MALANG KOTA – Masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk bermain di taman kota. Karena saat ini, sudah banyak taman indah yang dibangun Disperkim Kota Malang di pinggiran kota. Pemanfaatan ruang terbuka hijau menjadi tempat bermain terus digenjot.

Seperti Taman Teluk Grajakan di Pandanwangi, Kecamatan Blimbing. Sejak dibangun pada akhir 2018 lalu, kini taman tersebut menjadi salah satu tempat bermain yang asyik bagi warga sekitar. ”Sekarang kalau malam ya bagus di sini. Lampunya menyala, kalau pagi juga buat tempat olahraga,” kata Bayu, warga sekitar.

Taman tersebut terlihat bersih. Warga setempat turut menjaga kebersihan. Begitu juga dengan toilet juga bersih. Meski tidak banyak pepohonan rindang, taman tersebut menarik untuk dikunjungi.

Bayu menyatakan, area bermain anak menjadi spot yang banyak dikunjungi selama ini. ”Kalau siang memang panas. Kalau sore anak-anak kecil main ke sini. Kadang orang tua juga bawa bayinya main di sini,” tandasnya.

Sementara Plt Kepala Disperkim Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi menyatakan, taman merupakan bagian dari ruang terbuka hijau.

Selain karena berfungsi sebagai tempat rekreasi, juga berfungsi untuk resapan, penghijauan, dan ruang interaksi sosial untuk taman aktif. ”Kami sudah melakukan rapat-rapat dan diskusi di taman. Karena fungsi taman kita itu banyak,” jelasnya.

Hanya saja untuk keberlanjutan umur taman, tentu masyarakat juga harus ikut membantu merawatnya. Salah satunya dengan turut menjaga kebersihan taman. ”Harapan kami masyarakat juga ikut menjaga kebersihan. Sejumlah taman terjaga kebersihannya karena proaktif masyarakat menjaganya,” pungkasnya.

Pewarta               : Fajrus Shidiq
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Indra Mufarendra
Fotografer          : Darmono