Menhan India Melakukan Kunjungan Balasan ke Menhan RI - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA – Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan kehormatan Menhan India, Nirmala Sitharaman beserta rombongan bertempat di kantor Kemhan, Jakarta, Selasa (23/10).

Kedatangan Menhan India kali ini merupakan kunjungan balasan setelah sebelumnya Menhan RI berkunjung ke India sebagai pembicara dalam Forum Raisina Dialogue serta Biennial Meeting pada bulan Januari 2018 lalu.

Kerja sama pertahanan antara India dan Indonesia telah memiliki payung hukum berupa Defence Cooperation Agreement (DCA) yang telah ditandatangani pada tanggal 11 Januari 2001 di Jakarta.

DCA dalam perjalanannya telah direvisi bersama dan telah ditandatangani kedua belah pihak secara sirkular pada bulan Mei 2018. Dokumen tersebut secara seremonial telah diserahterimakan bersamaan dengan kunjungan PM Narendra Modi ke Indonesia pada bulan Mei 2018.

Saat ini, RI – India telah memiliki tiga forum bilateral di bidang pertahananan dan keamanan yaitu Biennial Meeting pada level Menhan, Joint Defence Cooperation Committee (JDCC) pada level Sekjen dan Indonesia-India Security Dialogue (IISD) pada level Menko Polhukam.

Terkait implementasi kerja sama tiga negara antara Indonesia-India-Australia dalam bidang pertahanan, pada prinsipnya Indonesia sangat menyambut positif gagasan tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendukung tentang konsep keamanan Indo pasifik ke depan.

Untuk kerja sama strategis di bidang industri pertahanan, Indonesia sangat menghargai inisiasi MoU yang telah dikirimkan oleh Bharat Electronic Ltd, India ke PT Len.

Pihak India berharap Mou dimaksud dapat ditandatangani pada saat Indo Defence tahun ini. Pada prinsipnya Kemhan RI akan terus mendukung upaya-upaya dalam memperkuat hubungan kerja sama Industri pertahanan Indonesia-India.