Desain ini memang bukan merupakan inovasi baru, tapi masih dianggap kekinian dan banyak diduka.

Display

Samsung galaxy A21s memiliki ukuran layar sebesar 6.5 inci, sudah sesuai dengan tren terkini. Rasio layar ke bodinya adalah 82.8%, sehingga bezel yang mengelilingi layar memang masih terlihat, tetapi cukup tipis dan tidak mengganggu. Apalagi karena kamera selfie yang berbentuk punch hole, layar jadi terkesan lebih luas dan penuh. Jadi saat menonton video atau main game akan lebih leluasa. Layarnya menggunakan layar IPS dari Samsung, yaitu PLS (Planet o Line Switching) TFT LCD.

Jenis layar ini diklaim lebih baik hasilnya jika dibandingkan dengan IPS, tetapi biaya pembuatannya lebih rendah.Gambar yang dihasilkan dari layar ini adalah HD+ dengan resolusi 720 x 1600 piksel. Untuk main game atau nonton video di daerah yang pencahayaannya terang, layar masih terasa nyaman. Untuk fitur di bagian display, Anda bisa memilih mode Light atau Dark yang bisa diatur secara manual sesuai dengan selera. Selain itu, Anda juga bisa mengatur ponsel agar lebih personal dengan mengganti font, bar navigasi, screen saver, dan lain-lain.

Kamera

Kamera di Samsung A21s sudah mampu menghasilkan hasil foto dan video yang berkualitas. Untuk keperluan konten di media sosial, Galaxy A21s sudah cukup untuk dijadikan perangkat andalan. Kamera belakangnya merupakan triple camera yang terdiri dari kamera Wide 48 MP dengan bukaan 2.0, kamera Macro 2 MP dengan bukaan 2.4, dan kamera Depth dengan bukaan 2.4. Mengambil foto dari jarak jauh maupun dekat, detailnya bisa tampak berkualitas. Hasil foto di luar ruangan dengan cahaya matahari terlihat lebih maksimal. Kamera Ultra Wide juga dapat digunakan untuk memperluas bidikan, termasuk saat merekam video.

Resolusi video yang dihasilkan dari kamera belakang adalah Full HD 1080p @30fps. Lalu bagaimana dengan kamera depannya? Kamera depan memiliki resolusi 13 MP yang merupakan kamera Wide dengan fitur yang bisa lebih fokus pada wajah saat selfie. Untuk keperluan merekam Instagram Story atau konten Tik Tok, kamera Samsung A21s ini sudah sangat memadai. Samsung menyertakan fitur untuk menyimpan foto Anda dalam format selain JPG, yaitu HEIF. Ukuran dokumen HEIF bisa Anda pilih kalau ingin menghemat memori, karena ukurannya hanya setengah dari JPG. Untuk video, juga ada pilihan format HEVC yang bisa menghemat memori.

Performa

Ini adalah ponsel Samsung pertama yang menggunakan chipset kreasi Samsung sendiri, Exynos 850 (nm). Ini adalah prosesor yang digunakan sebagai pendukung ponsel entry level Samsung. Dengan kemempuan Octa-core 4 x 2.0 GHz Cortex-A55 dan 4 x 2.0 GHz Cortex-A55. Dengan chipset ini, Anda sudah bisa nyaman menggunakan ponsel untuk kegiatan multitasking dengan lancar. Selain itu, Cortex A55 dikenal sebagai core yang hemat daya dan umumnya digunakan pada chipset kelas high end.Terutama jika Anda memilih RAM yang lebih besar.

Sistem Operasi dan Antarmuka

Diluncurkan di pertengahan 2020, sistem operasi yang digunakan pada ponsel ini adalah Android 10. Untuk tampilan antarmukanya sudah diselipkan OneUI 2.1 yang merupakan versi terbaru dari tampilan antar muka Samsung ini. Dikenal mudah digunakan dan ramah bagi pengguna, tampilan antarmuka ini sangat mudah dioperasikan dan dipelajari oleh pengguna dari berbagai usia.

Sensor

Samsung Galaxy A21s sudah dilengkapi dengan sensor yang cukup lengkap, seperti accelerometer, gyro, compass, proximity, dan fingerprint. Untuk sensor sidik jari, letaknya ada di belakang dengan posisi yang pas. Sehingga Anda akan lebih mudah menyalakan ponsel atau mengaktifkan aplikasi yang diamankan dengan fitur ini. Selain itu, ada juga pilihan untuk menggunakan sensor Face Recognition atau pengenalan wajah untuk membuka kunci ponsel. Tingkat akurasinya sudah baik, tergantung dari tingkat pencahayaan di lingkungan saat itu.

