KOTA BATU – Mungkin bagi warga Kota Batu yang ingin melakukan pernikahan, utamanya menggelar resepsi pernikahan menjadi was-was. Sebab, status Kota Batu naik kembali menjadi zona merah dari sebelumnya orange. Namun rupanya, Wali Kota Batu Hj Dra Dewanti Rumpoko memberi lampu hijau terkait hal tersebut.

Istri mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko itu mengatakan, untuk akad nikah diperbolehkan. Sedangkan untuk kegiatan resepsi, dia meminta adanya pembatasan dengan hanya dihadiri dari pihak keluarga terdekat.

“Maksimal itu 50 orang lah atau sekitaran itu, tapi tetap harus ada izin dari Tim Satgas Covid-19 tingkat desa/kelurahan serta penerapan physical distancing dan penggunaan masker,” kata Dewanti ditemui di sela-sela acara di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Selasa (28/7) lalu.

Pembatasan tersebut, kata Dewanti, dilakukan karena Kota Batu masih dalam status zona merah. Dia tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan supaya bisa menekan laju pertumbuhan pergerakan Covid-19 sehingga diharapkan menjadi zona hijau kedepannya.

Seperti diketahui berdasarkan SK Wali Kota Batu saat ini sudah memasuki Fase V dalam transisi new normal. Sedangkan kegiatan resepsi pernikahan, khitanan, ulang tahun, dan lainnya sudah diperbolehkan sejak Fase IV lalu.

“Tetapi ingat fase itu kan perkiraan saja, karena sewaktu-waktu dapat berubah jika situasi kondisi urgent, Alhamdulillah walaupun kita ini zona merah tetapi tetap bisa mengendalikan dengan melakukan tracking yang masif ketika adanya orang yang positif Covid-19,” kata dia.

Pewarta: Nugraha Perdana
Foto: Nugraha Perdana
Editor: Hendarmono Al S