alexametrics
22.6 C
Malang
Wednesday, 23 September 2020

Makin Padat, Kualitas Udara Kota Batu Diklaim Masih Ciamik

- Advertisement -
- Advertisement -

KOTA BATU – Jumlah penduduk Kota Batu yang terus bertambah setiap tahun. Saat ini, ada 200 ribu jiwa mendiami kota wisata tersebut. Meski begitu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu optimis, polusi udara masih baik di bawah baku mutu.

Kabid Pengendalian dan Penanggulangan Pencemaran Lingkungan Hidup, DLH Kota Batu Made Suardika mengatakan setiap dua kali dalam setahun pihaknya selalu melakukan Uji Udara. Lalu pengambilan samplenya dilakukan pada musim kemarau dan hujan. Pengambilan sampel mewakili dua musim yang berbeda, dan hasilnya bisa diketahui pada akhir tahun. Tetapi untuk hasil sementara dari 10 titik yang dilakukan pengujian hasilnya masih baik.

“Diantaranya di Jl Dieng Desa Sidomulyo, Pemukiman Kelurahan Sisir, TPA Tlekung, Balai Kota Among Tani, Terminal Batu dan lainnya,” katanya. Contohnya dalam parameter uji udara Nitrogen Dioksida (NO2) di Jl Ir Soekarno (pertigaan pendem) hasilnya 0,93. Dengan nilai baku mutu 92,5 l1g/Nm3.Kemudian untuk TSP (debu) itu nilainya 0,0915 mg/Nm3 dari baku mutu 0,26 mg/Nm3.

Menurutnya, kondisi udara tersebut masih di bawah ambang batas atau baku mutu. Artinya, kata dia, masih bisa ditolerir karena setiap parameter udara atau air punya ambang batasnya. Selain itu, lanjut Made, pihaknya melakukan pemantauan ke lokasi-lokasi yang dianggap lebih besar tingkat pencemaran udaranya.

“Tapi justru polusi udara di kawasan itu berasal dari kendaraan bermotor. Namun dari hasil pantauan masih di bawah baku mutu,” jelasnya.

Meski begitu dia mengatakan adanya pertambahan penduduk dan pesatnya pembangunan di Kota Batu berpengaruh terhadap penurunan kualitas udara. Contohnya pada tahun 2019 dalam parameter uji udara Nitrogen Dioksida (NO2) di lokasi yang sama hasilnya 26,0. Dengan nilai baku mutu 400 l1g/Nm3.

“Kemudian untuk TSP (debu) itu nilainya 0,0340 mg/Nm3,” katanya. Lalu untuk kualitas oksigen tercatat pada tahun 2020 ini rata-rata di bawah 21,42 dengan baku mutu 200 l1g/Nm3. Dan Karbon Monoksida tercatat 1,286 sampai 9,229 dengan baku mutu 22,6 l1g/Nm3.

Sedangkan untuk suhu tercatat dari 27 derajat celcius sampai 39 derajat celcius. Sedangkan pada tahun 2019, suhu di Kota Batu dari 20 titik lokasi yang disurvey dari 25 derajat celcius sampai 34 derajat celcius. “Sebelum tahun 2000 itu mungkin bisa tercatat di bawah 20 derajat celcius,” katanya.

Dia mengatakan untuk menjaga kualitas udara yang baik, Pemkot Batu selalu berusaha melakukan berbagai upaya. Diantaranya merawat Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang ada seperti di Taman Hutan Bondas dan pohon atau taman yang ada di pinggir jalan.

“Kami DLH juga selalu melaksanakan kegiatan bersama masyarakat dengan cara penanaman pohon yang bisa menyimpan air pada musim kemarau, juga agar menjaga udara supaya tidak tercemar,” katanya.

Dia mengatakan dalam waktu dekat pada bulan September mendatang, DLH memliki program penanaman 4100 bibit pohon. Mulai dari bibit sukun, bibit pulai, bibit matoa dan bibit beringin.

Pewarta: Nugraha

- Advertisement -

Latest news

PKKMB Uniga, Ajak Maba Tetap Semangat di Tengah Pandemi Covid-19

MALANG – Universitas Gajayana Malang menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2020 -2021. Dalam kegiatan yang digelar secara daring dan luring selama tiga hari tersebut, Uniga mengangkat tema Tetap Semangat di Era Pandemi Covid-19, Bersama Uniga Menjadi yang Terdepan dan Berkarakter.
- Advertisement -

PLN UP3 Malang Salurkan 50 Tong Sampah di Pantai Selatan

MALANG - Sebanyak 50 tong sampah dibagikan di daerah wilayah pantai selatan yakni, Pantai Balekambang dan Sendang Biru, kabupaten Malang dalam rangka “Word Clean Up Day 2020”, Selasa (22/9). Sebagai wujud kepedulian PLN terhadap lingkungan sekitar, karena saat ini sampah menjadi masalah serius terutama di daerah wisata terbuka seperti pantai.

Besok Pengundian Nomor Urut, KPU Batasi Tiap Paslon Bawa 12 Pendukung

Ketua KPU Kabupaten Malang Anis Suhartini menambahkan, semua yang hadir dalam kegiatan pengundian nomor urut paslon juga harus mengenakan protap kesehatan. Hal ini juga sudah diatur dalam aturan Pilkada serentak.

Arema FC Kembali Genjot Fisik dan Bangun Chemistry di Pantai

”Kami ingin ada suasana baru pada latihan. Selain juga, ingin semakin meningkatkan fisik dan kebersamaan para pemain,” jelas pelatih kepala Arema Carlos Oliveira kemarin (22/9).

Related news

Bisnis Anti Covid, Aquascape Raup Omzet 2x Lipat di Tengah Pandemi

KOTA BATU - Pandemi Covid-19 memaksa orang untuk mengurangi aktifitas di luar rumah. Meski sebagian besar sektor kehidupan lumpuh, namun ada beberapa bisnis yang justru meraih untung di saat tren sekolah daring maupun Work From Home (WFH), salah satunya bisnis aquascape.

Sambut Hari Akseptor, Warga Tak Mampu Kota Batu Bisa KB Gratis

KOTA BATU - Dalam rangka memperingati Hari Akseptor Sedunia pada 26 September Mendatang, Dinas Pemberdayaan Perempuan, perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu menggratiskan layanan KB untuk ratusan warga tak mampu.

Punya Taman Hortensia, Kantor Kecamatan Bumiaji Instagramable Banget

KOTA BATU - Kecamatan Bumiaji tidak hanya memiliki Tanaman Kenanga di Desa Bulukerto dan Taman Sehat di Desa Sumberbrantas. Untuk membantu petani bunga hortensia, kini di kantor kecamatan tersebut punya taman baru bernama Taman Hortensia. Bahkan, baru dibangun pada 15 September lalu banyak wisatawan yang sudah berdatangan untuk selfie.

Baru Dibuka, Taman Wisata Selecta Didominasi Keluarga

KOTA BATU – Taman Wisata Selecta mengalami penurunan pengunjung yang sangat signifikan, terlihat dari tempat parkir yang hanya berisi sekitar 50 sepeda motor dan 20 mobil. Kunjungan hariannya hanya mencapai sekitar 500 pengunjung per hari saat week day dan 3000 pengunjung saat week end. Meski begitu selecta tetap membuka semua wahana kecuali wahana tagada. Karena wahana tersebut tidak memungkinkan untuk menerapkan protokol kesehatan (social distancing).
- Advertisement -