alexametrics
23 C
Malang
Monday, 21 September 2020

Diproses BKAD, Tunjangan Sertifikasi Guru Periode II Siap Cair

- Advertisement -
- Advertisement -

KOTA BATU – Tunjangan sertifikasi untuk guru PNS di Kota Batu periode kedua atau triwulan II April sampai Juni, saat ini sudah diproses oleh Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) untuk dicairkan.

“Sampai April (tunjangan sertifikasi) sudah cair. Untuk Mei sampai Juni sudah proses di BKAD,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Eny Rachyuningsih. Namun, Eny tidak mengungkapkan kapan waktunya tunjangan sertifikasi itu akan dicairkan oleh BKAD.

Eny hanya menjelaskan, rata-rata setiap bulan sebesar Rp 3,2 miliar tunjangan sertifikasi yang dicairkan untuk 857 guru PNS di lingkungan Pemkot Batu.

Untuk guru non-PNS, Eny melanjutkan, pencairan tunjangan dilakukan langsung oleh pemerintah pusat melalui Kemendikbud. Dengan setiap guru mendapatkan rata-rata setiap 3 bulan sekali Rp 1,5 juta sampai Rp 4,5 juta.

“Di Kota Batu sendiri terdapat guru sertifikasi yang non-PNS sekitar 200 orang. Bagi yang sudah inpassing (terdaftar di dapodik) tunjangannya bisa dapat lebih,” kata Eny.

Namun, ujar dia, pemberian tunjangan profesi tersebut dikecualikan bagi guru-guru seperti guru agama dan guru yang bertugas di satuan pendidikan kerja sama (SPK).

“Kalau guru pendidikan agama tunjangan profesinya dibayarkan oleh Kementerian Agama, tetapi kalau guru SPK kami masih belum tahu, akan saya cari tahu apakah di Kota Batu ada sekolah-sekolah yang bermitra dengan pihak asing (luar negeri) atau tidak,” kata Eny. Sedangkan pengecualian pemberian tunjangan profesi kepada guru yang bertugas di SPK telah dilakukan sejak 2019.

Dikatakan Eny, dengan pemberian tunjangan profesi, diharapkan guru bersertifikat pendidik lebih bermartabat dan lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

“Sejalan dengan peran guru sebagai pendidik profesional yang mempunyai fungsi dan kedudukan yang sangat strategis untuk mencapai tujuan pendidikan nasional,” kata dia.

Pewarta: Nugraha Perdana
Foto: Dokumen Radar Malang
Editor: Hendarmono Al S

- Advertisement -

Latest news

Baru Dibuka, Taman Wisata Selecta Didominasi Keluarga

KOTA BATU – Taman Wisata Selecta mengalami penurunan pengunjung yang sangat signifikan, terlihat dari tempat parkir yang hanya berisi sekitar 50 sepeda motor dan 20 mobil. Kunjungan hariannya hanya mencapai sekitar 500 pengunjung per hari saat week day dan 3000 pengunjung saat week end. Meski begitu selecta tetap membuka semua wahana kecuali wahana tagada. Karena wahana tersebut tidak memungkinkan untuk menerapkan protokol kesehatan (social distancing).
- Advertisement -

Sambut HUT, Sentral Bangunan Beri Cash Back Hingga Undian Berhadiah

KARANGLO- Pandemi covid-19 memang berdampak signifikan terhadap dunia bisnis. Itu pula yang dirasakan manajemen Sentral Bangunan (SEB) Malang. Walaupun begitu, supermarket bahan bangunan yang berada di wilayah Karanglo, Kabupaten Malang ini tetap berupaya memberikan yang terbaik kepada pelanggan dan konsumennya.

PKM Polinema Beri Latihan Wirausaha Ke Posyandu Disabilitas

MALANG - Pendidikan tinggi vokasi ternama di Kota Malang Polinema pada jurusan teknik kimia menunjukan jati diri dan perannya dalam memberikan kepedulian kepada masyarakat. Hal itu terbukti, dari pelatihan kewirausahaan dan tepat guna yang berbasis kesehatan hasil kerjasama Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Jurusan Teknik Kimia Polinema yang bekerjasama dengan Posyandu Disabilitas Desa Bedali Kecamatan Lawang Kabupaten Malang.

Pelaku Wisata Kota Batu Belum Bebas Narkoba 100 Persen

Kota Batu - Sejak tahun 2012, BNN Kota Batu bekerjasama dengan berbagai tempat wisata dan penginapan untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya narkoba. Daerah yang memiliki obyek wisata potensial dan sering dikunjungi wisatawan, rentan menjadi tempat tujuan narkoba.

Related news

Arief Budiman Positif Covid-19, KPU Ambil Langkah Ini

MALANG KOTA — Kabar Ketua Komisi Pemilu Umum (KPU) RI Arief Budiman positif covid-19 juga sampai di KPU Kabupaten Malang. Sehingga, KPU Kabupaten Malang akan memaksimalkan konsultasi dan koordinasi dengan pusat melalui media daring.

Dukung Kampus Merdeka, Uniga-Unmer Colabs Penerapan Tri Dharma Kampus

MALANG KOTA — Universitas Gajayana (Uniga) Malang berkolaborasi dengan Universitas Merdeka (Unmer) Malang dalam menguatkan pengamalan tri dharma perguruan tinggi di Unmer Malang, Rabu (16/9). Yaitu bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Profil Syekh Ali, Ulama Naturalisasi yang Selamat dari Penusukan

RADARMALANG – Syekh Ali Jaber baru saja mengalami insiden penusukan saat menghadiri kegiatan wisuda hafalan Alquran di Bandarlampung. Akibat kejadian itu, Syekh Ali Jaber harus mendapatkan 10 jahitan di lengan kanan atas.

Kesaksian Syekh Ali Jaber Usai Ditusuk Pemuda Tak Dikenal

RADARMALANG – Ulama kondang Syekh Ali Jaber ditusuk pemuda tak dikenal saat berdakwah di Masjid Falahuddin, Tamin, Bandarlampung. Aksi pemuda nekat tersebut berhasil melukai tangan kanan atas ulama kelahiran Madinah 3 Februari 1976.
- Advertisement -