alexametrics
27C
Malang
Sunday, 24 January 2021

Hore! Semua Guru Honorer Bisa Jadi PPPK 2021

MALANG KOTA – Ada kabar gembira untuk Guru Honorer dan para lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Karena kini kuota seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK/P3K) tidak dibatasi. Bahkan, gaji hingga fasilitas diterima tak kalah dengan PNS.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menegaskan kuota seleksi P3K guru 2021 tidak terbatas.

Baik guru honorer maupun lulusan PPG yang saat ini sedang tidak mengajar juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti tes seleksi guru PPPK 2021.

“Semua guru honorer dan lulusan Pendidikan Profesi Guru bisa mendaftar dan mengikuti seleksi. Semua yang lulus seleksi akan menjadi guru PPPK hingga batas 1 juta guru,” jelas Nadiem pada Senin (23/11) melalui siaran virtual di Youtube.

Dalam konferensi virtual bertajuk “Pengumuman Rencana Seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021”, Nadiem tidak mau membatasi pendaftaran dengan kuota dan membuat guru menjadi menunggu serta mengantri.

Namun, Waka Kurikulum SMAN 2 Malang, Nurul Firdaus mengatakan, walaupun seleksi ini terbuka bagi guru honorer di sekolah negeri dan swasta. Namun ini berlaku bagi guru honorer yang terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik), termasuk guru eks tenaga honorer kategori 2 yang belum pernah lulus seleksi menjadi Pegawai Negeri Sipil ( PNS) atau PPPK.

“Di sekolah kami guru-guru daftar mandiri. Terkait jumlah, kami belum bisa memastikan. Sebab yang bisa daftar itu yang Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan ( NUPTK) di dapodik. Jadi tidak semua guru sini, ” terang Nurul.

Sehingga guru honorer yang masuk baru dua tahun terakhir, tidak bisa mengikuti program tersebut. “Jadi ya 2018 ke atas saja, sebab harus ada NUPTK syaratnya.

Sementara itu, di SMAN 8 dan SMAN 4 Kota Malang hampir seluruh guru non PNS akan mengikuti ujian sertifikasi tersebut.

“Karena saya merangkap 2 sekolah SMAN 8 dan Plt. SMAN 4, dari dua sekolah GTT yg masuk di Dapodik pendaftar PPPK di
SMAN 8 adan12 orang. Lalu di SMAN 4 ada 18 orang, ” Tutur Anis Isrofin, Kepala Sekolah SMAN 8, dan Plt SMAN 4 Malang.

Jumlah tersebut merupakan 90 persen lebih dari total guru non PNS di kedua sekolah tersebut.

Pewarta : Errica Vannie

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Wajib Dibaca