alexametrics
22.6 C
Malang
Wednesday, 23 September 2020
- Advertisement -

Opini

Malik Fadjar Duluan Milenial

Milenial rekat dengan dunia serba kekinian. Yang muda, modern, teknologi, dan serba kebaruan. Namun apakah orang sepuh juga bisa masuk ranah itu? Bagi saya kenapa tidak. Nyatanya mantan Rektor Universitas Muhammadiyah, (alm) Prof A. Malik Fadjar MSc adalah salah satu sosok yang memiliki karakter kuat diterima oleh semua kalangan.

Move On

ADA tipe manusia yang gampang move on, tapi ada juga tipe manusia yang susah move on. Makna bebas dari move on di sini adalah cepat melupakan masa lalu.

Obat Covid Itu Danazol hingga Vitamin D?

Obat-obatan itu diduga dapat mengobati Covid-19. Di antaranya disebutkan: danazol, stanozolol, dan ecallantide. Obat-obatan ini, kata Jacobson, dapat mengurangi produksi bradikinin dan dapat menghentikan badai bradikinin yang mematikan.

Kematian Covid Rendah pada Perempuan, Why?

Tulisan kali ini masih menyinggung soal bradikinin. Jacobson menyebut bradikinin adalah tingkat kimia pada tubuh yang mengatur tekanan darah. Disebut tingkat kimia, karena bradikinin adalah semacam peptida yang merupakan molekul yang terbentuk dari dua atau lebih asam amino.

Hipotesis Baru, Mengapa Covid-19 Mematikan?

Summit termasuk komputer super canggih dan tercepat di dunia. Summit punya kemampuan luar biasa dalam mengkalkulasi, memetakan, dan menganalisis sebuah data dalam jumlah besar. Ini tidak terlepas dari dukungan banyak teknologi canggih di IBM, sebagai produsen Summit.

Ketika Virus Korona Bermutasi Jadi D614G

Mengapa disebut D614G? Mutasi ini mengubah asam amino pada posisi 614, dari D (asam aspartate) menjadi G (glisin). Makanya lantas disebut D-614-G.

Catatan Corona Update (1): Vaksin Rp 133 T dan “Vaksin McD”

Sebuah artikel yang dimuat di rubrik kesehatan The Washington Post dan dirilis 27 Agustus lalu, menulis tentang vaksin. Judulnya: These Are the Top Coronavirus Vaccines to Watch. Para penulis artikel itu, telah menelusuri 200 jenis vaksin dalam tahap percobaan, yang ditujukan untuk mengakhiri pandemi virus corona. Dan ini menurut mereka, merupakan sebuah pencarian ilmiah dalam waktu yang singkat.

Jurnalistik dan Pilkada

Beberapa kawan minta agar saya kembali mengulas soal jurnalistik, meski sudah pernah saya ulas dua pekan lalu. Kali ini, ada yang bertanya soal bagaimana cara mengidentifikasi sebuah media massa, atau wartawan dari media massa, dalam menjalankan kaidah-kaidah jurnalistik secara profesional.

Shalat Fair Play

Di tengah-tengah masyarakat, kita sering mendengar pernyataan ini: orang itu shalatnya rajin tapi kok kelakuannya tidak baik. Ibadahnya kelihatannya khusyuk, tapi maksiatnya jalan terus. Kalau agak diperluas lagi, akan muncul pernyataan ini, negeri ini mayoritas muslim tapi jumlah koruptornya kok masuk sepuluh besar dunia. Angka kriminalnya juga cukup tinggi Lantas, apakah ada yang salah dengan ajaran shalat selama ini? Padahal dalam kitab suci Alquran disebutkan bahwa shalat itu bisa mencegah dari perbuatan tercela dan kemungkaran (korupsi,maksiat dan sejenisnya). Jawaban yang agak klise mungkin begini: mereka yang menjalankan shalat, tapi masih suka berbuat fakhsya’ (tidak terpuji), itu karena shalatnya tidak ”fair play”. Yakni saat shalat belum menjalankan tata aturan serta substansi yang sudah diatur dalam syariat.

Empati dan Sinergi di Era Pandemi

Banyak yang bertanya tentang bagaimana kita survive secara ekonomi di era pandemi?

Latest news

Pakar: ‘Pecahnya’ Suara NU Untungkan Incumbent

“Tapi kalau pengamatan saya, “pecahnya” suara NU akan untungkan incumbent. Dia bisa dapat dukungan kalangan NU dan nasional karena diusung partai nasional," kata pria yang juga menjadi Ketua Program Studi Magister Ilmu Sosial FISIP UB ini, Rabu (23/9).

PKKMB Uniga, Ajak Maba Tetap Semangat di Tengah Pandemi Covid-19

MALANG – Universitas Gajayana Malang menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2020 -2021. Dalam kegiatan yang digelar secara daring dan luring selama tiga hari tersebut, Uniga mengangkat tema Tetap Semangat di Era Pandemi Covid-19, Bersama Uniga Menjadi yang Terdepan dan Berkarakter.

PLN UP3 Malang Salurkan 50 Tong Sampah di Pantai Selatan

MALANG - Sebanyak 50 tong sampah dibagikan di daerah wilayah pantai selatan yakni, Pantai Balekambang dan Sendang Biru, kabupaten Malang dalam rangka “Word Clean Up Day 2020”, Selasa (22/9). Sebagai wujud kepedulian PLN terhadap lingkungan sekitar, karena saat ini sampah menjadi masalah serius terutama di daerah wisata terbuka seperti pantai.

Besok Pengundian Nomor Urut, KPU Batasi Tiap Paslon Bawa 12 Pendukung

Ketua KPU Kabupaten Malang Anis Suhartini menambahkan, semua yang hadir dalam kegiatan pengundian nomor urut paslon juga harus mengenakan protap kesehatan. Hal ini juga sudah diatur dalam aturan Pilkada serentak.

Arema FC Kembali Genjot Fisik dan Bangun Chemistry di Pantai

”Kami ingin ada suasana baru pada latihan. Selain juga, ingin semakin meningkatkan fisik dan kebersamaan para pemain,” jelas pelatih kepala Arema Carlos Oliveira kemarin (22/9).
- Advertisement -