Memori Luas

Di awal peluncurannya, Samsung galaxy A21s tersedia dalam varian RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB. Kemudian diupgrade dengan pilihan memori yang lebih luas, yaitu RAM 6 GB dengan memori internal sebesar 64 GB. Pilihan RAM yang luas sebesar 6 GB sudah sangat leluasa untuk Anda yang suka membuka beberapa aplikasi dalam waktu yang sama atau untuk main game yang ukurannya cukup berat. Sementara itu, jika memori internal sebesar 64 GB masih dirasa kurang, Anda masih bisa menambahkan dengan memori eksternal hingga 512 GB. Slot microSDXC tersedia secara khusus di SIM tray. Sehingga Anda bisa tetap nyaman menggunakan single SIM atau double SIM card dalam ukuran Nano.

Kapasitas Baterai dan Fast Charging

Kapasitas baterainya yang besar, yaitu 5000 mAh membuat Anda bisa memakainya seharian tanpa perlu kuatir kehabisan daya. Kalaupun penggunaan ponsel Anda sangat intens dan harus mengisi daya di tengah aktivitas, tak perlu kuatir. Karena Samsung A21s dilengkapi dengan teknologi fast charging 15 Watt. Isi daya tidak perlu waktu lama. Dari 0% sampai 100% hanya perlu waktu sekitar 2 jam saja.

Pilihan Warna

Anda bisa memilih warna sesuai selera. Di peluncuran awalnya, tersedia 4 pilihan warna yaitu hitam, putih, merah, dan biru. Kemudian diluncurkan pilihan warnaterbaru, yaitu silver.

Ingin mendapatkan ponsel dengan kamera yang dilengkapi berbagai fitur untuk keperluan membuat konten? Samsung A21s adalah pilihan yang tepat. Teknologi fast charging dan RAM yang luas dijamin mampu memaksimalkan aktivitas Anda.

Satu lagi ponsel entry level andalan Samsung yang pertama kali diluncurkan pada bulan Juni 2020. Ini adalah Galaxy A21s.Samsung A21s memiliki keistimewaan karena ini adalah ponsel pintar pertama keluaran Samsung yang dipercaya menggunakan chipset terbaru, yaitu Exynos 850. Ponsel ini menargetkan pasar generasi Z yang gemar membuat beragam konten untuk sosial media. Entah itu foto, video, dan macam konten lainnya. Tetapi selain generasi Z, lewat seri A21s ini Samsung juga menyatakan bahwa mereka menargetkan pasar lain, yaitu para pelaku bisnis online.

Baik generasi Z yang suka menggunakan media sosial maupun pelaku bisnis online, keduanya paling sering menggunakan fitur yang sama pada ponsel. Mereka banyak memanfaatkan fitur kamera, koneksi data yang lancar dan berkualitas, serta kapasitas memori yang memadai untuk menunjang aktivitas mereka. Inilah yang membuat Samsung A21s disediakan dalam beberapa pilihan memori. Samsung telah memiliki posisi kuat di bidang gadget, tak heran hampir semua produknya banyak diincar pecinta gadget. Begitu juga dengan Samsung A21s.

Sedang terpikir untuk mengganti ponsel Anda? Cek detail Samsung Galaxy A21s di bawah ini, siapa tahu cocok dengan kebutuhan Anda.

Kelebihan Samsung A21s yang Ditonjolkan Samsung

Di setiap ponselnya, Samsung selalu mengedepankan beberapa keunggulan tersendiri. Untuk Galaxy A21s, beberapa kelebihannya adalah:

  1. Gratis YouTube Premium 2 Bulan

Dengan membeli ponsel ini, Anda sudah langsung mendapatkan keuntungan dari kerja sama Samsung Galaxy dan YouTube, yaitu berupa gratis YouTube Premium selama 2 bulan penuh! Keuntungan ini sangat cocok untuk para pembuat konten yang biasa mengunduh video ke YouTube. Dengan ini, Anda bisa membuka aplikasi ini dengan bebas iklan, jadi Anda bisa streaming tanpa ada gangguan iklan sama sekali. Jauh lebih nyaman pastinya. Selain itu, YouTube dan YouTube Music juga bisa tetap berjalan di latar belakang sembari membuka aplikasi lain.

2.Fitur Kamera Wide dan Ultra Wide

Seperti disebutkan sebelumnya, ponsel ini ditujukan untuk generasi Z yang mementingkan fitur kamera pada ponsel mereka. Karena itu, seri A21s mengedepankan banyak kelebihan dari segi kameranya. Salah satunya adalah tersedianya kamera Wide dan Ultra Wide. Ini membuat pandangan Anda jadi lebih luas dan bisa mengambil gambar dengan sudut pandang yang lebih menarik.

