JawaPos.com – Pemerintah Kota Bandung bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) berencana melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) pada Kamis (28/2) pekan depan. Seluruh APK peserta pemilu yang melanggar siap-siap ditertibkan.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, APK yang dipasang oleh tim sukses peserta pemilu baik capres maupun caleg di sejumlah titik jalan di Kota Bandung, akan ditertibkan. Hal ini berkaitan dengan aturan dan menjaga estetika kota.

“Jika melanggar aturan yang sudah ditetapkan, kami berharap agar ditertibkan,” kata Yana di Bandung, Jumat (22/2).


Pemkot Bandung akan menertibkan APK tempat terlarang (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Penertiban ini, merupakan upaya pemerintah yang bersinergi dengan aparat kewilayahan dalam mendukung penegakan aturan pemasangan APK di Bandung. Terlebih APK yang terpasang di lokasi terlarang. Adapun lokasi terlarang yakni tempat ibadah, lingkungan pendidikan, dan fasilitas umum.

“Karena itu demi ketertiban dan estetika (keindahan) kota juga,” ucapnya.

Hal senada dijelaskan, Ketua Bawaslu Bandung Zaki Muhammad Zamzam yang mengatakan, bahwa rencana penertiban maksimal Kamis (28/2) pekan depan. Namun sebelum dilakukan akan ada rapat koordinasi lebih lanjut. 

“Agar ada kesepahaman antara kami dan Pemerintah Kota. Jadi nantinya, aparat kewilayahan dan Panwas Kecamatan agar bisa selaras mengikuti alurnya,” ungkap Zaki

Bahkan, sejauh ini Bawaslu sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Bandung, Satpol PP, dan stakeholder terkait dan akan mengawal proses penertiban APK di wilayah Bandung.

Editor           : Erna Martiyanti

Reporter      : Siti Fatonah