alexametrics
23 C
Malang
Monday, 21 September 2020

Malang Zona Merah, Rayakan Galungan Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

- Advertisement -
- Advertisement -

MALANG KOTA – Umat Hindu tahun ini merayakan Hari Raya Galungan dengan cara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Di Kota Malang, peringatan Hari Raya Galungan dilakukan dengan kegiatan ibadah di Pura Luhur Dwijaharsa Gunung Buring, Kelurahan Lesanpuro.

Kegiatan ibadah tersebut dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, Rabu (16/9). Umat Hindu mulai berdatangan ke pura sejak pagi. Sebelum memasuki area Pura, setiap umat diwajibkan mencuci tangan serta dicek suhu tubuhnya menggunakan thermo gun. Ratusan umat yang ikut dalam ibadah juga diwajibkan menjaga jarak selama pelaksanan ibadah.

Pemangku Pura Luhur Dwijawarsa I Ketut Sidarta mengatakan bahwa ditengah pandemi ini, prosesi sembahyang dilakukan secara bergantian. Sembahyang sendiri dimulai pada pukul 09.00. Pria yang akrab disapa Ketut tersebut mengatakan bahwa meski tahun ini dirayakan dengan cara berbeda, namun Hari Raya Galungan tetap harus dimaknai sebagai kemenangan atau Dharma. Dia menjelaskan bahwa hari raya ini adalah sebagi momen peringatan diciptakannya Bumi.

“Sebagai manusia harus mengutamakan akal budinya dalam menjalani kehidupan dan menjaga keseimbangan alam semesta raya,” ujar Ketut. Pihaknya mengatakan bahwa Hari Raya Galungan ini juga harus dimaknai dengan penerapan Satya.

Yakni disiplin, jujur kepada diri sendiri, memelihara kesehatan raga, dan melakukan kewajiban dengan sebaik-baiknya. Hari Raya yang diperingati setiap enam bulan sekali dalam kalender Caka itu juga juga dimakani bahwa seluruh umat harus senantiasa menjaga ekosistem yang ada di bumi.

Ini karena, masih kata Ketut, Galungan tidak hanya berarti kemenangan bagi diri sendiri. “Galungan ini juga merupakan kemenangan bagi makhluk lain sehingga harus dijaga dan dilestarikan,” tutupnya.

Pewarta: Arlita Ulya

- Advertisement -

Latest news

Dijadwal Hari Ini, Tes Kesehatan Malang Jejeg Ditunda, Ini Alasannya

“Masih banyak persyaratan administrasi yang harus kami lengkapi. Makanya, kami minta tes kesehatan ditunda dulu,” kata Ketua Timses Bapaslon Malang Jejeg Soetopo Dewangga, Senin (21/9).
- Advertisement -

Baru Dibuka, Taman Wisata Selecta Didominasi Keluarga

KOTA BATU – Taman Wisata Selecta mengalami penurunan pengunjung yang sangat signifikan, terlihat dari tempat parkir yang hanya berisi sekitar 50 sepeda motor dan 20 mobil. Kunjungan hariannya hanya mencapai sekitar 500 pengunjung per hari saat week day dan 3000 pengunjung saat week end. Meski begitu selecta tetap membuka semua wahana kecuali wahana tagada. Karena wahana tersebut tidak memungkinkan untuk menerapkan protokol kesehatan (social distancing).

Sambut HUT, Sentral Bangunan Beri Cash Back Hingga Undian Berhadiah

KARANGLO- Pandemi covid-19 memang berdampak signifikan terhadap dunia bisnis. Itu pula yang dirasakan manajemen Sentral Bangunan (SEB) Malang. Walaupun begitu, supermarket bahan bangunan yang berada di wilayah Karanglo, Kabupaten Malang ini tetap berupaya memberikan yang terbaik kepada pelanggan dan konsumennya.

PKM Polinema Beri Latihan Wirausaha Ke Posyandu Disabilitas

MALANG - Pendidikan tinggi vokasi ternama di Kota Malang Polinema pada jurusan teknik kimia menunjukan jati diri dan perannya dalam memberikan kepedulian kepada masyarakat. Hal itu terbukti, dari pelatihan kewirausahaan dan tepat guna yang berbasis kesehatan hasil kerjasama Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Jurusan Teknik Kimia Polinema yang bekerjasama dengan Posyandu Disabilitas Desa Bedali Kecamatan Lawang Kabupaten Malang.

Related news

Sanksi Sosial Diterapkan Tiap Hari, Denda Seminggu Tiga Kali

"Sanksi sosial yang diberikan macam-macam hukumannya, ada yang nyanyi Indonesia Raya, menyebutkan lengkap Pancasila, dan lainnya," ujar Anton di sela-sela melaksanakan operasi yustisi di Jalan Bandung, Senin (21/9).

Sedot Wisatawan, Forkom Pokdarwis Siapkan Festival Kampung Tematik

MALANG KOTA - Destinasi wisata Kampung Tematik di Kota Malang kini mulai bergeliat kembali. Untuk itu, guna menggaet wisawatan, Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata (Forkom Pokdarwis) telah menyiapkan 15 event Festival yang akan digelar dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Dinkes Kota Malang Galakkan Germas untuk Lawan Covid-19

Di Germas sudah mencakup hal-hal yang selama ini digalakkan pemerintah dalam menangani Covid-19, seperti membiasakan rajin cuci tangan rutin. Selain itu, gerakan ini juga bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat, serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Janji Pemkot Malang, Jembatan Kedungkandang Dibuka Oktober

MALANG KOTA – Setelah tujuh tahun terbengkalai, sejak 2013, sekarang proyek pembangunan jembatan kedungkandang hampir selesai dan dapat digunakan. Jika tidak ada aral melintang, pemerintah kota (Pemkot) Malang menjanjikan pada bulan Oktober mendatang sudah bisa difungsikan secara sementara untuk kendaraan roda dua.
- Advertisement -