  1. Kamera Macro yang Akurat

Salah satu kamera belakang di seri A21s adalah kamera Macro beresolusi 2 MP (40 mm). Dengan kamera ini, Anda bisa mendapatkan detail gambar yang lebih menawan untuk pengambilan foto close up. Anda bisa mengaplikasikan latar belakang yang blur atau kabur agar subyek foto Anda bisa tampil dengan lebih menonjol.

4.Hasil Kamera Selfie Lebih Menarik Perhatian

Anda ingin tampil lebih menonjol dalam selfie? Galaxy A21s punya kamera depan sebesar 13 MP yang mampu memberikan hasil foto jernih dan beresolusi tinggi. Kamera selfie ini juga dilengkapi dengan fitur Live focus yang jika diaktifkan bisa menampilkan latar belakang yang blur. Dengan begitu, wajah Anda jadi lebih menonjol.

5.Kapasitas Baterai Besar

Mau menggunakan ponsel untuk merekam konten seharian? Tidak masalah. Samsung Galaxy A21s memiliki kapasitas baterai yang besar, yaitu 5000 mAh. Dengan ukuran sebesar ini, Anda bisa menggunakan ponsel seharian. Namun pemakaian aktualnya tentu tergantung dari masing-masing penggunanya. Selain itu, koneksi internet dan faktor lain juga bisa mempengaruhi usia baterai.

Selain 5 kelebihan yang dikedepankan Samsung di atas, masih banyak hal yang ditawarkan Galaxy A21s. Cek spesifikasinya di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Bodi dan Desain

Dimensi bodi ponsel Galaxy A21s adalah sebesar 163.7 x 75.3 x 8.9 mm dengan bobot sebesar 192 gram. Bobotnya cukup ringan dan cukup nyaman untuk digenggam atau dimasukkan ke dalam kantong. Bagian depannya terbuat dari kaca, sementara bagian belakang ponsel menggunakan bahan plastik polikarbonat. Sama seperti seri A lainnya dari Samsung Galaxy, meski terbuat dari plastik, tapi desain bodi belakangnya tidak terkesan murah.

Dengan finishing warna glossy yang mengilap, bila terkena cahaya cover belakangnya ini akan memberikan efek pantulan cahaya yang terkesan elegan. Selain itu, ada motif di beberapa bagian berupa arsiran garis asimetris. Motif arsiran ini terdiri dari beberapa jenis, ada yang berbentuk vertikal, horizontal, dan diagonal. Pola ini selain menarik juga membuat cover belakang Galaxy A21s jadi tidak licin dan tidak mudah selip saat digenggam. Untuk desain peletakan kamera sudah mengikuti gaya terkini yaitu panel segi empat. Ketiga kamera belakang dan lampu flash diletakkan di panel persegi warna hitam yang trendi. Sementara untuk kamera depannya juga sudah mengadopsi bentuk pucnh hole atau 1 titik yang diletakkan di bagian kiri atas layar. Desain ini memang bukan merupakan inovasi baru, tapi masih dianggap kekinian dan banyak diduka.

Display

Samsung galaxy A21s memiliki ukuran layar sebesar 6.5 inci, sudah sesuai dengan tren terkini. Rasio layar ke bodinya adalah 82.8%, sehingga bezel yang mengelilingi layar memang masih terlihat, tetapi cukup tipis dan tidak mengganggu. Apalagi karena kamera selfie yang berbentuk punch hole, layar jadi terkesan lebih luas dan penuh. Jadi saat menonton video atau main game akan lebih leluasa. Layarnya menggunakan layar IPS dari Samsung, yaitu PLS (Planet o Line Switching) TFT LCD.

Jenis layar ini diklaim lebih baik hasilnya jika dibandingkan dengan IPS, tetapi biaya pembuatannya lebih rendah.Gambar yang dihasilkan dari layar ini adalah HD+ dengan resolusi 720 x 1600 piksel. Untuk main game atau nonton video di daerah yang pencahayaannya terang, layar masih terasa nyaman. Untuk fitur di bagian display, Anda bisa memilih mode Light atau Dark yang bisa diatur secara manual sesuai dengan selera. Selain itu, Anda juga bisa mengatur ponsel agar lebih personal dengan mengganti font, bar navigasi, screen saver, dan lain-lain.

Kamera

Kamera di Samsung A21s sudah mampu menghasilkan hasil foto dan video yang berkualitas. Untuk keperluan konten di media sosial, Galaxy A21s sudah cukup untuk dijadikan perangkat andalan. Kamera belakangnya merupakan triple camera yang terdiri dari kamera Wide 48 MP dengan bukaan 2.0, kamera Macro 2 MP dengan bukaan 2.4, dan kamera Depth dengan bukaan 2.4. Mengambil foto dari jarak jauh maupun dekat, detailnya bisa tampak berkualitas. Hasil foto di luar ruangan dengan cahaya matahari terlihat lebih maksimal. Kamera Ultra Wide juga dapat digunakan untuk memperluas bidikan, termasuk saat merekam video.

