MALANG KOTA – Ada yang beda dari biasanya dalam peringatan ulang tahun Arema yang diperingati setiap tanggal 11 Agustus. Jika sebelumnya ribuan Aremania menggelar konvoi di jalan raya seharian penuh, maka pada HUT ke-33 Arema tahun ini acara itu ditiadakan.

Sebagai gantinya, manajemen Arema FC menyiapkan sejumlah ”pesta” perayaan tapi tetap aman. Seperti salah satunya adalah digelar konser virtual dengan menampilkan d’Kross.

”Kami menegaskan bahwa tidak ada konvoi dalam perayaan ulang tahun Arema ke-33,” ungkap Media Officer Arema FC Sudarmaji.

Menurut dia, pelarangan konvoi sesuai dengan kesepakatan dan arahan dari pihak berwenang sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Selain itu, juga bentuk edukasi kepada semuanya tentang pentingnya mematuhi protokol pencegahan Covid-19.

”Ini juga adalah sebuah bentuk komitmen Arema sebagai klub sepak bola untuk patuh kepada protokol-protokol Covid-19 yang ada,” ungkap pria asal Banyuwangi itu.

Sebelumnya, kata Sudarmaji, langkah preventif untuk menjaga kesehatan pemain, pelatih, ofisial, dan karyawan Arema FC juga dilakukan. Mulai dari melakukan penyemprotan disinfektan di kantor dan mes pemain, melakukan work from home (WFH), sampai menggelar rapid test sebelum latihan perdana awal Agustus dilangsungkan.

Frontman d’Kross Ade Herawanto mengatakan, konser yang akan dilakukan ini nantinya disiarkan streaming melalui akun YouTube klub dan beberapa media di Malang.

”Dengan tetap semangat satu jiwa untuk menyatakan kecintaan terhadap Arema FC tanpa merugikan masyarakat lain terutama saat pandemi Covid-19, maka harus belajar mematuhi protokol kesehatan,” jelas Ade. Adanya konser virtual ini, dia melanjutkan, diharapkan tidak ada pengumpulan massa.

Selain itu, beberapa agenda lain juga bakal digelar saat ulang tahun Arema. Di antaranya seperti khotmil Alquran di Kandang Singa, kantor Arema FC. Lalu, juga ada tradisi para aparatur sipil negara (ASN) se-Malamg Raya yang mengenakan kostum Arema FC saat tanggal 11 Agustus.

Pewarta: Galih Prasetyo
Foto: Darmono
Editor: Hendarmono Al S