alexametrics
27C
Malang
Sunday, 24 January 2021

Artis hingga Pembalap Nasional Unjuk Gigi Ngetrail di Batu-Malang

KOTA BATU -Pembalap senior Doni Tata Pradita, artis nasional Fathir Muchtar, dan David John Schapp meliak-liuk membawa motor trail di Batu-Malang. Selain itu, ada juga sekitar ratusan pembalap lainnya dari berbagai daerah di Indonesia yang ikut.
Kehadiran mereka bertiga untuk mengikuti Kompetisi Nasional Motor Trail bersama ratusan pembalap lainnya dari berbagai daerah di Indonesia. Kompetisi ini digelar sejak tiga hari lalu, mulai 20 November hingga Minggu (23/11).

Ketua Pelaksana Kegiatan Kompetisi Nasional Motor Trail, Edy Kampang mengatakan, kejuaraan balap ketahanan rally ini diikuti 40 tim nasional dan 160 individu yang berlaga. Mereka memulai lomba dengan start dari Gunung Kelud Kediri menuju Panderman Batu-Bromo-Arjuno Malang.

“Beberapa tim nasional yang berlaga di antaranya tim Gudang Garam, tim Djava Adventure, tim Buaya Indonesia, tim Masterlang Indonesia, dan tim Honda CRF. Event bergengsi ini selain Doni Tata Pradita (Jogja), juga diikuti oleh pembalap-pembalap nasional seperti Adies (Malang), Kadex Ramayadi (Bali), dan Rudi Poa (Jakarta),” paparnya.

Dia menjelaskan event ini menjadi tahun kedua digelar dengan tajuk Indonesia Enduro Rally Championship. Sebelumnya, di tahun 2019 juga telah dilangsungkan event serupa dengan start dari Banyuwangi ke Gunung Bromo selama 3 hari. Event ini menggunakan teknologi GPS sebagai panduan jalur bagi para rider.

Edi menambahkan, para rider sebelumnya tidak mengetahui jalur trail mana yang akan dilewati selama berlaga. “Semua penuh kejutan, karena map yang ada dalam GPS baru diberikan kepada para pembalap 1 hari sebelum berlaga. Sehingga para rider akan menemui banyak kejutan-kejutan selama berlaga. Berbagai rintangan mulai dari hutan, sungai, dan gunung siap menyambut para rider,” jelas dia.

Setiap tim nasional balap yang ikut masing-masing ada tiga rider. Mereka dituntut untuk kerja sama selama lomba berlangsung. Mereka harus kompak dan saling bekerja sama untuk mendapatkan poin terbaik.

Dari kejuaraan ini, tim Gudang Garam Enduro (GGE) berhasil meraih juara umum. Pengumuman pemenang dilakukan malam ini di El Royale Hotel Kartika Wijaya Batu.

General Manager Tim GGE Budi Hermawan mengatakan, pihaknya menurunkan 4 tim dan satu individu dalam ajang tersebut. Atau total membawa 13 rider atau pembalap.
“Alhamdulilah mendapatkan juara umum untuk kategori tim. Ini ridernya ada dari Sumatera, Kalimantan, Jawa Barat, dan lainnya yang memang basicnya pembalap motocross,” ujar Budi.

Menurutnya, berbagai tantangan telah dilewati dalam ajang tersebut. Seperti jalanan pegunungan yang tanah dan licin karena hujan. Sehingga terjatuh, keseleo, kena benturan sudah menjadi hal yang biasa. “Tim C kami mencatatkan waktu total 26 jam, lalu Tim B dapat 31 jam, dan Tim A meraih 34 jam,” kata Budi.

Pewarta: Nugraha Perdana

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Wajib Dibaca