alexametrics
27C
Malang
Thursday, 21 January 2021

Vaksin Covid-19 Gratis Untuk Warga Kota Malang Masih Menunggu Ini

MALANG KOTA – Pemberian vaksin Covid-19 untuk tenaga kesehatan (nakes) dan petugas pelayanan publik di Kota Malang tinggal menghitung hari. Namun banyak warga yang juga berharap bisa divaksin. Lantas kapan giliran masyarakat umum mendapatkan vaksin Covid-19?

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Malang Sri Winarni menyatakan, jumlah masyarakat umum di Kota Malang yang terdata di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebanyak 571.098 orang. Namun, untuk data pastinya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang masih melakukan kroscek dan pendataan.

Serupa dengan mekanisme pendataan nakes yang akan menerima vaksin, data tersebut nantinya harus disinkronisasikan dengan BPJS Kesehatan. Cara ini untuk menentukan jumlah pasti penerima vaksin dari total penduduk Kota Malang. ”Mekanismenya sama dengan nakes, akan ada SMS dari pusat. Semua data itu top down, kita di daerah hanya berkewajiban untuk input data nakes,” ujarnya.

Winarni menambahkan, untuk distribusi vaksin nantinya berdasarkan data yang masuk. Pada tahap pertama, pemerintah memprioritaskan nakes dan petugas administrasi di layanan kesehatan serta petugas pelayanan publik.

Terkait vaksin untuk warga Kota Malang, Wali Kota Malang Sutiaji masih menunggu konfirmasi dari Pemerintah Pusat. “Yang jelas negara kan telah menyiapkan vaksin kurang lebih 181 juta, itu termasuk masyarakat Kota Malang. Nanti masyarakat gratis dapat vaksinnya,” ujarnya.

Pewarta : Errica Vannie

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Wajib Dibaca