alexametrics
27C
Malang
Sunday, 24 January 2021

Tim UMM Diseminasikan Teknologi Pakan Berbasis Budidaya Maggot

MALANG – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bersama Kemenristek BRIN menggelar program pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan Penerapan Teknologi Diseminasikan kepada Masyarakat Desa Mulyoagung.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat UMM, Bustanol Arifin, MPd itu dilaksanakan dalam bentuk pendampingan kepada kelompok peternak pembuatan maggot. Salah satu wujud nyata program ini adalah bantuan kelompok berupa mesin atau alat penunjang budidaya maggot dan pembuatan pakan organik.

Tahapan pemberdayaan dimulai dari budidaya sampai dengan pemasaran produk pakan berbasis maggot, para peternak budidaya maggot di desa terus mengembangkan dan pemanfaatan maggot sebagai pakan ternak organik.

“Kami mewakili beberapa kelompok peternak yang lain merasakan manfaat dari program ini, branding yang dikembangkan salah satunya penguatan kualitas packaging untuk mendapatkan hasil maksimal,” ungkap Dadad, salah satu anggota kelompok peternak.

Pada waktu pelatihan, pesertanya terdiri beberapa personil mewakili kelompok peternak, mereka diajari cara menggunakan alat dengan yang terbaik. Cara berwirausaha yang menarik juga diajarkan sebagai bentuk pelatihan terakhir untuk menentukan arah dan hasil pemasaran.

“Beberapa kegiatan pemberdayaan dari program ini sudah menjadi tanggung jawab kami kepada kelompok agar lebih berkembang budidaya dan produk pakannya serta pendampingan tentang pemanfaatan yang lain,” tukas Bustanol Arifin.

Ia menambahkan, pelatihan yang digelar selama pandemi Covid-19 ini dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan
secara ketat.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Wajib Dibaca