Ada Double Degree, Ada Double Major, Apa Bedanya?

RADAR MALANG – Bagi sebagian orang, mengejar pendidikan setinggi-tingginya adalah sebuah tantangan menarik. Bahkan, tak sedikit yang sampai menempuh dua jurusan atau dua gelar sekaligus dalam masa perkuliahan yang sama.

Biasanya, kaum ‘haus pendidikan’ ini mengambil program Double Degree yang tersedia di kampusnya atau mengambil Double Major secara mandiri.

Tertarik untuk ikut mengambil program tersebut? Ketahui dulu yuk beda double degree dan double major melalui ulasan berikut ini!

Double Major

Berdasarkan penjelasan laman EHEF Indonesia (19/5), di luar negeri, double major merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk pada program dimana mahasiswa dapat menempuh studi dua jurusan berbeda dalam institusi dan jenjang pendidikan yang sama.

Biasanya, jurusan tersebut berada dalam satu area atau departemen yang sama. Contoh dari program ini yaitu mahasiswa yang mengambil konsentrasi Sastra Inggris dan Linguistik. Ketika lulus, ia akan mendapatkan satu gelar dengan dua konsentrasi.

Namun, di Indonesia, program ini masih belum ditemui. Istilah double major biasa digunakan untuk menyebut kuliah dengan dua jurusan berbeda dalam satu waktu, baik itu dalam satu institusi dan jenjang pendidikan yang sama atau berbeda.

Salah satu contoh dari penyandang double major adalah Aura Nebula, mahasiswa S1 Desain Komunikasi Visual di Universitas Negeri Malang (UM) sekaligus S1 Manajemen (Internasional) di Universitas Brawijaya.

Program ini cocok buatmu yang ingin menguasai 2 bidang berbeda namun saling berkaitan untuk dijadikan bekal di dunia kerja. “Meskipun kedua jurusanku itu rumpun ilmunya beda banget, tapi sebenernya dua-duanya sama-sama dibutuhin di industri kreatif. Jadi, aku gabungin dua jurusan ini buat jadi modal kuat berkarir di industri kreatif,” ungkap mahasiswi yang akrab disapa Nebula tersebut.

Double Degree

Istilah Double Degree mungkin lebih familiar di telinga calon mahasiswa dibandingkan Double Major. Yap, seperti namanya, double degree adalah program di mana seseorang dapat mencapai dua gelar sekaligus dalam menempuh satu periode akademik perkulihan.

Biasanya, program ini sudah disediakan oleh kampus lokal yang bekerja sama dengan kampus internasional. Mahasiswa akan menempuh 2 tahun pertama dengan melakukan kuliah di universitas lokal, kemudian melanjutkan 2 tahunnya di kampus luar negeri dengan jenjang yang berbeda.

Meski harus menghabiskan uang dan waktu lebih banyak, hal tersebut tak akan sia-sia karena penyandang double degree akan membawa pulang dua gelar berbeda sekaligus. Selain itu, mahasiswa juga dapat memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih luas dibanding mereka yang mengambil single degree.

Program ini akan lebih cocok untukmu yang memiliki target prestasi akademik, tapi juga sekaligus ingin merasakan kuliah di luar negeri.

Meski masing-masing program memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, pastikan untuk terus melakukan riset dan mencari informasi pada sumber yang kredibel ya, supaya tidak terjebak di bagian susah dari kehidupan perkuliahan double degree ataupun double major.

Jika diatur dan direncanakan dengan baik, bukan tidak mungkin kok mengambil program tersebut bisa jadi hal yang menyenangkan – dan tentunya membanggakan – buat kamu!

Penulis: Ananda Triana
Foto: Eonline

Editor: Indra M