alexametrics
Friday, August 14, 2020

2.894 Mahasiswa di Malang Minta Diskon UKT

- Advertisement -
- Advertisement -

MALANG KOTA – Gelombang tuntutan mahasiswa terkait UKT (uang kuliah tunggal) terus terjadi. Tak cuma lewat aksi demonstrasi, mahasiswa di Kota Malang juga telah mengajukan diskon hingga bebas UKT pada kampusnya masing-masing. Jumlahnya mencapai 2.894 mahasiswa.

Angka itu berasal dari empat kampus di Kota Malang. Yakni UB (Universitas Brawijaya), UM (Universitas Negeri Malang), UIN (Universitas Islam Negeri), dan Unisma (Universitas Islam Malang).

Tentu saja, angka yang lebih besar bakal muncul bila mahasiswa dari kampus lain ikut dihitung.

Di Universitas Brawijaya (UB) misalnya, data per 26 Juni, ada 580 mahasiswa program S-1 dan 57 mahasiswa Pascasarjana yang telah mengajukan penundaan, penurunan kategori, keringanan, dan pembebasan UKT melalui permohonan online.

”UB telah membuka permohonan online, bisa melalui link bantuankeuangan.ub.ac.id, untuk memfasilitasi penundaan penurunan,” kata Wakil Rektor II UB Bidang Umum dan Keuangan Prof Gugus Irianto kemarin.

Link ini, menurut Gugus, untuk mahasiswa Diploma dan S-1. Link itu telah dibuka sejak 4 Juni 2020. Sedangkan untuk mahasiswa program Pascasarjana mulai 16 Juni 2020. ”Semua permohonan kami layani dan akan kami pelajari dalam waktu satu minggu ini,” tambahnya.

Dia menyebut, dasar dari adanya relaksasi UKT itu yakni Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020. Lalu ditindaklanjuti dengan Peraturan Rektor (Pertor) Nomor 17 Tahun 2019. Semangatnya meringankan beban mahasiswa yang sedang kesulitan ekonomi.

Dalam Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 Pasal 9 ayat 4 disebut, mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai mahasiswa mengalami penurunan kemampuan ekonomi, karena bencana alam atau nonalam, maka bisa mengajukan empat skema. Pertama, pembebasan sementara UKT. Kedua, pengurangan UKT. Ketiga, perubahan kelompok UKT. Keempat, pembayaran UKT secara mengangsur.

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UB ini menambahkan, selain ada keringanan UKT, juga ada subsidi Rp 100 ribu untuk 12 ribu mahasiswa. Bantuan selama Covid-19 ini selain UKT, ada subsidi pulsa sebesar Rp 100 ribu kepada sekitar 12 ribu mahasiswa per semester.

Senada dengan UB, Universitas Negeri Malang (UM) juga melakukan hal yang sama. ”Sementara bagi mahasiswa UM apabila orang tuanya terdampak Covid-19 dapat mengajukan penundaan atau penurunan UKT melalui Sistem Informasi Akademik (Siakad) UM,” terang Wakil Rektor I UM Prof Dr Budi Eko Soetjipto MEd MSi kemarin.

Berita selengkapnya bisa Anda baca di koran Jawa Pos Radar Malang edisi Selasa (28/7).

Pewarta: Sandra DC

Foto: Laoh Mahfud

Editor: Indra M

- Advertisement -

Latest news

Digitalisasi Majalah di MMI Butuh Sabar dan Telaten, Seperti Apa?

“Susahnya, majalah itu sudah dijilid, jadi harus dilepas dulu supaya hasilnya bagus,” jelasnya.
- Advertisement -

BI Mengajar, Dorong Transaksi Nontunai Lewat QRIS

“Saat ini transaksi digital sangat digemari masyarakat, terutama kaum milenial. Apalagi dengan adanya pandemi seperti ini, transaksi non tunai adalah alternatif yang banyak dipilih oleh masyarakat,” ujar dia.

Kaget Pengumuman Dimajukan, Peserta SBMPTN Deg-degan

“Deg-degan sampai sekarang. Tahu informasi perubahan dari internet,” kata gadis asal Kelurahan Sawojajar, Kota Malang ini kepada Radar Malang, Kamis (13/8).

Layanan Medis Komprehensif RSPH Raih Predikat Terbaik di RMA 2020

Rumah Sakit Prima Husada (RSPH) berhasil menyabet penghargaan sebagai “Type C Hospital with The Most Comprehensive Healthcare Facilities” di Radar Malang Award 2020. Penghargaan diberikan Kamis (13/8) oleh Direktur Radar Malang Kurniawan Muhammad, kepada Komisaris Utama PT Disa Prima Medika (RSHP), dr Sadi Hariono MMRS didampingi Direktur Utama PT Disa Prima Medika Endang Susilowati.

Related news

Kaget Pengumuman Dimajukan, Peserta SBMPTN Deg-degan

“Deg-degan sampai sekarang. Tahu informasi perubahan dari internet,” kata gadis asal Kelurahan Sawojajar, Kota Malang ini kepada Radar Malang, Kamis (13/8).

Cek, Inilah 13 Website Resmi Pengumuman Hasil SBMPTN Besok

“Mulai bisa diakses per pukul 15.00 pengumumannya besok (hari ini),” kata Kasubag Kearsipan dan Humas UB Kotok Gurito, Kamis (13/8).

Pengumuman SBMPTN Dimajukan Besok, Rebutkan 19.739 Kursi PTN Malang

“Kami hanya mengikuti pusat saja. Pengumumannya dimajukan besok (14/8) oleh pusat,” jelasnya.

Terapkan Tema Kewirausahaan, USAID Mitra Kunci Gandeng UMM

Berbagai terobosan terus dilakukan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya adalah dengan sistem Kuliah Kerja Nyata Tematik Kewirausahaan (KKN TKWU) bekerjasama dengan USAID Mitra Kunci Initiative.
- Advertisement -