Kabar Rumah Dinas Mantan Wagub Demiz Digeledah, SBY Bilang Begini

Kabar Rumah Dinas Mantan Wagub Demiz Digeledah, SBY Bilang Begini

JawaPos.com – Menjelang masa tenang kampanye Pilkada serentak 2018, tersebar kabar adanya penggeledahan bekas rumah dinas mantan Wakil Gubernur Jawa Barat 2013-2018, Deddy Mizwar. Kabarnya, penggeledahan dilakukan Pemprov Jabar yang saat ini dijabat Pj Gubernur, M Iriawan.

Kabar tersebut mendapat kritikan dari Ketua umum Partai Demokrat Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dia heran karena penggeledahan hanya kepada kandidat dari pasangan Deddy-Dedi saja.

“Mengapa hanya pasangan ini, sementara pasangan lain tidak dilakukan penggeledahan,” kata SBY dalam konferensi pers sebelum melakukan kampanye pasangan nomor urut 4 Deddy-Dedi di Bogor, Sabtu (23/6).

Dengan adanya kabar tersebut dikhawatirkan adanya ketidaknetralan Pemerintah Provinsi dalam menghadapi Pilkada serentak 2018.

“Demi jujur dan adilnya Pilkada serentak ini, saya mohon dengan segala kerendahan hati netral lah negara, netral lah pemerintah, BIN, Polri dan TNI,” ungkapnya.

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 4 yang kerap disapa Demiz membenarkan adanya penggeledahan di bekas rumah dinasnya. Demiz menyebut pernah diawasi dengan menggunakan drone. Namun dirinya belum mengetahui siapa yang melakukan pengawasan tersebut.

“Sudah lama, rumah saya itu (diawasi) pakai drone. Saya itu maling atau apa?” ujar Demiz, di Bogor, Sabtu (23/6).

Namun, pernyataan tersebut dibantah Pemeribtah Provinsi Jawa Barat. Pasalnya, rumah dinas mantan Wagub Deddy Mizwar sudah diserahkan kepada Biro Umum pada 14 Februari 2018 lalu. Dengan berita acara serah terima nomor surat 032/04/Um.

Sejak itu, rumah dinas tersebut kembali dalam penguasaan Pemprov Jabar. “Masa disebut menggeledah aset yang dikelola oleh pemprov. Sebenarnya adalah saya melaporkan kepada Pj Gubernur dan mengajak beliau melakukan peninjauan terhadap 11 aset yang dikelola Bagian Rumah Tangga pada Kamis lalu. Salah satunya adalah rumah dinas untuk wakil gubernur mendatang,” kata Kepala Bagian Rumah Tangga Biro Umum Setda Provinsi Jawa Barat Dedi Apendi, Sabtu (23/6).

Diketahui, peninjauan dilakukan terhadap 11 aset yang dikelola Biro Umum Pemprov Jabar yakni Lapangan Gasibu, Gelora Saparua, Gedung Sate, rumah dinas Gubernur, dinas Wakil Gubernur, dan lainnya.

(ona/JPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here