Modifikasi Kursi Bakso Agar Lebih Berkelas - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA – Asal bisa kreatif, barang yang awalnya tampak biasa saja bisa disulap menjadi lebih berkelas. Hal itu yang dilakukan mahasiswa Universitas Ciputra saat menyulap tampilan kursi bakso, alias kursi plastik yang banyak digunakan pedagang kaki lima. Ada yang dimodifikasi hingga jadi kursi goyang, ada juga yang terlihat kukuh karena dikawinkan dengan kayu.

”Itu semua hasil karya mahasiswa semester V,” ujar Kepala Program Studi Interior Architecture Universitas Ciputra Maria Yohana Susan sambil menunjuk jajaran kursi tersebut.

Setidaknya ada 40 desain kursi yang dihasilkan. Tokoh utamanya ya si kursi plastik itu. Lantas diubah agar menjadi solusi terhadap permasalahan yang sering muncul dari kursi plastik. Misalnya, kursi Starka buatan Jasx Gabriel Dwigami.

Dia sering menemukan kursi plastik yang mudah patah. Dia lantas memodifikasi kursi tersebut dengan sentuhan rotan yang dililitkan di tiap kaki kursi dan dipasang di bagian belakang sandaran kursi. Selain itu, kursi yang awalnya tanpa sandaran tangan juga ditambah dengan menggunakan rotan.

Ada juga kursi Goyang Sek karya Sandra Ayu Permatasari Gunawan. Dia memotong kaki kursi dan menggantinya dengan rotan. Kaki kursi dari rotan tersebut dibuat melengkung menyerupai bagian bawah kursi goyang.

Pengampu mata kuliah Entrepreneurial Interior Architecture Product Studio Tri Noviyanto Puji Utomo menyatakan bahwa puluhan kursi dengan bentuk yang berbeda itu adalah bagian dari tugas kuliah mereka. Para mahasiswa memulainya dengan survei lapangan pada Oktober 2018 lalu.

Dari sekian banyak karya mahasiswa tersebut, sudah ada yang diminta agar diproduksi masal oleh salah satu restoran di Bali. ”Awalnya bule yang lihat. Karena merasa itu unik dan sederhana, jadi dia tertarik dan pesan untuk restorannya di sana,” ujar Utomo. (his/c22/any)