Resolusi video yang dihasilkan dari kamera belakang adalah Full HD 1080p @30fps. Lalu bagaimana dengan kamera depannya? Kamera depan memiliki resolusi 13 MP yang merupakan kamera Wide dengan fitur yang bisa lebih fokus pada wajah saat selfie. Untuk keperluan merekam Instagram Story atau konten Tik Tok, kamera Samsung A21s ini sudah sangat memadai. Samsung menyertakan fitur untuk menyimpan foto Anda dalam format selain JPG, yaitu HEIF. Ukuran dokumen HEIF bisa Anda pilih kalau ingin menghemat memori, karena ukurannya hanya setengah dari JPG. Untuk video, juga ada pilihan format HEVC yang bisa menghemat memori.

Performa

Ini adalah ponsel Samsung pertama yang menggunakan chipset kreasi Samsung sendiri, Exynos 850 (nm). Ini adalah prosesor yang digunakan sebagai pendukung ponsel entry level Samsung. Dengan kemempuan Octa-core 4 x 2.0 GHz Cortex-A55 dan 4 x 2.0 GHz Cortex-A55. Dengan chipset ini, Anda sudah bisa nyaman menggunakan ponsel untuk kegiatan multitasking dengan lancar. Selain itu, Cortex A55 dikenal sebagai core yang hemat daya dan umumnya digunakan pada chipset kelas high end.Terutama jika Anda memilih RAM yang lebih besar.

Sistem Operasi dan Antarmuka

Diluncurkan di pertengahan 2020, sistem operasi yang digunakan pada ponsel ini adalah Android 10. Untuk tampilan antarmukanya sudah diselipkan OneUI 2.1 yang merupakan versi terbaru dari tampilan antar muka Samsung ini. Dikenal mudah digunakan dan ramah bagi pengguna, tampilan antarmuka ini sangat mudah dioperasikan dan dipelajari oleh pengguna dari berbagai usia.

Sensor

Samsung Galaxy A21s sudah dilengkapi dengan sensor yang cukup lengkap, seperti accelerometer, gyro, compass, proximity, dan fingerprint. Untuk sensor sidik jari, letaknya ada di belakang dengan posisi yang pas. Sehingga Anda akan lebih mudah menyalakan ponsel atau mengaktifkan aplikasi yang diamankan dengan fitur ini. Selain itu, ada juga pilihan untuk menggunakan sensor Face Recognition atau pengenalan wajah untuk membuka kunci ponsel. Tingkat akurasinya sudah baik, tergantung dari tingkat pencahayaan di lingkungan saat itu.

Memori Luas

Di awal peluncurannya, Samsung galaxy A21s tersedia dalam varian RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB. Kemudian diupgrade dengan pilihan memori yang lebih luas, yaitu RAM 6 GB dengan memori internal sebesar 64 GB. Pilihan RAM yang luas sebesar 6 GB sudah sangat leluasa untuk Anda yang suka membuka beberapa aplikasi dalam waktu yang sama atau untuk main game yang ukurannya cukup berat. Sementara itu, jika memori internal sebesar 64 GB masih dirasa kurang, Anda masih bisa menambahkan dengan memori eksternal hingga 512 GB. Slot microSDXC tersedia secara khusus di SIM tray. Sehingga Anda bisa tetap nyaman menggunakan single SIM atau double SIM card dalam ukuran Nano.

Kapasitas Baterai dan Fast Charging

Kapasitas baterainya yang besar, yaitu 5000 mAh membuat Anda bisa memakainya seharian tanpa perlu kuatir kehabisan daya. Kalaupun penggunaan ponsel Anda sangat intens dan harus mengisi daya di tengah aktivitas, tak perlu kuatir. Karena Samsung A21s dilengkapi dengan teknologi fast charging 15 Watt. Isi daya tidak perlu waktu lama. Dari 0% sampai 100% hanya perlu waktu sekitar 2 jam saja.

Pilihan Warna

Anda bisa memilih warna sesuai selera. Di peluncuran awalnya, tersedia 4 pilihan warna yaitu hitam, putih, merah, dan biru. Kemudian diluncurkan pilihan warnaterbaru, yaitu silver.

Ingin mendapatkan ponsel dengan kamera yang dilengkapi berbagai fitur untuk keperluan membuat konten? Samsung A21s adalah pilihan yang tepat. Teknologi fast charging dan RAM yang luas dijamin mampu memaksimalkan aktivitas Anda.

Wajib Dibaca

Artikel Terbaru