Kawasan Songgoriti Kota Batu

KOTA BATU – DPRD Kota Batu bakal mengkaji ulang Peraturan Daerah (Perda) No. 5 tahun 2010 tentang pajak perhotelan. Pasalnya, pengelolaan terhadap perda tersebut masih kurang dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Wakil Ketua 2 DPRD Kota Batu, Nurochman menyatakan pelaksanaan revisi perda tersebut akan berlangsung di tahun 2019 ini. Beberapa yang akan dikaji seperti pajak hotel pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak parkir, dan pajak lainnya.

“Agenda utama kami ditahun ini merevisi Perda Pajak Daerah. Karenanya dengan revisi tersebut akan mampu meningkatkan PAD Kota Batu,” ujarnya.

Dalam proses revisi itu yang menjadi fokus utama yakni pajak vila dan homestay. Apalagi keduanya belum sesuai dengan apa yang ditetapkan dalam perda pajak daerah.

“Kalau pajak hotel mungkin tidak diturunkan, tapi pajak vila dan Homestay ini yang akan ditetapkan dan ditarik sesuai dengan Pajak Daerah itu,” imbuhnya.

Penentuan tersebut nantinya juga melibatkan stakeholder terkait. Karenanya diharapkan Perda itu bisa menjadi payung hukum bagi pemerintah daerah.

“Menentukan tarif pajak bagi pelaku usaha Homestay dan vila itu kan harus sama – sama, jadi kita pasti bakal melibatkan mereka nanti. Agar saling mendengar dan saling mencari solusi bersama terkait revisi Perdanya itu,” tandasnya.

Pewarta: Arifina
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Arifina