alexametrics
27C
Malang
Sunday, 24 January 2021

Testimoni Siswa Peserta Uji Coba AKM, Soal Nggak Ada yang Sama

MALANG KOTA – Sebagai perubahan paradigma evaluasi pendidikan dan menjadi bagian dari kebijakan Merdeka Belajar, Uji Coba Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dilakukan serentak se- Indonesia pada Selasa (24/11).

Beberapa siswa yang menjadi perwakilan untuk mencicipi soal-soal AKM mengatakan bahwa soal-soal cukup sulit.

“Soal cukup lumayan, harus pakai logika, baik untuk numerasi maupun literasi dan bahasa. Untuk numerasi bagi saya paling sulit. Saya harus benar-benar memahami persoalan dan menentukan rumus mana yang akan saya pakai. Sedangkan untuk kendala server, sulit kembali kalau udah mencapai halaman tertentu, ada pula beberapa kolom jawaban yang saya rasa kurang panjang. Jadi jawaban saya tidak cukup, ” papar Monica Thilda siswa SMAN 2 Malang.

Siswa kelas XI IPA 4 itu mengatakan ada sekitar 28 soal lebih. “Semuanya (tiap orang) berbeda-beda. Soal juga terdiri dari pilihan ganda, essay, dan tabel, ” Bebernya.

Karena ia sudah mencoba duluan, maka Monica menyarankan ke teman-temannya agar memperbanyak literasi. “Selain itu kita harus lebih teliti dalam membaca soalnya, ” ungkap Monica

Teman sekelas Monica, Rizal Firmansyah mengaku mendapat 25 soal. “Saya mendapatkan durasi waktu kurang lebih 60,” Ujannya.

Ia juga mengatakan, awalnya kaget ketika ditelponin wali kelas bahwa ia terpilih peserta. “Soalnya langsung disuruh ke sekolah, tapi ya untungnya saya lebih banyak persiapan, ” Tandasnya

Pewarta Errica Vannie

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Wajib Dibaca