alexametrics
25.9C
Malang
Friday, 22 January 2021

Ingin Masuk Politeknik Negeri? Coba Jalur Seleksi Baru Ini

MALANG KOTA – Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI resmi membuka jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 2021. Sebanyak 44 politeknik negeri se-Indonesia bersama perwakilan SMA, SMK, MA se-Indonesia menghadiri kegiatan yang dilaksanakan secara daring, Senin (11/1).

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik se-Indonesia Zainal Arief menyebutkan, selain telah bergabung dalam seleksi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), politeknik juga memiliki jalur seleksi terpisah yang diselenggarakan oleh Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI). “Jalur SNMPN ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jalur vokasi. Meski pendaftarannya on-line, namun dari tahun ke tahun tren pendaftarnya naik,”terangnya.

Zainal menambahkan jika tahun lalu ada 42 politeknik negeri yang bergabung pada seleksi ini, di tahun ini ada tambahan 2 politeknik lagi, yaitu Politeknik Nusa Utara dan Politeknik Negeri Nunukan. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kemendikbud Benny Bandanadjaja juga menyampaikan betapa pemerintah mendukung pengembangan bidang vokasi, melalui beberapa program ke depan yang akan diluncurkan, seperti SMK D2 jalur cepat (fast track). ”Kami pun di kementerian sangat mendukung adanya proses seleksi di politeknik ini. Karena dibutuhkan SDM yang unggul untuk memajukan vokasi ke depanya,” jelasnya

Dalam proses seleksi ini sekolah cukup mendaftarkan diri melalui laman https://snmpn.politeknik.or.id menggunakan username dan password yang diberikan panitia kepada masing-masing sekolah. Berikutnya, sekolah merekomendasi dan mendaftarkan siswa-siswa terbaiknya. Siswa-siswa tersebut akan diberikan usemame dan password yang dapat digunakan untuk memasukkan data secara on-line.
Pendaftaran dibuka mulai kemarin (11/1) hingga 19 Maret 2021 mendatang dan hanya diperuntukkan bagi siswa yang lulus tahun ini.

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Wajib Dibaca