alexametrics
31C
Malang
Saturday, 16 January 2021

Siswa SD Ini Nekat Masuk Sekolah, Demi Apa?

MALANG KOTA – Pembelajaran tatap muka memang masih belum diizinkan. Namun seluruh siswa kelas 1 SDN Kauman 2 datang ke sekolah kemarin (3/12). Namun, kedatangan mereka bukanlah untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM), tapi untuk pengambilan foto rapor.

Total ada sebanyak 45 anak yang hadir mengenakan seragam merah putih lengkap dengan dasinya. ”Ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan setiap awal bulan Desember,” jelas guru kelas VI SDN Kauman 2 Supriyadi.

Dia menjelaskan, alasan dilakukan pengambilan foto itu di awal bulan Desember ini adalah karena ujian akhir semester (UAS) ganjil bakal dilaksanakan pada Senin mendatang (7/12). ”Rapornya biasanya dibagikan minggu ketiga bulan Desember dan anak kelas satu butuh identitas termasuk foto untuk mengisi rapor semester 1 ini,” imbuhnya.

Pri–sapaan akrab Supriyadi– menambahkan, kegiatan yang berlangsung sehari itu dilakukan dengan pertimbangan yang matang karena sedang di masa pandemi Covid-19. ”Diizinkan oleh kepala sekolah dengan catatan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setelah foto pun anak-anak harus langsung pulang,” katanya.

Pelaksanaannya juga dilakukan secara bergilir. Dengan dua rombongan belajar (rombel) yaitu kelas 1 A dan kelas 1 B. ”Jadi kami atur dua sesi, satu sesi berlangsung satu jam,” jelasnya. Sesi pertama untuk kelas 1 A dilakukan mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 08.30 WIB. Sementara sesi kedua untuk kelas 1 B dilakukan mulai pukul 08.30 WIB sampai pukul 09.30 WIB.

”Semuanya yang masuk ke lingkungan sekolah ini harus pakai masker,” sambung Pri. Sebagai informasi, UAS ganjil yang dilakukan secara online bakal dilaksanakan selama satu minggu. ”Kami kan ada enam tema, ditambah mapel (mata pelajaran) Bahasa Jawa, TIK, dan Agama, jadi satu hari ada dua materi yang ujikan,” katanya.

Pewarta: Ilmi

 

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Wajib Dibaca