JawaPos.com – Siswa peserta seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2019 belum seluruhnya menyelesaikan pendaftaran. Padahal sesuai jadwal awal, pendaftaran akan berakhir pada esok hari, Kamis (14/2).

Mengetahui hal tersebut, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi mengumumkan bahwa jadwal tersebut mengalami perubahan. Penutupan pendaftaran SNMPTN 2019 akan diundur hingga Minggu (16/2) mendatang.

Dengan demikian, siswa yang dinyatakan eligible sebagai peserta masih memiliki kesempatan untuk finalisasi pendaftaran. Hal itu sesuai dengan Pengumuman LTMPT 01/Peng.LTMPT/2019 tentang perpanjangan masa pendaftaran dan finalisasi SNMPTN 2019.

“Memperhatikan belum semua siswa sekolah yang eligible sebagai peserta SNMPTN 2019 melakukan pendaftaran dan finalisasi, maka untuk memberikan kesempatan kepada seluruh siswa yang eligible melakukan pendaftaran dan finalisasi, pendaftaran SNMPTN 2019 yang semula berakhir pada Kamis 14 Februari 2019 pukul 22.00 WIB, diperpabhang sampai dengan hari Sabtu 16 Februari 2019 pukul 22.00 WIB,” ujar Ravik dalam surat yang diterima JawaPos.com, Rabu (13/2).

Sebelumnya, pendaftaran SNMPTN sempat mengalami kendala. Bahkan, banyak siswa yang mengeluh lantaran website SNMPTN sulit diakses.

Koordinator Pelaksana Teknis LTMPT Budi Prasetyo mengatakan, ratusan ribu siswa kini sedang menyelesaikan pendaftaran serentak. Kondisi tersebut membuat server berat hingga membuat laman sulit diakses.

“Seperti biasa sedang di akses ratusan ribu siswa yang sedang mendaftar atau selesaikan pendaftaran dalam waktu bersamaan. Menjelang penutupan baru berbondong-bondong (mendaftar),” ujarnya saat dihubungi JawaPos.com, Rabu (13/2).

Sebagai solusi, pihaknya akan menambah server dan mengupayakan cara lain agar masalah itu segera teratasi. “Kita sedang upayakan tambah server atau cara lain agar bisa lancar,” tegas Budi.

Adapun tata cara pendaftaran SNMPTN yang harus diperhatikan antara lain:

1. Siswa Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

2. Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).

3. Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami “seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan”.

4. Siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.

5. Siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Editor           : Imam Solehudin

Reporter      : Yesika Dinta