alexametrics
22.6 C
Malang
Wednesday, 23 September 2020

Usir Kesan Kuno, Museum Mpu Purwa Bikin Event Ramah Milenial

- Advertisement -
- Advertisement -

MALANG KOTA – Malang memiliki banyak kebudayaan asli dan ikonik, tetapi mirisnya tidak banyak anak-anak tahu. Untuk itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar berbagai macam perlombaan di Museum Mpu Purwa mulai Rabu (16/9) hingga Jumat (18/9). Hal ini dilakukan untuk mengusir kesan Museum yang angker, seram, dan mistis. Sehingga anak-anak tidak takut lagi untuk datang ke museum dan belajar sejarah.

“Ini salah satu rangkaian dari event pemanfaatan museum, khususnya Museum Mpu Purwa dan Museum Pendidikan. Karena kan kita ingin memperkenalkan, ini lho Malang juga punya museum daerah,” ujar Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kota Malang, Andayun Sri pada Rabu (16/9).

Seperti diketahui, di masa pandemi ini, Pemerintah Kota Malang ingin memperkenalkan museum lewat berbagai event virtual. Setelah Cak Percil beberapa waktu lalu, Museum Mpu Purwa juga sempat dimanfaatkan musisi di Malang dengan menggelar konser virtual.

Rangkaian berbagai event untuk siswa SD – Mahasiswa ini sendiri dibuka mulai hari ini sampai 21 September 2020.

“Kita adakan beberapa kegiatan, mulai lomba menggambar diikuti 42 peserta. Cerdas cermat diikuti 50 grup dari SMP Negeri dan Swasta, terakhir lomba Vlog yang diikuti oleh SMA, Mahasiswa dan masyarakat umum,” tambah Andayun.

“Nanti tanggal 18 September juga ada sinau sejarah di Movie Room Museum Mpu Purwa. Dan 21 September kita juga adakan sinau sejarah on the spot di Pasuruan,” tambahnya.

Tak tanggung-tanggung dalam penilaian, Disdikbud menggandeng DKM (Dewan Kesenian Malang), Fakultas Ilmu Budaya Universitas Negeri Malang dan beberapa guru dan seniman serta budayawan.

Dengan adanya rangkaian kegiatan ini, Disdikbud berharap masyarakat tak lagi menganggap museum sebagai tempat yang seram, melainkan tempat untuk belajar. “Kami mengharap masyarakat tidak lagi mempunyai mindset museum itu tempat yang magis, seram, dan sebagainya. Tapi di sini tempat belajar apa saja,” Ujarnya.

Di museum, juga di pajang berbagai pameran batik serta showcase batik dengan panjang 75 meter buatan seniman lokal Malang.

Pewarta: Errica Vannie

- Advertisement -

Latest news

Pakar: ‘Pecahnya’ Suara NU Untungkan Incumbent

“Tapi kalau pengamatan saya, “pecahnya” suara NU akan untungkan incumbent. Dia bisa dapat dukungan kalangan NU dan nasional karena diusung partai nasional," kata pria yang juga menjadi Ketua Program Studi Magister Ilmu Sosial FISIP UB ini, Rabu (23/9).
- Advertisement -

PKKMB Uniga, Ajak Maba Tetap Semangat di Tengah Pandemi Covid-19

MALANG – Universitas Gajayana Malang menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2020 -2021. Dalam kegiatan yang digelar secara daring dan luring selama tiga hari tersebut, Uniga mengangkat tema Tetap Semangat di Era Pandemi Covid-19, Bersama Uniga Menjadi yang Terdepan dan Berkarakter.

PLN UP3 Malang Salurkan 50 Tong Sampah di Pantai Selatan

MALANG - Sebanyak 50 tong sampah dibagikan di daerah wilayah pantai selatan yakni, Pantai Balekambang dan Sendang Biru, kabupaten Malang dalam rangka “Word Clean Up Day 2020”, Selasa (22/9). Sebagai wujud kepedulian PLN terhadap lingkungan sekitar, karena saat ini sampah menjadi masalah serius terutama di daerah wisata terbuka seperti pantai.

Besok Pengundian Nomor Urut, KPU Batasi Tiap Paslon Bawa 12 Pendukung

Ketua KPU Kabupaten Malang Anis Suhartini menambahkan, semua yang hadir dalam kegiatan pengundian nomor urut paslon juga harus mengenakan protap kesehatan. Hal ini juga sudah diatur dalam aturan Pilkada serentak.

Related news

Lagi, Gudang Toko Elektronik Asia Terbakar

“Ini terbakar saat gudang sudah tutup. Sekitar pukul 15.00 semua pengerjaan sudah selesai termasuk las-las di dalam,” terang Ihsan Guri, 59, warga sekitar tempat kejadian perkara.

Polisi Lacak Pria Eksibisionis yang Beraksi di Polowijen

MALANG KOTA - Senin (21/9) pukul 17.00 menjadi hari yang tidak terlupakan bagi GP, 22. Warga Jalan Cakalang, Kelurahan Polowijen, Kecamatan Blimbing ini mengalami pelecehan seksual oleh seorang yang tidak dikenal tepat di depan rumahnya. Pria yang diketahui eksibisionis tersebut beraksi di gang sepi yang saat itu sangat sepi.

Bea Cukai Malang Amankan 144 Ribu Rokok Ilegal di Kedungkandang

MALANG KOTA – Selain mengganggu usaha perusahaan legal, keberadaan rokok ilegal juga merugikan negara dari sisi penerimaan cukai. Untuk itu dalam periode Operasi Patuh Cukai, Bea Cukai Malang kembali berhasil mengamankan kurang lebih 144 ribu rokok ilegal di Kota Malang. Operasi tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 September 2020 di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Rayakan Hari Lalu Lintas, Polresta Malang Kota Bagi Beras dan Masker

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata mengatakan, kegiatan ini tidak hanya merayakan ulang tahun saja. Tetapi juga untuk memberikan manfaat dengan mengedukasi masyarakat.
- Advertisement -