alexametrics
Friday, August 14, 2020

Diproses BKAD, Tunjangan Sertifikasi Guru Periode II Siap Cair

- Advertisement -
- Advertisement -

KOTA BATU – Tunjangan sertifikasi untuk guru PNS di Kota Batu periode kedua atau triwulan II April sampai Juni, saat ini sudah diproses oleh Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) untuk dicairkan.

“Sampai April (tunjangan sertifikasi) sudah cair. Untuk Mei sampai Juni sudah proses di BKAD,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Eny Rachyuningsih. Namun, Eny tidak mengungkapkan kapan waktunya tunjangan sertifikasi itu akan dicairkan oleh BKAD.

Eny hanya menjelaskan, rata-rata setiap bulan sebesar Rp 3,2 miliar tunjangan sertifikasi yang dicairkan untuk 857 guru PNS di lingkungan Pemkot Batu.

Untuk guru non-PNS, Eny melanjutkan, pencairan tunjangan dilakukan langsung oleh pemerintah pusat melalui Kemendikbud. Dengan setiap guru mendapatkan rata-rata setiap 3 bulan sekali Rp 1,5 juta sampai Rp 4,5 juta.

“Di Kota Batu sendiri terdapat guru sertifikasi yang non-PNS sekitar 200 orang. Bagi yang sudah inpassing (terdaftar di dapodik) tunjangannya bisa dapat lebih,” kata Eny.

Namun, ujar dia, pemberian tunjangan profesi tersebut dikecualikan bagi guru-guru seperti guru agama dan guru yang bertugas di satuan pendidikan kerja sama (SPK).

“Kalau guru pendidikan agama tunjangan profesinya dibayarkan oleh Kementerian Agama, tetapi kalau guru SPK kami masih belum tahu, akan saya cari tahu apakah di Kota Batu ada sekolah-sekolah yang bermitra dengan pihak asing (luar negeri) atau tidak,” kata Eny. Sedangkan pengecualian pemberian tunjangan profesi kepada guru yang bertugas di SPK telah dilakukan sejak 2019.

Dikatakan Eny, dengan pemberian tunjangan profesi, diharapkan guru bersertifikat pendidik lebih bermartabat dan lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

“Sejalan dengan peran guru sebagai pendidik profesional yang mempunyai fungsi dan kedudukan yang sangat strategis untuk mencapai tujuan pendidikan nasional,” kata dia.

Pewarta: Nugraha Perdana
Foto: Dokumen Radar Malang
Editor: Hendarmono Al S

- Advertisement -

Latest news

Semut Wifi, Trik MTsN 6 Malang Bantu Siswa Belajar Daring

Melalui program Bidik Signal Abhikarsya “BISA” MTsN 6 Malang meminjamkan telepon seluler (ponsel) dan membelikan kuota internet kepada siswa yang mengalami kendala saat pembelajaran daring.
- Advertisement -

Digitalisasi Majalah di MMI Butuh Sabar dan Telaten, Seperti Apa?

“Susahnya, majalah itu sudah dijilid, jadi harus dilepas dulu supaya hasilnya bagus,” jelasnya.

BI Mengajar, Dorong Transaksi Nontunai Lewat QRIS

“Saat ini transaksi digital sangat digemari masyarakat, terutama kaum milenial. Apalagi dengan adanya pandemi seperti ini, transaksi non tunai adalah alternatif yang banyak dipilih oleh masyarakat,” ujar dia.

Kaget Pengumuman Dimajukan, Peserta SBMPTN Deg-degan

“Deg-degan sampai sekarang. Tahu informasi perubahan dari internet,” kata gadis asal Kelurahan Sawojajar, Kota Malang ini kepada Radar Malang, Kamis (13/8).

Related news

Digitalisasi Majalah di MMI Butuh Sabar dan Telaten, Seperti Apa?

“Susahnya, majalah itu sudah dijilid, jadi harus dilepas dulu supaya hasilnya bagus,” jelasnya.

Layanan Medis Komprehensif RSPH Raih Predikat Terbaik di RMA 2020

Rumah Sakit Prima Husada (RSPH) berhasil menyabet penghargaan sebagai “Type C Hospital with The Most Comprehensive Healthcare Facilities” di Radar Malang Award 2020. Penghargaan diberikan Kamis (13/8) oleh Direktur Radar Malang Kurniawan Muhammad, kepada Komisaris Utama PT Disa Prima Medika (RSHP), dr Sadi Hariono MMRS didampingi Direktur Utama PT Disa Prima Medika Endang Susilowati.

Bawa 32 Tabung Elpiji dan Bensin, Espass Meledak Bakar Pengemudi

Mobil bernopol N 541 DR tersebut tengah mengangkut 32 tabung gas elpiji ukuran 3 kilogram dan 2 buah jeriken berisi bensin.

Wacana Sirkuit Balap, Wakil Wali Kota Malang Beri Lampu Hijau

KOTA MALANG - Belum lama ini, Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana melontarkan wacana pembangunan sirkuit balap di Kecamatan Kedungkandang. Usul itu direspon positif Pemkot Malang. 
- Advertisement -