Kandidat Bacabup PKB, dr Umar Incar Yuni Shara dan Nissa Sabyan Jadi Wabup

dr Umar Usman siap meramaikan bursa Pilbup Malang usai mengantongi rekomendasi dari partai yang menaunginya.

KEPANJEN – Meski belum ditunjuk secara resmi sebagai bakal calon bupati (Bacabup), namun sosok yang paling percaya diri (PD) di antara beberapa kandidat dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) adalah dr Umar Usman. Bahkan, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kabupaten Malang ini sudah menyiapkan salah satu strateginya mencari figur wakil bupati (Wabup) dari kalangan milenial yang bisa mendongkrak elektabilitasnya, yakni Yuni Shara atau Nissa Sabyan.

”Bisa Mbak Yuni Shara, Pak Didik (eks sekda), Ibu Ketua Fatayat NU Kabupaten Malang (Nur Mutiah Farida), atau juga Nissa Sabyan,” kata Umar saat menyampaikan beberapa strateginya yang disampaikan secara eksklusif pada Jawa Pos Radar Kanjuruhan kemarin (28/6).

Ditanya soal alasannya menimbang opsi duet dengan artis ibu kota tersebut, pria yang masih menjabat sebagai direktur RSUD Kota Malang itu menuturkan bahwa pihaknya ingin menggabung kekuatan agamis dengan milenial. ”Yang agamis berangkat bersama kami (PKB dan NU), sedangkan yang milenial berangkat bersama mereka (Yuni Shara atau Nissa Sabyan),” ujarnya.

Umar mengaku, jika ia kini sudah mengantongi surat tugas dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB. Dalam surat bernomor 312/DESK-PILKAD/PKB/VI/2020 tersebut, Umar berpeluang mendapatkan rekomendasi bila 3 instruksi DPP PKB bisa dijalankannya dengan lancar.

Instruksi pertama yakni melakukan komunikasi intensif dengan struktur PKB. Mulai dari tingkat pusat hingga daerah. Berikutnya, dia juga ditugaskan untuk melakukan pertemuan dengan simpul-simpul masyarakat bersama struktur PKB.

Selanjutnya, Direktur RSUD Kota Malang itu juga mendapat instruksi agar mulai mem-branding sosoknya. Tenggat waktu khusus sudah diberikan DPP PKB. Tepatnya hingga 10 Juli mendatang. Bila dianggap sukses memenuhinya, Umar berpeluang mendapat rekom untuk maju dalam Pilkada Kabupaten Malang.

Di samping itu, Umar juga masih menimbang-nimbang peluang dirinya untuk maju bersama eks Sekda Kabupaten Malang Didik Budi Muljono. Sebagai tindak lanjut, Umar mengaku bahwa pihaknya juga sudah mengantongi restu dari 5 kiai, baik yang berada di wilayah Malang maupun luar daerah.

Sepulang dari Jakarta Kamis lalu (25/6), dia juga mengaku bahwa dirinya sudah sowan ke Ketua Dewan Syuro PKB di Gondanglegi (KH Hamim Kholili) dan Kiai Marzuki Mustamar. ”Hari ini (kemarin) saya rapat dengan pengurus harian NU Kabupaten Malang, termasuk fatayat dan juga sounding dengan anggota Fraksi PKB DPRD,” kata dia.

Jargon khusus yakni Malang Maju Makmur (M3) juga sudah dipersiapkannya. Aplikasinya, ada 3 program utama yang akan diusungnya dalam suksesi menuju pringgitan. ”Yang paling utama yaitu perekonomian, kemudian pendidikan, dan infrastruktur. Dan karena kondisi sekarang yang masih dalam situasi pandemi, maka kesehatan juga kami masukkan sebagai prioritas di dalamnya,” tutup Umar.

Pewarta: Farik Fajarwati
Foto: Rizky Eva
Editor: Hendarmono Al Sidarto