alexametrics
27C
Malang
Sunday, 24 January 2021

Belajar Daring, Bikin Pendidik Mendadak Jadi Youtuber

MALANG KOTA – Masa pandemi membuat sistem pendidikan harus menyesuaikan diri agar tetap berjalan meski dilaksanakan dari jarak jauh (daring/PJJ). Sehingga, guru dituntut tak hanya mengajar, tapi juga mendidik dengan cara lebih fleksibel, kreatif, menarik dan menyenangkan.

Seperti yang dilakukan Mutiara Via Dolorosa, guru bahasa Inggris SMA Katolik St. Albertus (Dempo) Malang. Menurutnya, kuota, sinyal dan perangkat (smartphone, PC atau laptop) menjadi kebutuhan utama dalam pembelajaran daring. Bahkan, guru juga dituntut bisa beradaptasi dengan berbagai aplikasi untuk pembelajaran daring, seperti Zoom dan YouTube.

“Peran orang tua juga sangat menentukan dalam hal ini. Karena yang lebih dekat dengan siswa adalah orang tua,” kata sarjana Bahasa Inggris ini.

Tak hanya itu, lanjutnya, para guru juga dituntut untuk bisa menjadi ‘YouTuber’ dadakan. Karena materi pembelajaran dibuat dalam bentuk video. “Tentu tidak perlu diniatkan untuk menjadi Youtuber sungguhan. Bukan itu tujuan utamanya,” terangnya.

Lebih lanjut, pihaknya berharap agar pandemi segera berakhir. Sehingga, pembelajaran di sekolah bisa dilaksanakan seperti sebelumnya. “Jadikan pandemi ini sebagai tantangan, dan semoga (pandemi) cepat berakhir,” harap dia.

Pewarta: Imam N

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Wajib Dibaca