MALANG KOTA – Kemacetan yang sering terjadi di Jalan Gajayana menjadi prioritas Pemkot Malang untuk segera dibereskan. Hal itu ditunjukkan dengan rencana pelebaran jalan yang ditargetkan bisa digarap tahun ini. Biaya yang dibutuhkan untuk proyek tersebut masih terbuka untuk dianggarkan di Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2019.

Rencana pelebaran Jalan Gajayana ini tentu saja menjadi kabar gembira. Terutama bagi warga yang setiap hari melintas di kawasan tersebut. Kemacetan sering terjadi saat jam-jam sibuk atau di akhir pekan saat banyak warga luar kota yang berlibur ke Malang.

Prioritas rencana pelebaran Jalan Gajayana dilontarkan langsung oleh Wali Kota Malang Sutiaji. Dia menyatakan, ruas jalan tersebut termasuk atensi Pemkot Malang dengan melihat kepadatan kendaraan di jalan tersebut. ”Kami sudah petakan, nanti akan kami lebarkan di sana,” kata politikus Partai Demokrat ini.

Menurut dia, selain sepanjang Jalan Gajayana, pihaknya juga bakal melebarkan ujung pertigaan Jalan Gajayana. ”Pertigaannya harus dilebarkan biar lebih mudah jalannya nanti,” ucapnya.

Dia menambahkan, meski anggaran untuk proyek tersebut belum dianggarkan di APBD 2019, tapi tetap memungkinkan dikerjakan tahun ini. ”Mudah-mudahan bisa segera diwujudkan lewat mekanisme PAK nanti,” imbuh pria asal Lamongan tersebut.

Tentang anggaran untuk pelebaran Jalan Gajayana, Sutiaji menyatakan, sudah ada hitung-hitungannya bersama dengan pelebaran di 31 titik jalan lain yang juga direncanakan dilakukan. ”Diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp 19 miliar,” tambahnya.

Hal ini dilakukan agar jalan-jalan di Kota Malang lebih aman dan nyaman bagi warga. Termasuk bagi para wistawan luar kota yang berlibur ke Kota Malang.

Pewarta               : Imam Nasrodin
Copy Editor         : Dwi Lindawati
Penyunting         : Ahmad Yani