alexametrics
22.6 C
Malang
Wednesday, 23 September 2020

Terinspirasi Artis Amerika, Seniman Malang Buat Batik 75 Meter

- Advertisement -
- Advertisement -

MALANG KOTA – Halaman Museum Mpu Purwa nampak indah pada Rabu (16/9). Bagaimana tidak, batik sepanjang 75 meter terpasang mengelilingi Museum Mpu Purwa. Batik yang terpasang di halaman museum itu menggabungkan berbagai corak Nusantara, mulai Aceh hingga Papua.

Dengan mengusung tema Kebhinekaan, batik yang itu dibuat Drajat Sigit Astono terinsipirasi karya seniman Jean Michel Basquiat, seniman berkebangsaan Amerika Serikat yang mulai debutnya sebagai seorang seniman grafiti di Kota New York pada 1970-an dan berkembang menjadi seorang pelukis ekspresionis dan neo-primitif.

“Saya membuat batik ini sendiri kurang lebih selama satu setengah bulan. Inspirasinya Karya dari Jean-Michel Basquiat. Kemudian saya kembangkan sendiri dengan corak budaya dari 34 provinsi di Indonesia,” ungkapnya.

Dengan memadukan aliran kontemporer ekspresionis dari Jean-Michel Basquiat, Drajat pun melahirkan karya batik beraliran Neo Ekspresif. Parafin yang sengaja dibiarkan tersebut akhirnya menghadirkan tekstur unik disetiap motif.

“Dalam membuat batik ini, sebenernya bahannya sama dengan batik biasa. Yaitu kain dan canting. Tetapi yang berbeda dengan pembuatan batik biasanya. Kalau untuk fashion kan parafinnya dibersihkan. Tetapi karena ini bukan untuk fashion melainkan untuk karya seni, maka parafin sengaja saya biarkan,” ujar dia.

Selain memamerkan karya Drajat, di Museum Mpu Purwa pada Rabu (16/9) juga dilangsungkan peluncuran Batik Bunulrejo dan berbagai macam lomba yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang.

Pewarta : Errica Vannie

- Advertisement -

Latest news

Pakar: ‘Pecahnya’ Suara NU Untungkan Incumbent

“Tapi kalau pengamatan saya, “pecahnya” suara NU akan untungkan incumbent. Dia bisa dapat dukungan kalangan NU dan nasional karena diusung partai nasional," kata pria yang juga menjadi Ketua Program Studi Magister Ilmu Sosial FISIP UB ini, Rabu (23/9).
- Advertisement -

PKKMB Uniga, Ajak Maba Tetap Semangat di Tengah Pandemi Covid-19

MALANG – Universitas Gajayana Malang menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2020 -2021. Dalam kegiatan yang digelar secara daring dan luring selama tiga hari tersebut, Uniga mengangkat tema Tetap Semangat di Era Pandemi Covid-19, Bersama Uniga Menjadi yang Terdepan dan Berkarakter.

PLN UP3 Malang Salurkan 50 Tong Sampah di Pantai Selatan

MALANG - Sebanyak 50 tong sampah dibagikan di daerah wilayah pantai selatan yakni, Pantai Balekambang dan Sendang Biru, kabupaten Malang dalam rangka “Word Clean Up Day 2020”, Selasa (22/9). Sebagai wujud kepedulian PLN terhadap lingkungan sekitar, karena saat ini sampah menjadi masalah serius terutama di daerah wisata terbuka seperti pantai.

Besok Pengundian Nomor Urut, KPU Batasi Tiap Paslon Bawa 12 Pendukung

Ketua KPU Kabupaten Malang Anis Suhartini menambahkan, semua yang hadir dalam kegiatan pengundian nomor urut paslon juga harus mengenakan protap kesehatan. Hal ini juga sudah diatur dalam aturan Pilkada serentak.

Related news

PKKMB Uniga, Ajak Maba Tetap Semangat di Tengah Pandemi Covid-19

MALANG – Universitas Gajayana Malang menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2020 -2021. Dalam kegiatan yang digelar secara daring dan luring selama tiga hari tersebut, Uniga mengangkat tema Tetap Semangat di Era Pandemi Covid-19, Bersama Uniga Menjadi yang Terdepan dan Berkarakter.

UIN Malang Mengabdi, Ajari Petani Olah Sayur Demi Dongkrak Penjualan

MESKI proses belajar mengajar lewat daring, sejumlah dosen UIN Malang tak di rumah saja. Sejak Agustus lalu mereka yang terbagi dalam 50 kelompok mengikuti program UIN Mengabdi bertajuk Qoryah Thoyibah (Kampung Tangguh). Tugasnya mendampingi warga bidang pemberdayaan ekonomi dan sosialnya. Mereka juga melaporkam hasil aktivitasnya yang dimuat berseri di Jawa Pos Radar Malang.

Jadikan Mapel Kimia Disukai, Dosen UM Latih Avogadro Siswa SMAN 10

“Konsepnya menyenangkan. Saya berharap Avogadro bisa diterapkan di sekolah sebagai penunjang siswa dalam memahami mapel (mata pelajaran) kimia,” kata Agam Priambodo SPd, salah satu peserta pelatihan, Senin (21/9).

Belum Terdaftar PDPT, Maba Jangan Ngarep Dapat Kuota Gratis 50GB

"Itu adalah syarat utama untuk mendapatkan kuota internetnya Kemendikbud. Saat ini belum semua mahasiswa baru telah teregistrasi ke PDPT Kemendikbud. Jadi begitu nanti data ke seluruh maba tervalidasi, maka Pak Rektor akan memberikan surat pengantar ke Kemendikbud," jelas dia.
- Advertisement -