alexametrics
Friday, August 14, 2020

Sistem Daring, Guru Disarankan Pakai Platform Mudah dan Hemat Kuota

- Advertisement -
- Advertisement -

MALANG KOTA – Untuk memaksimalkan pembelajaran sekolah via daring, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Malang dan Kota Batu Ema Sumiarti menyampaikan sejumlah arahan. Yakni, memakai platform yang mudah dan tidak memakan banyak kuota internet.

”Saran kami ke sekolah, terutama bagi guru-guru (SMA/SMK) di Malang Kota dan Batu agar memakai platform yang mudah dan tidak memakan banyak kuota (internet). Itu juga bisa tidak merepotkan orang tua siswa,” terang Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Malang dan Kota Batu Ema Sumiarti.

Imbauan itu, oleh sekolah-sekolah diterjemahkan secara beragam. Misalnya, ada yang siswa-siswinya dipersilakan untuk datang ke sekolah dan memakai perangkat elektronik di sana.
Seperti yang dilakukan di SMK PGRI 3 Malang dan SMK Widyagama Malang.

Kepala Sekolah SMK PGRI 3 Malang Moch Lukman Hakim mengatakan bila pihaknya saat ini juga menyediakan fasilitas bagi siswa yang tidak memiliki perangkat elektronik.

”Jadi ada ruang yang kami sediakan untuk siswa yang tidak punya perangkat, kami support. Sehingga dia dapat mengikuti daring dengan menggunakan WiFi ataupun perangkat lain yang ada di sekolah,” kata dia.

Tiap harinya, dia menyebut ada 5 hingga 9 siswa yang memanfaatkan fasilitas itu. ”Ada bermacam alasan (dari siswa). Ada yang ponselnya hilang, ada yang perangkat elektroniknya digunakan bergantian,” tambahnya.

Ke depan, Lukman mengaku bila pihaknya bakal mengurus perizinan sekolah tangguh. Sebagai bentuk persiapan, dia menuturkan bila pihaknya sudah menerapkan beberapa protokol pencegahan Covid-19. Mulai dari penyemprotan disinfektan secara berkala, menyiapkan area isolasi, hingga menyediakan dokter khusus di sekolah.

Serupa dengan SMK PGRI 3 Malang, di SMK Widyagama Malang juga mengizinkan siswa-siswinya untuk datang ke sekolah. ”Di tempat kami ada juga sistem pembelajaran luring (luar jaringan). Misalnya siswa harus mengerjakan proyek apa gitu, nanti bisa setor ke sekolah secara bergantian,” terang Kepala Sekolah SMK Widyagama Malang Mawan Suliadi SPd MPd.

Sementara itu, beberapa SMK negeri di Kota Malang juga melakukan beberapa modifikasi pembelajaran. Salah satunya dilakukan SMKN 3 Malang. Di sana, pihak sekolah menggunakan aplikasi yang mudah dan minim kuota. Agar materi pembelajaran bisa diserap lebih mudah, guru-guru turut membuat video tutorial sejumlah pembelajaran praktik. Seperti praktik bidang tata boga, tata busana, dan kecantikan.

”Video tutorial itu kemudian kami share ke WhatsApp masing-masing siswa,” terang Waka Kurikulum SMKN 3 Malang Tholi’ah MPd.

Pewarta: Errica Vannie
Foto: Laoh Mahfud
Editor: Hendarmono Al S

- Advertisement -

Latest news

Digitalisasi Majalah di MMI Butuh Sabar dan Telaten, Seperti Apa?

“Susahnya, majalah itu sudah dijilid, jadi harus dilepas dulu supaya hasilnya bagus,” jelasnya.
- Advertisement -

BI Mengajar, Dorong Transaksi Nontunai Lewat QRIS

“Saat ini transaksi digital sangat digemari masyarakat, terutama kaum milenial. Apalagi dengan adanya pandemi seperti ini, transaksi non tunai adalah alternatif yang banyak dipilih oleh masyarakat,” ujar dia.

Kaget Pengumuman Dimajukan, Peserta SBMPTN Deg-degan

“Deg-degan sampai sekarang. Tahu informasi perubahan dari internet,” kata gadis asal Kelurahan Sawojajar, Kota Malang ini kepada Radar Malang, Kamis (13/8).

Layanan Medis Komprehensif RSPH Raih Predikat Terbaik di RMA 2020

Rumah Sakit Prima Husada (RSPH) berhasil menyabet penghargaan sebagai “Type C Hospital with The Most Comprehensive Healthcare Facilities” di Radar Malang Award 2020. Penghargaan diberikan Kamis (13/8) oleh Direktur Radar Malang Kurniawan Muhammad, kepada Komisaris Utama PT Disa Prima Medika (RSHP), dr Sadi Hariono MMRS didampingi Direktur Utama PT Disa Prima Medika Endang Susilowati.

Related news

Kaget Pengumuman Dimajukan, Peserta SBMPTN Deg-degan

“Deg-degan sampai sekarang. Tahu informasi perubahan dari internet,” kata gadis asal Kelurahan Sawojajar, Kota Malang ini kepada Radar Malang, Kamis (13/8).

Cek, Inilah 13 Website Resmi Pengumuman Hasil SBMPTN Besok

“Mulai bisa diakses per pukul 15.00 pengumumannya besok (hari ini),” kata Kasubag Kearsipan dan Humas UB Kotok Gurito, Kamis (13/8).

Pengumuman SBMPTN Dimajukan Besok, Rebutkan 19.739 Kursi PTN Malang

“Kami hanya mengikuti pusat saja. Pengumumannya dimajukan besok (14/8) oleh pusat,” jelasnya.

Terapkan Tema Kewirausahaan, USAID Mitra Kunci Gandeng UMM

Berbagai terobosan terus dilakukan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya adalah dengan sistem Kuliah Kerja Nyata Tematik Kewirausahaan (KKN TKWU) bekerjasama dengan USAID Mitra Kunci Initiative.
- Advertisement -