alexametrics
27C
Malang
Thursday, 28 January 2021

Persiapan Vaksinasi, Ini Yang Dilakukan Puskesmas di Kota Malang

MALANG KOTA – Sejumlah UPT (Unit Pelaksana Teknis) Puskesmas di Kota Malang sudah bersiap melaksanakan vaksinasi Covid-19. Mulai dari nakes (tenaga kesehatan) yang menjadi vaksinator hingga tempat yang akan digunakan . Mereka juga telah melakukan simulasi tahapan pemberian vaksin.

Seperti yang dilakukan Puskesmas Janti dalam beberapa hari ini. “Untuk pelaksanaan vaksinasi kami masih menunggu kabar dari provinsi. Begitu vaksin sudah sampai di Kota Malang, kami sudah siap. Vaksinasi akan dilakukan sesuai dengan ketentuan,” ujar Kepala Puskesmas Janti Endang Listyowati SKepNs MMKes.

Tentang nakes yang menjadi vaksinator, pihaknya sudah mengirimkan tiga orang perwakilan nakes untuk mendapatkan pelatihan. “Mereka juga sudah memberikan sosialisasi ke nakes yang lain. Akhir Januari nanti kami juga kirimkan tiga orang lagi untuk mengikuti pelatihan, karena gelombang kedua (vaksinasi) setelah nakes, diperkirakan lebih banyak lagi,” ujarnya.

Selain itu, tempat untuk vaksinasi juga sudah diatur. Mulai dari ketersediaan ruang, hingga meja yang dibutuhkan juga telah ready. “Jadi nanti ada empat meja sesuai tahapan vaksinasi. Mulai dari meja pendaftaran, meja screening, ruang untuk vaksinasi, hingga ruang untuk evaluasi sudah kami siapkan, ” terangnya.

Sementara itu, peralatan (kit) untuk menangani efek samping vaksin pun sudah disiapkan. Mulai dari mengatasi efek samping ringan hingga efek samping yang berat. “Kami sudah sediakan bed di ruang evaluasi untuk penanganan reaksi anafilaktik, yaitu kejang-kejang usai vaksinasi. Tapi ini sangat jaring terjadi lho ya. Juga kit untuk penanganan reaksi anafilaktik pun sudah siap. Sebab ini adalah kit wajib untuk imunisasi apapun, tak hanya untuk vaksin Covid-19 saja. Alhamdulillah sampai sekarang belum terpakai, dan jangan sampai terpakai, ” harapnya.

Pewarta : Errica Vannie

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Wajib Dibaca