JawaPos.com – Ketua DPP Partai Nasdem Irma Suryani Chaniago mengatakan, pihaknya tak setuju usulan materi debat yang diajukan oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI). PSI mengusulkan, fenomena korupsi era Orde Baru menjadi bagian dari materi debat capres-cawapres.

Menurut Irma, ?yang perlu dikedepankan dalam debat tersebut adalah program untuk rakyat. Misalnya pasangan capres dan cawapres menyampaikan visi, misi dan program kepada rakyat Indonesia.

“Saya kira yang harus dikedepankan program untuk rakyat. Yang begitu (korupsi era Orba) nggak perlu menurut saya,” ujar Irma saat dihubungi, Jumat (7/12).

Menurut Irma, sebaiknya isu korupsi era Orde Baru hanya dijadikan dasar bagi calon presiden selanjutnya untuk memperbaiki pengelolaan negara. “Saya kira isu korupsi Orde Baru cukup dijadikan dasar pijakan bagi kita untuk memperbaiki institusi hukum kita, dan itu bisa masuk dalam debat sebagai bagian dari program kerja,” katanya.

Sebelumnya, Komisioner Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) Viryan Aziz mengatakan pihaknya bakal membahas usulan PSI. Adapun korupsi era Orde Baru masuk dalam debat capres-cawapres di?usulkan oleh PSI lewat Sekretaris Jenderal Raja Juli Antoni.

“Iya (iya akan dibahas), nanti akan jadi catatan dan masukan kami yang akan dibahas,” katanya.

(gwn/JPC)