Pamerkan Karya Peraih Penghargaan Kebudayaan Perancis - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA – Total ada 20 karya album arsitek dan arsitek lanskap muda Prancis yang dipamerkan di selasar Departemen Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kemarin (7/11). Karya-karya itu merupakan proyek yang dibuat arsitek yang meraih penghargaan pada edisi 2016 oleh Kementerian Kebudayaan Prancis.

Kepala Prodi S-1 Departemen Arsitektur ITS Defry Agatha Ardianta menyatakan, pameran tersebut bekerja sama dengan Institut Francais Indonesia (IFI). Acara yang diadakan pada Senin hingga Jumat (6-9/11) itu bertujuan untuk mengapresiasi para arsitek dan arsitek lanskap muda yang telah banyak berkiprah di Prancis. ”Kami senang ITS bisa digandeng untuk mengadakan pameran arsitek dan arsitek lanskap Prancis yang berusia di bawah 35 tahun,” katanya.

Menurut dia, setiap proyek arsitektur yang dipamerkan memiliki ciri khas tersendiri. Hal itu bisa menjadi tambahan ilmu dan wawasan bagi para mahasiswa di Departemen Arsitektur ITS. Dalam setiap modul proyek juga dijelaskan secara detail setiap konsep karyanya. Lengkap dengan nama arsitek dan arsitek lanskap. ”Ini sekaligus mengenalkan karya-karya ternama di Prancis pada mahasiswa,” paparnya.

Defry menuturkan, pameran tersebut diharapkan bisa menginspirasi mahasiswa untuk berkarya. Sebab, para arsitek dan arsitek lanskap muda Prancis rata-rata berusia kurang dari 35 tahun. Karya yang ditampilkan beragam. Mulai objek rumah tinggal sampai ruang publik. Konteksnya pun bermacam-macam. Ada yang mengangkat tema lingkungan hingga bangunan bersejarah yang digunakan untuk hunian baru. (ayu/ika/c15/dio)